Mar 10

LANGKAH JITU MENGELOLA HUTANG DALAM BERBISNIS

Dalam membangun sebuah bisnis, terdapat bisnis yang berdiri sendiri, dalam artian modalnya berasal dari pemilik bisnis yang bersangkutan. Dan ada pula yang melakukan pinjaman pada bank sebagai modal awal dalam mendirikan bisnisnya. Nah, modal yang digunakan tersebut pastinya terhitung sebagai hutang yang harus bisa dikembalikan sesuai tempo yang dijanjikan. Pihak peminjaman tentunya tidak akan menerima keterlambatan, untuk itu anda perlu menghindari kendala finansial dengan mengelola keuangan dengan baik.
Melalui artikel kali ini, kami Tim GroEdu International Consultant (Lembaga Konsultan Bisnis & training yang sudah dipercaya di berbagai kota besar seperti Surabaya, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, Semarang, Palembang, Medan, Makassar, Banjarmasin dan kota-kota besar lainnya) akan berbagi wawasan terkait topik tersebut.

Perlu anda ketahui bahwa terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum mulai melakukan pinjaman/berhutang untuk dijadikan modal bisnis anda. Hal-hal tersebut antara lain:
• Kekuatan Ekonomi
Alangkah baiknya anda memperhitungkan kekuatan ekonomi anda saat ini sebelum mulai memutuskan berapa nominal yang hendak anda pinjam. Sangat disarankan untuk disesuaikan dengan kemampuan finansial saat ini, dan cukup memulai dari bisnis dengan skala yang tepat. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, dan melalui pertimbangan ini, anda dapat terhindar dari beratnya proses pelunasan dan bisnis anda dapat tetap berkembang tanpa perlu bergantung pada pinjaman lagi.
• Jangka Waktu Pelunasan
Poin ini akan sangat mempengaruhi proses perkembangan bisnis anda. Apabila anda tidak yakin bahwa bisnis anda mampu berkembang cepat dan dapat segera melakukan balik modal, alangkah baiknya anda memilih pelunasan jangka panjang, dan ini adalah langkah paling aman dalam melakukan peminjaman. Dan sebaliknya apabila anda sangat yakin dan realisasinya sesuai, maka anda dapat mengambil pelunasan jangka pendek agar anda dapat dengan segera terbebas dari beban hutang dan dapat fokus mengembangkan bisnis anda.
• Rencanakan Sebaik Mungkin
Siapapun pasti paham betul bahwa jika anda ingin memulai bisnis yang modalnya berasal dari proses peminjaman, maka anda sangat diwajibkan untuk merencanakan segalanya sebaik mungkin agar terhindar dari kemungkinan terburuk dan bisnis anda dapat terealisasi sesuai yang anda harapkan.
Berikutnya adalah langkah yang harus anda lakukan ketika semuanya mulai berjalan dan proses pelunasan juga mulai dilakukan. Langkah-langkah tersebut meliputi:

• Hitung Jumlah Hutang
Segala bentuk hutang mulai dari pinjaman bank, kartu kredit hingga investor perlu anda hitung dan dapatkan jumlah total hutang anda, tidak lupa turut sertakan tanggal jatuh tempo dari hutang-hutang tersebut. Dengan ini proses pelunasan akan lebih teratur dengan persiapan lebih awal yang akan meringankan anda dalam proses tersebut.
• Buat Rencana Pelunasan
Proses pelunasan harus diatur pula sedemikian rupa agar tidak terjadi ketimpangan finansial nantinya. Singkat kata, “uang untuk pelunasan ada, namun juga terdapat modal sekunder.”
Modal sekunder bisa dari hasil bisnis yang berlebih atau memang tabungan yang disiapkan untuk hal tersebut. Dengan begitu anda bisa melakukan pelunasan tanpa khawatir kekurangan dana untuk terus menjalankan dan mengembangkan bisnis anda.
• Perhatikan Rasio Finansial
Meskipun hutang telah lunas sepenuhnya, dengan kebutuhan bisnis yang besar pasti akan membuat anda mau tidak mau akan kembali berhutang. Hal tersebut bukanlah masalah asalkan rasio hutang tidak lebih dari 50% pendapatan atau asset yang anda miliki. Kembali lagi, agar tidak terjadi ketimpangan finansial dan cash flow dapat berjalan dengan lancar.

Itulah beberapa wawasan seputar langkah jitu dalam pengelolaan hutang, versi GroEdu. Sekaligus mengakhiri artikel kali ini. Berkaitan dengan cash flow dan pengelolaan finansial, tahukah anda bahwa kami, Tim GroEdu senantiasa menyediakan layanan konsultasi & training bisnis terutama bagi anda yang tertarik untuk memulai bisnis atau bagi anda yang ingin berupaya meningkatkan kredibilitas bisnis anda melalui beberapa aspek dalam berbisnis. Layanan kami tidak hanya terpaku pada satu aspek, melainkan aspek lainnya yang menyangkut bisnis seperti manajemen bisnis, operasional bisnis dan masih banyak lagi. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung melalui nomor Whatsapp berikut, 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu anda. Sekaligus mengakhiri pembahasan kali ini, semoga ulasan ini bermanfaat, sekian terima kasih

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi