Mar 22

MANFAAT PENTING PENGGUNAAN APLIKASI MANAJEMEN PEMBELIAN BAHAN DALAM MENJALANKAN BISNIS RESTORAN

Menjaga setiap masing-masing kualitas makanan bukan hanya menjadi sangat penting, namun sebagai sesuatu yang memang harus tetap selalu lebih diperhatikan dalam membangun dan menjalankan bisnis restoran. Dan untuk hal semacam ini hanya dapat dicapai dengan cara memastikan pasokan untuk bahan-bahan makanan sudah harus selalu tersedia ditempat penyimpanan.

Proses penyediaan bahan-bahan makanan dalam menjalankan bisnis restoran semacam ini akan menjadi semakin lebih mudah jika dilakukan dengan cara menggunakan bantuan dari aplikasi/software manajemen pembelian yang bermanfaat sebagai berikut:

1. Mengelola agar ketersediaan bahan-bahan makanan selalu tersedia ditempat penyimpanan.

Penggunaan aplikasi manajemen pembelian dapat dikostumisasi dengan sistem manajemen gudang untuk tujuan pengeloaan arus keluar-masuknya bahan-bahan makanan yang masih tersedia dipenyimpanan. Proses untuk pengiriman bahan-bahan makanan dan pengecekan bahan-bahan makanan yang sudah out of stock sebenarnya dapat diidentifikasikan secara lebih cepat, sehingga cukup mampu dalam mengurangi resiko untuk terjadinya kehabisan stok bahan-bahan makanan untuk restoran Anda.

2. Mengontrol pembelian secara otomatis.

Menggunakan bantuan dari program/aplikasi manajemen pembelian yang didalamnya sudah tertanam dalam perangkat operasional. Anda akan dapat dengan lebih mudah untuk melacak penjualannya, memantau stok yang masih tersedia, Dengan begitu, maka ketersediaan bahan-bahan makanan untuk restoran Anda akan tetap terjaga dengan lebih baik. Serta untuk menjamin mutu dari masakan yang nantinya akan Anda sajikan terhadap para pelanggan Anda.

3. Mengelola para supplier dengan lebih mudah.

Menggunakan bantuan dari perangkat/aplikasi manajemen pembelian akan membantu Anda agar menjadi lebih mudah agar dapat berhubungan langsung dengan para supplier penyedia bahan-bahan makanan secara otomatis. Hal ini akan menjadi semakin memudahkan Anda dalam melakukan pemesanan barang-barang dan pembayaran yang bisa dilakukan sekaligus. Anda dapat langsung mengajukan daftar pembelian dengan para supplier dan pihak supplier juga akan secara langsung memproses pembelian dari Anda dengan cara mengirimkan invoice yang hanya tinggal Anda print dan langsung disetujui. Hal ini juga dapat Anda lakukan hanya dengan beberapa klik saja menggunakan perangkat lunak/software manajemen pembelian.

4. Memastikan untuk setiap bahan-bahan makanan sudah tersedia dalam kondisi yang masih fresh.

Menyetok bahan-bahan makanan yang sesuai dengan kebutuhan mingguan atau bahkan bulanan dari restoran Anda dalam food storage yang menjadikan makanan dapat tersaji kepada para pelanggan dalam kondisi yang masih tetap segar. Bahan-bahan yang sudah di-restock setiap minggunya atau bersifat bulanan untuk menjaga kualitas dari setiap bahan-bahan makanan agar bisa tetap terjaga dengan baik. Menumpuk bahan-bahan makanan di tempat penyimpanan dalam jangka waktu yang sangat lama akan menyebabkan bahan makananan tersebut menjadi busuk, rusak, atau malah kedaluarsa. Penggunaan bahan-bahan makanan yang sama sekali tidak segar, karena manajemen pembelian yang terlalu buruk, akan semakin menurunkan tingkat kualitas dari masakan dalam menjalankan bisnis restoran seperti ini.

5. Menghindari untuk mencampurkan persediaan bahan-bahan makanan tertentu yang bukan semestinya.

Agar persediaan bahan-bahan makanan yang sudah Anda beli dapat bertahan lebih lama dalam kondisi yang masih tetap baik dan tetap segar, maka lakukan pemilahan untuk setiap masing-masing bahan makanan, dan jangan sampai mencampur adukkan persediaan bahan-bahan makanan tersebut tanpa mengetahui terlebih dahulu apa pengaruhnya bagi bahan makanan yang lainnya. Hal ini menjadi sangat penting bagi manajemen restoran untuk mengetahui jenis makanan seperti apa saja yang bisa dicampur dan yang tidak boleh dicampurkan pada persediaannya.

Seperti contoh, jangan mencampurkan pisang, melon, pir, mangga, dan tomat dengan sayuran dan buah lain seperti apel, semangka, terong, kentang, wortel, dan brokoli, karena kelompok yang pertama bisa mengeluarkan gas etilen, sedangkan kelompok yang kedua sangat sensitif terhadap gas etilen. Mencampurkan keduanya hanya akan menjadikan bahan-bahan makanan Anda tersebut menjadi semakin cepat membusuk.

Catatan Konsultan bisnis surabaya, untuk pembelian bahan baku memang membutuhkan keahlian khusus dalam menanganinya oleh sebab itu, jika memiliki buyer yang sangat pintar dalam bernegosiasi, maka bahan baku yang didapat selain murah harganya juga kualitasnya bagus. Ini disisi SDM, tetapi jika di sisi SDM sudah sangat bagus cara menanganinya tetapi masih dikerjakan secara manual pencatatannya, maka bagaimanapun pekerjaan seorang buyer tidak efisien. Cara agar buyer berkerja secara efisian, sebaiknya menggunakan software accounting yang terintegrasi. Mulai pembuatan PO kemudian diteruskan ke Supplier, setelah barang di terima di gudang, pengakuan barang yang diterima dicocokan dengan PO yang dibuat oleh buyer, dari situ bagian gudang akan membuat print bukti penerimaan barang. Bukti penerimaan barang ini akan menjadi panduan bagian finance melakukan pembayaran atau bagian accounting mendapatkan panduan dalam pembukuannya. Semuanya akan terintegrasi dengan baik. Semua itu bisa dilakukan dengan softeware accounting yang terintegrasi. Apabila mitra bisnis/pengusaha membutuhkan hal terkait diatas baik secara pendampingan dan pemilihan software accounting yang tepat, silahkan hubungi 081-252-982900 atau 0818521172, kami siap membantu. Terima kasih.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.