Jan 26

KONSULTAN BISNIS JAKARTA

“KIAT MEMBANGUN KONSEP FRANCHISE UNTUK BISNIS STARTUP ANDA”

Sebagai pelaku bisnis startup, Anda pasti tahu bahwa untuk memperluas jangkauan bisnis Anda, diperlukan modal yang tidak sedikit alias mahal dan bisa memakan waktu. Namun kini dengan konsep mewaralabakan bisnis Anda, Anda dapat menjangkau lokasi baru tanpa harus mengelola operasi baru dengan cermat, karena pihak yang bermitra dengan waralaba Anda sudah memiliki kontrol.
Jika Anda kini tengah menjalankan sebuah bisnis yang menawarkan produk atau layanan berharga kepada konsumen, Anda mungkin ingin membuka lokasi lain untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Lokasi tambahan tidak hanya dapat mendatangkan keuntungan lebih tinggi, tetapi Anda akan membantu banyak pelanggan baru saat Anda membangun merek Anda dari jarak jauh.

Bagaimana cara mewaralabakan bisnis Anda?
Alih-alih memiliki dan mengoperasikan semua lokasi sendiri, Anda dapat menawarkan model bisnis Anda sebagai peluang waralaba, dan mengizinkan wirausahawan lain untuk menjalankan setiap pendirian dengan nama merek Anda. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda mewaralabakan startup Anda.

1. Pahami Secara Mendalam Detil Bisnis Anda.
Meskipun Anda mungkin meneliti target konsumen dan lokasi Anda sebelum membuka bisnis, Anda perlu mempelajari tentang waralaba. Perusahaan yang memiliki waralaba dibangun dan dioperasikan secara berbeda dari kebanyakan bisnis. Sebelum membuat keputusan untuk membuat sebuah konsep waralaba, sangat penting untuk memahami sepenuhnya model bisnis waralaba. Banyak yang tidak menyadari komitmen waktu dan upaya yang diperlukan untuk mewaralabakan sebuah perusahaan, selain biaya yang terkait untuk melakukannya dengan benar.
Memahami dan menetapkan biaya waralaba bisa sangat besar, tetapi itu penting untuk mengembangkan merek Anda. Sebelum mempekerjakan pewaralaba apa pun atau bahkan mempertimbangkan untuk membuka lokasi tambahan, ada dokumen dan perjanjian tertentu yang harus Anda buat dan miliki. Ini termasuk perjanjian waralaba dan dokumen mengungkapkan waralaba:
• Perjanjian Waralaba. Adanya perjanjian waralaba akan membuat Anda dan penerima waralaba Anda berada di halaman yang sama. Anda mungkin mengizinkan hal-hal khusus untuk pewaralaba dinegosiasikan, seperti wilayah, kredit atau item lain yang biasanya ditangani dalam addendum. Tapi untuk mempertahankan merek, semua pewaralaba Anda harus menandatangani perjanjian yang sama.
• Dokumen Pengungkapan Waralaba. Dokumen pengungkapan waralaba, akan memberi calon pewaralaba segala sesuatu yang perlu mereka ketahui tentang perusahaan Anda, angka penjualan Anda, dan informasi bisnis utama lainnya. Anda harus memperbarui dokumen setiap tahun, menguraikan persyaratan Komisi Perdagangan Federal dan negara bagian mana pun yang memiliki pendaftaran terpisah. Jangan tergoda untuk memulai waralaba tanpa tanggung jawab hukum.
• Biaya waralaba. Sebagian besar perusahaan membutuhkan pewaralaba untuk membayar biaya. Biasanya, ada biaya waralaba satu kali awal dan kemudian biaya tahunan berkelanjutan. Sebagai pemilik waralaba, Anda perlu menentukan berapa biaya waralaba awal Anda. Biaya waralaba yang sedang berjalan seringkali didasarkan pada persentase dari pendapatan kotor bulanan.

2. Bereksperimenlah Sebelum Anda Berkembang.
Evaluasi kesuksesan bisnis Anda sebelum berinvestasi di lokasi lain, lakukan selangkah demi selangkah untuk memastikan Anda berada dijalan yang benar. Begitu Anda merasa siap untuk berkembang, Anda dapat membawa pelajaran ini bersama Anda dan terus membuat keputusan cerdas untuk perusahaan Anda.

3. Sewa Bantuan Profesional.
Perjalanan waralaba tidak boleh dilakukan sendirian. Untuk satu lokasi mungkin masih bisa Anda atasi, tetapi jika membuka banyak lokasi adalah upaya yang hampir mustahil untuk dicapai sebagai satu orang. Antara memperbarui sistem waralaba Anda dan mengelola operasi sehari-hari, Anda memerlukan panduan.

4. Buat Strategi Pemasaran.
Sebagai pemilik waralaba, Anda bertanggung jawab memasarkan produk Anda kepada konsumen dan peluang waralaba Anda kepada calon penerima waralaba. Membuat rencana pemasaran yang solid untuk keduanya akan membuat Anda tetap pada jalurnya saat Anda mengembangkan merek Anda. Pemilik waralaba perlu menjaga model bisnis mereka sesederhana mungkin sehingga lebih mudah dipahami oleh penerima waralaba. Waralaba yang lebih besar sering kali mengharuskan anggotanya untuk berpartisipasi dalam dana periklanan umum.

5. Buat Pelatihan Waralaba.
Ketika calon pewaralaba bergabung dengan perusahaan Anda, Anda ingin memastikan bahwa mereka cocok dengan merek dan misi Anda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan melatih setiap franchisee baru dan karyawan mereka untuk mengikuti pedoman yang telah Anda tetapkan. Menyempurnakan pelatihan Anda untuk pewaralaba baru sangat penting untuk kesuksesan merek secara keseluruhan dan mempertahankan standar merek di semua lokasi waralaba Anda. Ini juga membantu pewaralaba merasa percaya diri dan mampu menjalankan bisnis mereka sendiri. Mulailah mengerjakan materi pelatihan Anda sebelum Anda mendapatkan penandatanganan waralaba pertama Anda. Dengan membuat proses perusahaan Anda, kemiripan, dan aspek lain dari operasinya tersedia untuk waralaba, Anda dapat menuai hasilnya tanpa harus mengelola semuanya.

Ketika Anda mewaralabakan bisnis Anda, Anda dapat memperluas ke area yang akan lebih menantang untuk tumbuh sebagai sebuah perusahaan, dan Anda dapat melakukannya lebih cepat. Pertumbuhan ini membantu menyebarkan merek Anda ke penjuru baru negara, membantu Anda membangun reputasi dan pengakuan. Selain kemungkinan ekspansi yang cepat, mewaralabakan bisnis Anda dapat menghasilkan aliran royalti yang baik, karena pewaralaba terus mengoperasikan lokasi ekspansi Anda, sementara peningkatan kehadiran pasar menghasilkan lebih banyak daya beli yang lebih baik.
Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas atau membutuhkan bantuan dalam start up bisnis dalam bentuk Franchise atau kemitraan silahkan klik kami di http://klikwa.net/groedu.limardi. ANDA alkan terhubung dengan wa dan kami siap mendampingi anda.

 

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi