Apr 04

MANFAAT PENGGUNAAN PROGRAM/APLIKASI STOK BARANG PADA PERUSAHAAN DISTRIBUTOR (GROSIR)

Perusahaan distributor (grosir) adalah salah satu jenis usaha yang paling saat ini lumayan banyak peminatnya. Dengan pemilihan lokasi yang baik dan strategis beserta modal yang cukup, maka jenis bisnis ini memiliki ROI yang terbilang cukup menggiurkan. Namun, untuk pengelolaan gudangnya masih banyak diantara distributor-distributor tersebut menggunakan tata cara manual, alias sama sekali tidak menggunakan aplikasi stok barang.

Karena terlalu menyepelekan pengelolaan gudang, maka tidak sedikit dari distributor-distributor tersebut yang sering kali merugi karena masalah stocknya, dan yang lebih buruk lagi adalah berujung pada kebangkrutan total dari usaha distributornya. Terlalu sering kehabisan stok, tanggal kadaluarsa yang tak mampu dikontrol dengan baik, sampai kesulitan dalam mengatur keluar masuknya barang-barang persediaan adalah permasalahan yang paling umum dalam bisnis distributor yang masih mengelola stok barang-barang persediaannya secara manual.

Dan inilah begitu pentingnya menggunakan software/aplikasi stok barang. Apalagi untuk jenis perusahaan distributor yang memiliki lebih dari satu gudang, bisa dibilang sangat-sangat mustahil jika bisnis tersebut mampu bertahan lama tanpa sedikitpun mengalami kesulitan pengelolaan stok-stok barangnya tanpa didukung dengan program/aplikasi stok barang. Lalu, apa saja yang bisa menjadikan bisnis distributor ini sangat tergantung penuh dengan program/aplikasi stok barang? Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Memperbaiki kualitas dari laporan stok barang.

Berkembang atau tidaknya sebuah bisnis distributor Anda hanya dapat diketahui dari laporan-laporan yang setiap hari datang ke meja Anda, sebagai seorang pemilik perusahaan. Baik atau buruknya keputusan yang akan Anda buat memang sangat tergantung dari baik tidaknya kualitas dari laporan yang telah dihasilkan, yang tentu saja sangat sulit jika dicapai dengan tata cara pengelolaan stok barang yang dilakukan secara manual.

Dengan menggunakan metode manual, maka Anda masih terlalu mengandalkan tenaga dari staff Anda dalam pembuatan laporannya. Seperti yang kita pahami bersama, bahwa kualitas dari laporan tersebut juga masih tergantung dari kemampuan staff tersebut dalam membuatnya. Hal ini akan membuat laporan stok Anda beresiko untuk keliur dan tidak memiliki standar yang pasti. Namun tidak demikian jika Anda menggunakan aplikasi stok barang. Laporan Anda tidak terlalu bergantung dengan kemampuan dari staff Anda karena yang membuat laporan tersebut adalah berasal dari sistem. Cara ini menjadikan laporan Anda memiliki standar kualitas yang bisa dipertanggungjawabkan dan meminimalkan resiko kesalahan dalam pembuatan laporannya.

2. Meminimalkan terjadinya human error (kesalahan manusia).

Pekerjaan dari seorang admin atau inventaris adalah sebuah tugas yang sangat membosankan. Hal ini dikarenakan staff admin atau inventaris tersebut akan selalu dituntut untuk melakukan hal-hal yang sama selama berkali-kali dari waktu ke waktu. Akibatnya adalah, staff tersebut akan rentan untuk melakukan kesalahan atau human error.

Aplikasi stok barang akan semakin meminimalkan terjadinya berbagai kesalahan yang mungkin saja bisa disebabkan oleh staff Anda. Dengan adanya fitur barcode, pencatatan dan pendataan barang-barang akan menjadi semakin lebih cepat dan mudah. Dan aplikasi ini juga akan menjadi semakin meningkatkan efisiensi pekerjaan dari para staff admin Anda, sehingga mereka tidak akan merasa terlalu bosan pada saat melakukan pekerjaannya.

3. Low stock notification.

Tiak ada yang lebih merugikan lagi apabila dibandingkan dengan momen di mana Anda sama sekali tidak mengetahui telah kehabisan stok barang-barang yang paling dicari oleh para pelanggan Anda. Pada saat hal ini terjadi, maka sudah pasti pelanggan setia Anda malah akan beralih kepada para kompetitor dan prospek keuntungan Andapun akan melayang dengan sendirinya.

Dan inilah pentingnya fitur low stock notification yang terdapat di pada aplikasi stok barang. Bisa dibilang fitur inilah yang paling banyak dicari oleh para pemilik bisnis distributor. Pada saat persediaan dari satu atau beberapa barang-barang sudah mulai menipis, maka aplikasi ini akan langsung mengirimkan sebuah email atau melalui push notification langsung di ponsel Anda. Karena itulah sangat praktis bukan?!

4. Proses audit inventaris menjadi semakin lebih mudah dilakukan.

Proses audit merupakan sebuah proses terpenting yang harus dilakukan oleh perusahaan distributor dari waktu ke waktu. Selain untuk mengetahui bagaimana kondisi dari barang-barangnya di gudang, audit ini juga sangat penting untuk mendata setiap masing-masing item mana saja yang mendekati tanggal kadaluarsa. Namun, proses audit inventaris ini juga sangatlah menghabiskan banyak waktu, apalagi bagi jenis bisnis distributor yang memiliki banyak gudang.

Jika Anda memiliki lima ribu jenis barang hanya menyimpan di satu gudang, dan perusahaan Anda memiliki 6 gudang lainnya, dan di setiap bulannya Anda harus melakukan audit inventaris, maka bisa Anda bayangkan sendiri seperti apa tingkat stress dari para staff yang akan melakukan pekerjaan tersebut. Namun dengan adanya aplikasi stok gudang ini, maka proses ini bisa dilakukan secara otomatis. Cukup hanya dengan menggunakan komputer/laptop, maka data-data yang masih Anda butuhkan akan langsung tersaji ke dalam hitungan menit. Cepat, mudah, dan yang pasti stress free.

5. Memiliki fitur manajemen multi gudang.

Program/aplikasi stok barang akan semakin memudahkan bagi Anda untuk mengontrol semua gudang yang masih Anda miliki hanya dari satu tempat. Anda tidak perlu lagi meminta data-data dari setiap masing-masing kepala gudang untuk mengetahui berapa banyak jumlah stok yang masih tersedia pada setiap gudang yang Anda miliki. Dengan adanya fungsi penyimpanan dengan sistem cloud server, maka Anda akan bisa dengan mudah mengontrol setiap gudang dari bisnis distributor Anda kapan saja dan di mana saja, selama Anda terhubung dengan koneksi internet yang stabil. Apabila dibandingkan dengan dokumen kertas, penggunaan aplikasi stok barang terasa jauh lebih aman dari kemungkinan terjadinya terceceran tidak karuan atau bahkan sampai hilang.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang bagaimana pentingnya manfaat dari penggunaan program/aplikasi stok barang pada jenis perusahaan distributor. Semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda sekalian, apabila bapak/ibu mitra bisnis atau pengusaha membutuhkan software terkait inventory, SOP Gudang dan Logistik, serta training mengenai warehouse management, silahkan hubungi 081-252982900 atau 081-8521172, atau email ke groedu@gmail.com. Kami siap membantu anda!

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi