Apr 07

LANGKAH-LANGKAH DALAM MERENCANAKAN STRATEGI PENGANGGARAN BAGI BISNIS ANDA

Berikut ini adalah beberapa tips untuk langkah-langkah yang akan dapat membantu Anda dalam merencanakan anggaran untuk bisnis Anda.

1. Memeriksa standar industri yang digunakan.

Tidak ada bisnis apapun yang dijalankan dengan sama persis, namun pastinya akan ada beberapa hal yang memiliki kecocokan antara satu bidang bisnis dengan bisnis lainnya. Oleh karena itulah, maka cobalah untuk melakukan penelitian dengan banyak-banyak membaca artikel maupun berbicara secara langsung dengan orang-orang yang sudah lama terjun langsung dalam dunia industri yang sama. Biarpun mereka sudah Anda anggap sebagai kompetitor sendiri, namun mereka juga masih memiliki informasi-informasi yang sangat berharga yang dapat Anda gunakan dalam menjalankan bisnis Anda. Karena menjalankan sebuah bisnis juga sangat rentan dengan terjadinya fluktuasi yang seringkali terjadi pada perekonomian negara dan berbagai ancaman-ancaman kompetitor yang sama sekali tidak pernah Anda duga sebelumnya, sehingga Anda juga sangat perlu untuk lebih jeli lagi dalam merencanakan anggaran dari bisnis Anda.

2. Membuat Neraca untuk tujuan penganggaran bisnis.

Sebelum Anda akan membangun sebuah bisnis, maka alangkah lebih baiknya jika Anda membuat neraca terlebih dahulu untuk memperkirakan berapa banyak jumlah nilai dari uang Anda dan juga berapa besar prosentase dari keuntungan Anda yang akan bisa dialokasikan kepada biaya tetap, seperti bahan baku dan juga biaya untuk operasional. Hal ini adalah langkah yang lebih baik untuk membandingkan beberapa supplier maupun para pemasok bahan baku Anda agar Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dengan tingkat kualitas yang sama. Lakukan hal yang sama untuk sewa tempat, pajak, asuransi bisnis, dan lain sebagainya.

3. Faktor-faktor yang masih tidak dapat diprediksikan terjadinya.

Selalu ingatlah, bahwa meskipun Anda mungkin saja sudah sangat mampu dalam memperkirakan bahwa sebenarnya bisnis Anda akan mampu untuk bertumbuh sampai mampu menghasilkan pendapatan yang besar dan memiliki tingkat perkembangan yang sangat pesat maupun biaya yang akan tetap terus konstan tanpa adanya penambahan atau pengurangan, maka hal ini hanyalah sebagai satu perkiraan bukan suatu hal yang sudah benar-benar pasti. Karena itulah, maka akan sangat bijaksana jika Anda masih tetap berupaya untuk terus membuka wawasan apabila suatu yang sudah Anda rencanakan tersebut tidak berjalan sesuai dengan rencana Anda. Seperti halnya toko yang dilanda banjir atau dari pihak supplier yang tidak bertindak sesuai seperti yang telah dijanjikan sebelumnya. Maka pastikan bahwa Anda masih memiliki cadangan uang yang cukup untuk menutupi segala biaya yang tidak terduga seperti diatas.

4. Potonglah biaya-biaya yang tidak perlu untuk dikeluarkan.

Dimasa ketika bisnis Anda sedang tidak berjalan dengan baik dan lancar serta uang harus segera didapatkan untuk membayar berbagai macam tagihan-tagihan yang sudah akan memasuki masa jatuh tempo, tetap pertimbangkanlah untuk memotong biaya apa saja yang Anda anggap sebagai biaya yang tidak perlu. Anda juga harus lebih pintar dalam memilih persyaratan-persyaratan untuk pembayaran seperti yang ditawarkan oleh para pemasok (supplier) Anda dan bagi setiap kreditur. Beberapa manuver sederhana ini akan bisa memberikan Anda ruang gerak untuk bernafas dalam mengatur anggaran bisnis Anda untuk setiap bulannya.

5. Mereview ulang bagaimana kinerja dari bisnis Anda secara berkala.

Sementara, masih banyak perusahaan-perusahaan yang telah menyusun anggaran tahunannya, pemilik bisnis juga harus melakukannya dengan lebih sering. Mungkin bisa setiap 3 bulan sekali atau bahkan setiap bulan. Dan kenyatannya, banyak diantara para pebisnis tersebut yang telah merencanakan anggaran untuk sebulan atau dua bulan kedepan, karena dianggap bisnis mereka bisa saja tiba-tiba tutup dan mengalami kebocoran dana untuk kebutuhan mendadak. Dengan cara mereview ulang perkembangan dari bisnis Anda secara berkala, maka Anda juga akan menjadi mampu lebih menghemat ide-ide apa saja yang seharusnya akan Anda lakukan sambil tetap mencari tren-tren terbaru yang sedang booming saat ini. Dengan begitu, maka Anda tidak hanya akan sangat menghemat waktu, namun juga uang yang telah Anda keluarkan tidak akan menjadi sia-sia belaka.

Membuat anggaran merupakan proses yang agak rumit, namun yang terpenting untuk selalu diingat adalah untuk menggunakan dan memprediksi pendapatan saat ini dengan apa yang nantinya akan berlangsung dikeesokan harinya. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa uang yang masih ada cukup tersedia untuk menjaga agar bisnis Anda masih mampu berjalan dengan lancar, dapat mengembangkan bisnis Anda, agar dapat bersaing dengan para kompetitor-kompetitor lainnya dan juga untuk memastikan bahwa Anda memang sudah memiliki dana cadangan yang cukup.

Nah, sekarang bagaimana cara Anda dalam merencanakan strategi penganggaran untuk bisnis Anda? Semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda sekalian, terimakasih dan salam sukses pebisnis Indonesia.

Apabila Mitra Bisnis/Penguasaha membutuhkan software accounting untuk pembuatan anggaran, serta membutuhkan pendampingan dalam merapikan bagian finance accounting, baik di sisi job Des, SOP dan struktur Organisasi, silahkan hubungi kami di 081-252982900 atau 081-8521172. Kami siap membantu.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi