Jun 25

MENAVIGASI BISNIS KECIL ANDA DI TENGAH PANDEMI COVID 19

Meskipun mungkin tidak mengejutkan siapa pun, para ahli memperkirakan resesi ekonomi global dalam tahun depan. Covid-19 telah menyebabkan kerusakan besar pada bisnis di seluruh dunia, besar dan kecil, dan penurunan diperkirakan akan terus berlanjut. Banyak bisnis kekurangan staf dan harus tutup sementara. Lainnya telah ditutup secara permanen. Jadi bagaimana Anda “resesi-bukti” bisnis kecil Anda? Berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu:

Mengurangi
Mengelola arus kas Anda dan memotong pengeluaran adalah salah satu cara paling jelas untuk melindungi bisnis Anda ketika ekonomi terlihat suram. Memangkas lemak bisa jadi sulit karena melepaskan ekstra bisa merepotkan. Cara menghemat uang meliputi: menyesuaikan jam kerja dengan waktu sibuk, bernegosiasi ulang dengan pemasok dan membeli yang baru, Pindah ke lokasi yang lebih terjangkau, dan kurangi perjalanan.

Baca juga artikel tentang : Tips Mengurangi Stress untuk Bisnis yang Lebih Stabil

Penargetan ulang
Beberapa “pelanggan baru” terbaik Anda adalah yang sudah Anda miliki. Menginvestasikan upaya Anda untuk mempertahankan dan membangun hubungan dengan pelanggan yang sudah Anda miliki akan memastikan basis pelanggan Anda hampir tidak terpengaruh oleh ekonomi yang lemah. Anda akan menjadi tujuan utama bagi pelanggan setia Anda.

Staf
Kepegawaian adalah masalah besar bagi banyak bisnis saat ini. Pasar kerja berlimpah sehingga memastikan staf Anda senang adalah komponen penting untuk menjaga bisnis Anda tetap bertahan. Memperlakukan karyawan Anda dengan baik, membayar mereka dengan upah yang adil, dan memberi penghargaan kepada mereka karena telah melampaui batas akan membantu Anda mempertahankan lingkungan kerja yang bahagia.

Tambah Pendapatan
Menambahkan pendapatan terdengar seperti solusi yang jelas untuk masalah uang, tetapi bagaimana Anda menambahkan pendapatan? Pikirkan di luar model bisnis Anda saat ini dan tambahkan aliran pendapatan baru yang melengkapi bisnis Anda. Ini bisa sederhana, seperti menambahkan opsi pengiriman ke toko ritel Anda, atau sedikit lebih rumit, seperti menambahkan toko roti ke restoran Anda. Menambahkan layanan atau memenuhi kebutuhan Anda saat ini tidak dapat mendatangkan lebih banyak pelanggan dan membantu pelanggan setia Anda saat ini untuk membelanjakan lebih banyak.

Pembiayaan Aman
Mendapatkan uang untuk menumbuhkan dan mempertahankan bisnis Anda mungkin terdengar seperti solusi yang jelas, tetapi bisa jadi sulit untuk mendapatkan pembiayaan saat bisnis sedang turun. Ketika kemerosotan ekonomi mulai, pemberi pinjaman biasanya akan memperketat pengeluaran mereka dan menggunakan lebih banyak kebijaksanaan saat meminjamkan. Untuk alasan ini, Anda dapat mengamankan dana sekarang dan memiliki sarang telur ketika Anda membutuhkannya. Anda bahkan dapat menggunakannya untuk mengembangkan bisnis Anda sekarang.
Jika Anda ingin mengetahui informasi leih perihal manajemen bisnis yang terbukti meroketkan omset bisnis kecil Anda? Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi