Apr 26

MANAJEMEN INVENTARIS UNTUK MENDUKUNG OPTIMASI RITEL MODERN

Bagi banyak bisnis e-niaga yang lebih kecil dan sedang berkembang, dunia manajemen gudang mungkin tampak seperti sisi gelap, sesuatu yang hanya dibutuhkan perusahaan yang jauh lebih besar. Tetapi apakah itu benar?

Jika Anda menjual item dalam jumlah kecil dan terbatas, Anda mungkin tidak memerlukan solusi manajemen stok khusus. Anda membeli apa yang Anda butuhkan, saat Anda membutuhkannya, dan mengirimkannya ke pelanggan saat dipesan. Mungkin Anda dapat mengingat semua informasi yang Anda butuhkan di kepala Anda. Jika tidak, Anda mungkin dapat menggunakan beberapa lembar kertas atau spreadsheet dasar.

Tetapi segalanya menjadi rumit segera setelah jumlah stok mulai bertambah. Psikolog telah mengetahui untuk beberapa waktu bahwa kita manusia hanya dapat menyimpan enam atau tujuh informasi dalam ingatan jangka pendek kita. Kita bisa, tentu saja, mengingat jauh lebih banyak dalam ingatan jangka panjang kita. Sebagian besar dari kita kesulitan dengan permainan pesta di mana kita mencoba mencocokkan pasangan kartu yang menghadap ke bawah di atas meja dan hanya terungkap sekilas. Hanya sedikit dari kita yang pernah menguasai trik spesialis ingatan yang terlihat di acara TV “sulap” atau pengetahuan sepele juara kuis yang tampaknya tak ada habisnya. Dalam praktiknya, kita menyampaikan informasi yang ingin kita simpan – baik secara sadar maupun tidak sadar – dari memori jangka pendek ke jangka panjang, tetapi itu bukan cara ideal untuk menjalankan fungsi bisnis inti. Beberapa bentuk “bantuan memori” akan sangat berguna.

Tidak dapat dipungkiri bahwa persyaratan manajemen stok Anda akan menjadi lebih kompleks seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda. Bagaimana jika beberapa barang yang Anda jual menjadi sepuluh, dua puluh, atau seratus? Jika Anda menjual barang-barang yang diproduksi, memerlukan beberapa bentuk adaptasi, atau dibeli dalam jumlah besar, kemungkinan besar Anda perlu melacak stok Anda. Dari mana asalnya, kita punya berapa, sekarang di mana, siap jual, siapa yang memesan? Hal-hal seperti itu. Tiba-tiba, dan tanpa Anda melakukan banyak hal, banyak informasi yang perlu diingat. Beberapa bentuk “bantuan memori” akan sangat berguna. Dengan kata lain, beberapa bentuk sistem manajemen stok.

Ada alasan lain mengapa manajemen stok bisa menjadi kompleks. Jika Anda menyimpan banyak barang yang identik, mungkin tidak terlalu penting untuk mengidentifikasi masing-masing di tingkat individu. Tetapi jika Anda perlu merotasi stok agar barang terlama dijual terlebih dahulu atau jika Anda perlu memastikan ketertelusuran melalui rantai pasokan, maka Anda perlu mengetahui dan mengelola lebih banyak tentang suatu barang daripada identitas dasarnya. Setiap kali Anda menambahkan informasi baru yang terkait dengan item tertentu, Anda meningkatkan kerumitannya. Ahli statistik menyebutnya sebagai dimensi data. Pada tingkat sederhana, dimensionalitas adalah jumlah atribut berbeda yang terkait dengan sekumpulan data. Tapi ini bisa berubah dan jarang statis. Beberapa data Anda akan diperbaiki (identitasnya, misalnya), beberapa akan berubah saat item bergerak melalui rantai pasokan (lokasinya, misalnya), sementara beberapa akan berubah tergantung pada faktor lain (seperti posisi barang dalam antrian pengambilan atau nama pelanggan setelah terjual). Cepat atau lambat (yang kami maksud lebih cepat) Anda akan membutuhkan bantuan untuk menyimpan, mengidentifikasi, memproses, dan mengelola informasi itu. Dengan kata lain, beberapa bentuk sistem manajemen stok.

Di sinilah sistem manajemen gudang yang tepat berperan. Ini akan menjadi “bantuan memori”, mengawasi tugas-tugas penting manajemen stok sehari-hari dan menyediakan data yang terstruktur, konsisten dan akurat. Sistem harus dapat berinteraksi dengan aplikasi e-niaga Anda untuk memberikan informasi stok yang Anda butuhkan untuk menjual barang, menautkan ke sistem manajemen operator untuk mengirimkan barang dengan biaya yang efektif, dan antarmuka dengan aplikasi back-office yang dapat memberikan wawasan tentang efisiensi dan penghematan biaya untuk membantu pengembangan bisnis.

Bagi banyak bisnis, solusi yang paling sesuai adalah solusi perangkat lunak sebagai layanan yang dihosting di cloud, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan saat ini, dapat diskalakan untuk pertumbuhan bisnis, lebih mudah dan lebih cepat untuk diterapkan daripada sistem tradisional, tersedia dengan model harga yang sederhana dan dapat diprediksi, dan terbukti di masa depan dengan peningkatan versi pengembang yang berkelanjutan.

Untuk mendapatkan sistem ini, Anda bisa menghubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi