Agu 12

MEMADUKAN STRATEGI PEMASARAN ON LINE DAN OFF LINE

Sekarang ini mengandalkan on line tidak akan mungkin perusahaan menjadi besar. Seperti yang diketahui Indonesia memiliki ribuan pulau dan kota yang ada mulai dari Sabang sampai Merauke. Serta tidak setiap wilayah atau kota memiliki jaringan internet yang cukup bagus, jadi penjualan on line sebenarnya hanya mampu menguasai kota-kota besar yang ada internet, tetapi bagaimana yang non internet? Jaringan distribusi darat masih dibutuhkan. Oleh sebab itu seperti yang diketahui pakem penjualan yang masih besar adalah off line, coba kita tengok produk Unilever, Mayora, Danone serta produk dari perusahaan yang selama ini mengandalkan distribusi, masih sedikit dipengarui penjualan on line. Mereka masih exis dengan penjualan off linenya walau tidak menutup kemungkinan yang on line dikerjakan, tetapi tidak semuanya memberikan kontribusi besar.
Untuk baiknya memang perlu penggabungan strategi pemasaran on line dan off line. Pada saat ini terdapat New distribution Strategy with Omni channel, jadi penjualan produk tidak lagi berdiri sendiri-sendiri, jadi penjualan on line akan terintegrasi dengan yang off line. Penjualan on line masih membutuhkan logistik, sedangkan penjualan off line masih eksis dengan logistiknya karena logistik menjadi jantung utama dalam distribusi produk. Nah, ini yang perlu dicermati bagi para start up yang saat ini fokus on line masih membuhkan juga penjualan secara off line.
Bagaimana caranya agar bisa menjual barang dengan menyebar ke seluruh plosok Nusantara? Tentunya dengan strategy distribusi produk yang dilakukan para produsen consumer good seperti produsen Unilever, Mayora, Merek Elang (Farmasi), Coca cola dan lain sebagainya. Penjualan on line kontribusuinya masih sedikit meskipun membuat heboh dan mengacaukan perdagangan. Tapi jika mau berkolaborasi sebaiknya menggunakan dua cara off line dan on line yang terintegrasi menjadi keunggulan bersaing tersendiri bagi perusahaan. Inilah yang disebut dengan era New Distribution Strategy with Omni channel.
Untuk lebih jelas dan ingin lebih detail mendapatkan bimbingan dalam New Distribution Strategy with Omni channel silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak wa 081-252982900. Tim kami siap membantu.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi