Okt 24

MENGENAL PERAN AKUNTANSI BIAYA PADA PERUSAHAAN

Kali ini Konsultan Bisnis Surabaya akan menulis artikel tentang akuntansi biaya untuk Surabaya, Jogjakarta, Semarang, Bandung, Jakarta dan Denpasar. Sudahkah anda mengenal akuntansi bidang ini? Apa saja peran para akuntan biaya? Dan metode apa saja yang diperlukan dalam pembuatan akuntansi biaya? Jika anda belum tahu, maka sebuah langkah tepat bagi anda untuk menyimak artikel ini sampai akhir.
Akuntansi biaya adalah salah satu bidang dalam akuntansi yang berperan untuk menentukan biaya aktual terkait dengan pembuatan produk atau menyediakan layanan berdasarkan segala biaya dalam rantai pasokan. Hal ini dilakukan untuk keperluan persiapan anggaran dan analisis profitabilitas. Informasi yang diperoleh dari proses ini bermanfaat bagi manajer untuk menentukan produk, departemen atau layanan mana yang paling menguntungkan sehingga perlu difokus kembangkan dan layanan mana yang perlu diperbaiki.


Akuntansi biaya melibatkan penentuan biaya tetap dan variabel. Biaya tetap adalah biaya yang berulang setiap bulan terlepas dari tingkat produksi. Contohnya termasuk sewa, depresiasi, bunga pinjaman dan biaya sewa. Biaya variabel adalah biaya yang berfluktuasi atau tidak tetap bergantung pada perubahan tingkat produksi, seperti persediaan, tenaga kerja, dan biaya perawatan. Biaya-biaya ini terkait dengan produksi di mana semakin banyak unit produk yang diproduksi, semakin banyak biaya yang terkait dengan bahan dan tenaga kerja yang digunakan untuk membuat produk. Akuntansi biaya menentukan biaya tetap dan variabel yang terkait dengan lini produk untuk menentukan titik impas, dan akhirnya laba. Titik impas merupakan titik di mana pengeluaran ditanggung oleh penjualan. Laba ditentukan dengan menggunakan titik impas sebagai titik awal untuk menghitung laba. Semua penjualan di luar titik impas adalah keuntungan. Menentukan jumlah unit yang perlu dijual untuk mencapai titik impas dan kemudian mencapai laba disebut analisis laba volume biaya.
Sementara itu sebagian besar seorang akuntan biaya biasa bekerja di organisasi pemerintah atau perusahaan besar, beberapa akan bekerja sebagai konsultan baik melalui kantor akuntan publik atau praktik independen mereka sendiri. Konsultan swasta akan sering diminta untuk melakukan layanan untuk usaha kecil atau menengah yang tidak dapat mendukung pekerjaan penuh waktu dari akuntan biaya. Mereka yang dipekerjakan penuh waktu akan melakukan berbagai tugas:
• Menyediakan data untuk pengembangan anggaran yang stabil.
• Menggunakan perangkat lunak untuk mengalokasikan biaya tidak langsung ke proses internal.
• Analisis terperinci tentang driver biaya yang sesuai.
• Evaluasi usaha bisnis potensial.
Akuntan biaya harus terbiasa menggunakan semua metode akuntansi biaya, serta program perangkat lunak yang mendukung fungsi akuntansi biaya. Ada empat metode utama akuntansi biaya, yang masing-masing mengalokasikan biaya tidak langsung ke lini produk dan / atau layanan individual:

• Sistem Biaya Standart, menetapkan biaya rata-rata untuk setiap biaya langsung (tenaga kerja, material, overhead, dll) yang terkait dengan suatu produk sehingga dapat membakukan sistem akuntansi biaya. Ini adalah salah satu metode akuntansi biaya yang lebih populer digunakan oleh usaha kecil dan menengah karena kesederhanaannya.
• Penetapan Biaya Berbasis Aktivitas, menentukan biaya tetap dan variabel dalam proporsi terhadap biaya langsung yang terkait dengan lini produk.
• Throughput Accounting, berfokus pada perluasan efisiensi organisasi, dengan mengurangi hambatan produksi dan / atau keterbatasan dan dengan demikian memaksimalkan throughput.
• Cost Volume Profit (CVP), menentukan total biaya tetap dan variabel berdasarkan jumlah total produk yang dihasilkan. Ia menggunakan informasi ini untuk menghitung titik impas perusahaan, atau tingkat produksi di mana ia akan mulai menghasilkan laba.
Sementara banyak paket perangkat lunak khusus untuk industri tertentu, seperti SAP dan Oracle. Keakraban dengan paket-paket ini akan memperkuat kemampuan akuntan biaya dalam menganalisis data. Akuntan Biaya harus tetap mengikuti perkembangan baru dalam teknologi dan tren akuntansi, untuk memastikan efisiensi dan efektivitas.
Demikian artikel dari kami. Terimakasih sudah berkunjung ke website kami dan semoga membawa manfaat. Jika anda memerlukan info lebih detil tentang artikel diatas, Aplikasi software accounting, Hak akses Fitur Software accounting, Internal Audit & Fraud detection, Analisis Laporan Keuangan, Training Software accounting, Penyusunan Budgeting per Departemen, bisa langsung menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900 (Wa). Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi