Des 25

MANFAAT RISET PEMASARAN UNTUK KEBERHASILAN LAUNCHING PRODUK DI PASAR

Sebelum produk di launching ke pasar, sangat dibutuhkan riset pemasaran. Oleh sebab itu setiap perusahaan baru ataupun importir sebelum melakukan launcing produknya sebaiknya melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar ini untuk mengetahui perilaku konsumen, trend pasar, serapan pasar, target pasar sampai dengan keputusan apakah barang itu akan diproduksi atau diimport. Oleh sebab itu lakukan dengan baik keputusan memproduksi atau mendatangkan barang dari luar negeri. Kalau sudah kejebak dengan kemacetan usaha, tentu saja kerugian yang akan dituai oleh perusahaan sangat besar.

Mengeluarkan biaya riset bukanlah hal sia-sia jika dilakukan dengan benar. Budget untuk riset adalah faktor pengurang kerugian yang cukup besar apabila tindakan kita mengikuti naluri bisnis saja. Boleh naluri bisnis bermain dalam pengambilan keputusan, tetapi naluri bisnis ini sifatnya abstrak, dan tidak semua orang bisa memahami pemikiran kita. Alangkah lebih baik jika terdapat hasil riset yang berupa angka, grafik, dan kesimpulan mengenai pasar, maka tidak akan ada yang menyalahkan jika usaha yang didirikan dilakukan bersama dengan mitra. Riset pasar dalam hal ini sangat penting untuk membantu dalam pengambilan keputusan.

Kelayakan produk untuk diimport maupun diproduksi sangat penting untuk menentukan tingkat keberhasilan produk dalam pemasarannya. Seperti dalam surveynya sekitar 98% produk baru yang diluncurkan ke pasar gagal. Hal ini banyak faktor yang melandasi, tentu saja salah satunya tidak adanya pedoman yang menginformasikan kelayakan produk masuk ke pasar. Riset pemasaran sebenarnya pintu masuk ke pasar, jika memang pasarnya layak. Sedangkan jika pasarnya tidak layak, pintu tidak akan dibuka dan hal ini tentu saja akan membantu kita sebagai investor dalam menentukan keberhasilan sebuah usaha. Tidak masuk ke pasar yang sudah disimpulkan oleh grafik dan angka riset bisa memberikan jalan alternatif pengusaha untuk menginvestasikan uangnya ke produk-produk yang layak dipasarkan.

Gunakan riset pemasaran sedemikian rupa dengan melakukan sendiri atau bantuan konsultan riset. Melalui bantuan konsultan riset, ruang lingkup yang akan diriset akan terarahkan. sebagai contoh konsultan riset akan menggunakan metode riset yang sesuai dengan produk dan kondisi pasarnya. Konsultan riset akan melakukan riset sesuai dengan sample yang menjadi objec penelitian. Konsultan riset akan melaporkan dan mempresentasikan hasil riset dan kesimpulan serta saran yang harus dilakukan oleh pebisnis yang sedang memakai jasanya.

Memang untuk masuk ke pasar beberapa perusahaan tidak perlu melakukan hal itu, tetapi hal ini wajib ditinjau dari sisi investasinya. Apabila sangat besar investasi yang akan dikeluarkan maka sangat dibutuhkan riset sebagai acuan atau pembanding dalam mengambil suatu keputusan. Oleh sebab itu jangan biarkan kerugian menjadi begitu besar dengan menganggap sepele tahapan ini dalam memasarkan suatu produk. Semoga artikel ini bermanfaat, apabila pembaca membutuhkan konsultan riset yang handal silahkan hubungi 081852172 atau hubungi groedu@gmail.com.

 

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi