Agu 25

MANFAAT BENCHMARKING DENGAN BISNIS LAIN

Kali ini konsultan bisnis dengan nama Groedu International consultant untuk Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang dan Jogjakarta sedang mengulas artikel terkait dengan manfaat benchmarking, silahkan simak yang akan dipaparkan di bawah ini.
Pernah dengar mengenai Bencmarking ?
Benchmarking merupakan proses merangking kinerja perusahaan dengan tujuan untuk mengukur pencapaian keberhasilan dan menemukan kekurangan yang ada pada (perusahaan) sendiri. Beberapa manfaat yang dapat mengalir ke perusahaan apabila melakukan bencmarking yakni akan dipaparkan sebagai berikut.

Menurunkan Biaya
Dari sekian tujuan benchmarking yang sangat ingin dicapai ialah efisiensi. Dengan menghemat pengeluaran, perusahaan memiliki kesempatan untuk dapat memperluas kegiatan operasional dan tumbuh menjadi perusahaan yang lebih besar. Salah satu cara yang sering dilakukan agar perusahaan lebih efisien ialah menurunkan biaya tenaga kerja. Penurunan biaya tenaga kerja dapat dilakukan dengan mengganti tanggung jawab manusia dengan robot. Kinerja robot dinilai lebih baik pada fungsi produksi, karena cara kerja robot telah tersistem dan akan sedikit melakukan kesalahan.
Tenaga pemasaran kini telah tergantikan oleh perkembangan teknologi. Pemasaran secara konvensional seperti memanfaatkan media koran, radio, dan telivisi kini telah digantikan oleh media online. Dengan mobilitas yang tinggi calon konsumen masih dapat memperoleh informasi mengenai produk yang ingin dibeli.
Berdasarkan pada hasil riset yang telah dilakukan oleh berbagai lembaga pada tahun 2030 akan terdapat sejumlah 60 persen jenis pekerjaan yang akan diambil alih oleh robot. Hal ini menunjukan bahwa ketertarikan pelaku bisnis tentang automisasi sangat tinggi.
Derasnya aliran dana infestasi dari luar diindikasikan menjadi penyebab utama terdorongnya perusahaan untuk tumbuh dan agar mampu bersaing dengan perusahaan asing. Berganti dari perusahaan padat karya ke perusahaan padat modal. Tujuan digunakannya sistem padat modal yakni perusahaan ingin mencapai tingkat produksi optimum dengan biaya produksi per unit rendah yang pada akhirnya menyebabkan harga jual barang mampu bersaing di pasar.
Akan tetapi pergantian sistem operasional dari yang awalnya menggunakan tenaga manusia kemudian menggunakan tenaga robot tetap juga akan membutuhkan tenaga manusia yang memahami teknologi agar mampu mengoperasikan robot tersebut.

Meningkatkan Kualitas Produk
Perusahaan dapat memanfaatkan hasil bencmarking untuk meningkatkan kualitas produk. Ketika perusahaan merasa ada perusahaan lain yang memiliki produk lebih unggul, perusahaan dapat membeli produk pesaing tersebut untuk kemudian dipelajari. Nilai terpenting yang perlu didapatkan yakni tentang bagaimana produk tersebut dibentuk, diterima oleh pasar dan bertahan lebih lama di pasar.
Setelah mendapatkan informasi mengenai strategi yang dilakukan pesaing dalam mengembangkan produknya, perusahaan kemudian menambahkan elemen-elemen positif yang terdapat pada produk pesaing ke produk milik perusahaan. Selanjutnya menciptakan cara bagaimana agar dapat mengungguli produk pesaing.
Meniru beberapa elemen dari produk pesaing yang paling unggul diyakini memberikan keuntungan. Beberapa kelebihannya yakni :
Pertama, memodifikasi produk akan lebih mudah dibandingkan dengan menciptakan produk dari awal. Perusahaan hanya cukup mengevaluasi elemen-elemen yang menjadi kekuatan produk pesaing kemudian diimplementasikan kedalam produk milik sendiri. Selain itu mencari elemen-elemen yang tidak dimiliki oleh produk pesaing dan kemudian dikembangkan untuk dimasukan kedalam produk.
Kedua, dengan menduplikasi hasil usaha orang lain perusahaan akan terhindar dari pengalokasian dana yang tidak perlu. Perusahaan lebih efisien dalam hal biaya dan waktu.
Ketiga, alasan yang sering digunakan yakni agar tidak mengulang kesalahan yang telah dilakukan oleh pelopor. Sehingga yang dibutuhkan dari perusahaan hanya fokus pada peningkatan kualitas dan penambahan keunikan produk.
Keempat, produk pesaing yang telah mapan dan memiliki posisi kuat di pasar akan sangat sukar berubah untuk merespon inovasi. Dengan demikian perusahaan memiliki peluang untuk memanfaatkan celah yang ada yang tidak dimiliki oleh pelopor produk.

Meningkatkan Kinerja
Pelanggan inti cenderung akan senang ketika memperoleh peningkatan pelayanan dari perusahaan. Perbaikan dapat dilakukan pada setiap proses operasional. Hasil perbaikan dapat diteruskan melalui brosur perusahaan, tenaga penjualan, majalah dan iklan televisi. Secara tidak langsung perubahan yang terjadi akan meningkatkan penjualan dan keuntungan melalui peningkatan efektifitas.
Penilaian kinerja dapat dilakukan dengan mengukur kinerja karyawan dengan sebuah indeks. Kinerja tersebut harus telah digunakan oleh perusahaan secara umum dan menjadi standar bagi industri sejenis. Dengan demikian hasil kinerja tiap-tiap perusahaan dapat diperbandingkan.
Dengan benchmarking perusahaan mampu mengumpulkan informasi mengenai perusahaan pesaing terutama informasi kesenjangan antara produk pesaing dengan produk milik perusahaan. Diharapkan pembenahan di setiap proses perusahaan dapat menciptakan proses penciptaan produk yang lebih baik dengan menentukan terlebih dahulu tingkat produktivitas yang ingin dicapai.

Terima kasih telah berkunjung ke website kami, itulah sedikit penjelasan mengenai manfaat Benchmarking. Apabila pembaca ingin memahami lebih dalam, membutuhkan konsultasi manajemen, membutuhkan pembenahan Standar Operational Procedure (SOP) perusahaan, transformasi bisnis dari generasi pertama ke generasi berikutnya dan butuh Accounting Software, pembaca dapat menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 / 081-8521172. Kami siap membantu anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi