Sep 13

MEMAHAMI PENTINGNYA MEMBUAT STRATEGI PERUSAHAAN

Strategi perusahaan bisa dibilang tingkat strategi yang paling penting dan luas dalam strategi organisasi. Tingkat strategi perusahaan menyangkut dirinya dengan keseluruhan organisasi pada tingkat yang kurang lebih abstrak, di mana keputusan dibuat berkaitan dengan pertumbuhan dan arah keseluruhan perusahaan. Untuk konteks, level strategi lainnya mencakup strategi bisnis dan strategi fungsional – lebih lanjut tentang itu nanti!

Apa Manfaat Strategi Perusahaan?
Pada akhirnya, manfaat dari strategi perusahaan yang terdefinisi dengan baik untuk suatu organisasi meningkat seiring dengan skala organisasi. Meskipun sangat mungkin bagi usaha kecil atau bahkan menengah untuk bertahan tanpa menginvestasikan waktu dalam mengembangkan strategi perusahaan. Sebagai kebutuhan organisasi tumbuh dan berkembang, menjadi semakin perlu untuk menyerang proses perencanaan strategis dengan cara yang mencerminkan kompleksitas organisasi itu.
Yang mengatakan strategi perusahaan menawarkan sejumlah manfaat bagi organisasi mana pun, terlepas dari skalanya.
Strategi perusahaan menawarkan arah strategis bisnis Anda. Tanpa pembedaan antara kebutuhan abstrak dan tujuan organisasi yang terlihat pada tingkat strategis perusahaan, dan kompetensi inti dan sumber daya yang dapat dimanfaatkan oleh unit bisnis dan fungsional untuk mewujudkan tujuan ini, sulit untuk mengembangkan dan menumbuhkan bisnis.
Selain itu, strategi perusahaan memungkinkan kami untuk mengelola perubahan dan lebih memahami organisasi kami. Dalam dunia yang dinamis, organisasi perlu mengikuti perubahan yang terjadi – dengan terus-menerus mendefinisikan strategi perusahaan dan tujuan strategis dalam kaitannya dengan peluang atau ancaman saat mereka muncul, strategi perusahaan memungkinkan kita untuk bekerja secara optimal.
Akhirnya, dengan mendefinisikan strategi perusahaan yang jelas, organisasi dapat meningkatkan pengambilan keputusan dan memotivasi karyawan mereka. Tanpa strategi yang jelas di tingkat korporat, unit bisnis dan fungsional akan berkinerja kurang optimal. Tingkat pengambilan keputusan abstrak yang hanya mungkin di tingkat perusahaan akan diterjemahkan ke hasil yang lebih baik di tingkat pengambilan keputusan lainnya, dan membantu karyawan untuk merasa bahwa organisasi mereka memiliki arah dan tujuan yang jelas.

Baca juga artikel tentang : Strategi Penjualan Omny Channel 

Jenis-Jenis Strategi Bisnis
Secara praktis, hanya ada tiga strategi bisnis dasar: strategi biaya, strategi produk atau layanan yang berbeda, dan fokus pada strategi khusus. Memahami strategi ini sangat penting untuk menulis rencana bisnis strategis yang baik.

1. Strategi biaya
Pengecer yang sukses bergantung pada strategi biaya. Perusahaan seperti Walmart dan Costco unggul dalam menyediakan produk secara ekonomis kepada pelanggan mereka. Mereka memberikan banyak manfaat ekonomi ini kepada pelanggan mereka dalam bentuk harga yang lebih rendah. Namun, tidak semua penghematan biaya diteruskan ke konsumen. Sebagian besar penghematan biaya, yang dicapai melalui operasi yang sangat efisien, dipertahankan oleh bisnis dan, oleh karena itu, menjadi keuntungan.
Kepemimpinan biaya atau operasi berbiaya rendah seperti itu adalah salah satu dari tiga strategi dasar. Dan ini adalah strategi yang tersedia untuk bisnis apa pun — dan khususnya bisnis yang telah mencapai skala ekonomi.
Hal utama yang perlu diperhatikan tentang strategi biaya rendah, bagaimanapun, adalah bahwa perusahaan perlu mempertahankan beberapa penghematan biaya untuk mendapatkan tingkat keuntungan yang lebih tinggi daripada pesaingnya. Jadi, menjadi produsen berbiaya rendah saja tidak cukup. Perusahaan perlu menjadi produsen berbiaya rendah dan tetap dapat menetapkan harga produk dan jasa pada tingkat yang cukup tinggi sehingga sebagian dari penghematan biaya dipertahankan sebagai laba.

2. Strategi produk dan layanan yang berbeda
Strategi dasar kedua adalah diferensiasi produk. Pembeda produk sering kali menjual produk atau jasa yang sangat tidak biasa. Jaringan department store Nordstrom adalah contoh yang baik karena menawarkan layanan yang tak tertandingi, dan seringkali (walaupun tidak selalu), ia menawarkan pilihan barang yang bagus dan berkualitas tinggi. Namun, barang Nordstrom lebih mahal. Tetapi konsumen dengan senang hati membayar jumlah ekstra. Mengapa? Karena mereka mendapatkan lebih banyak untuk uang mereka.
Sebuah perusahaan yang mengandalkan strategi diferensiasi bersaing berdasarkan fitur khusus dari produk atau layanannya. Kunci untuk membuat strategi ini berhasil adalah mampu menagih pelanggan Anda lebih banyak untuk fitur khusus tersebut daripada biaya fitur khusus yang Anda keluarkan. Diferensiasi perlu menghasilkan peningkatan pendapatan yang melebihi peningkatan biaya.

3. Strategi fokus
Strategi fokus benar-benar merupakan gabungan dari strategi biaya dan diferensiasi. Strategi ini menyatakan bahwa dalam beberapa hal, perusahaan sangat baik dalam mengelola biaya; dan dengan cara lain, perusahaan ini sangat baik dalam membedakan produk atau jasa. Sebuah perusahaan dapat memilih untuk mengambil pendekatan hibrida karena memahami audiens tertentu atau ceruk pelanggan atau kategori produk; dengan kata lain, perusahaan dapat, melalui pendekatan terfokus ini, melayani pasar tertentu dengan lebih baik daripada siapa pun. Perusahaan ini akan menjadi yang terbaik dalam melayani ceruk tertentu.
Sebagai pengecer strategi fokus, Target berfokus pada pelanggan kelas menengah di pinggiran kota dengan menawarkan kepada konsumen tersebut kombinasi yang hampir sempurna antara penghematan biaya dan produk yang berbeda.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silahkan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi