Jan 25

MENYIMPAN DATA BISNIS DI CLOUD STORAGE,  BENARKAH SEBUAH SOLUSI, DAN APA SAJA MANFAATNYA?

Media untuk penyimpanan data atau yang biasa disebut dengan cloud storage yang dapat dengan mudah diakses melalui jaringan internet dan tidak membutuhkan spesifikasi secara khsusus pada sebuah perangkat komputer yang dapat mempengaruhi prosesnya. Yang mana cloud storage seperti ini juga seringkali lebih banyak dimanfaatkan dalam perkembangan dunia bisnis saat ini, bukan hanya sekedar sebagai media untuk penyimpanan data-data penting milik perusahaan saja. Namun lebih daripada itu adalah untuk menjamin keamanan data-data vital yang dimiliki oleh perusahaan.

Hal itu semakin mendorong sebuah bisnis yang harus lebih memprioritaskan layanan tersebut dalam strategi anggarannya, terutamanya bagi perusahaan jenis bisnis startup digital (bisnis online) maupun bisnis UMKM. Untuk setingkat bisnis tersebut biaya pembayaran cloud terbilang cukup mahal dan untuk jenis bisnis seperti bisnis startup untuk saat ini memang sudah tidak lagi berinvestasi pada jenis perangkat keras untuk sistem digital perusahaan (program keuangan dan proses bisnis).

Terlebih lagi ketika data-data penting milik perusahaan yang tersimpan melalui media cloud storage dapat dengan mudah diakses kapanpun dan dimana saja selama terhubung dengan jaringan internet yang stabil serta dapat semakin meminimalisir untuk terjadinya data yang hilang atau bahkan rusak.

Tentu saja hal itu sudah menjadi nilai tambah tersendiri dan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan bagi seorang pebisnis, karena dalam dunia bisnis sekalipun juga masih tetap membutuhkan adanya suatu media penyimpanan data-data penting perusahaan yang menurut mereka adalah yang paling aman. Bukan hanya sekedar sebagai media untuk penyimpanan data perusahaan,

Berikut ini merupakan beberapa manfaat penggunaan cloud storage dalam dunia bisnis saat ini

:

  1. Mampu menekan atau penghenghematan biaya.

Pada dasarnya cloud storage bagi sebuah bisnis cukup membantu dalam penghematan biaya dalam pemenuhan berbagai kebutuhan untuk penyimpanan data-data penting perusahaan.yang mana seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan jalan menggunakannya. Maka tidak perlu lagi untuk melakukan penyimpanan local dalam hardisk, sehingga hal-hal seperti menyediakan hardware dengan spesifikasi tertentu termasuk hard disk atau ram/memori yang lebih besar. Selain itu, bisnis yang Anda jalankan juga tidak terlalu membutuhkan adanya bantuan dari seorang tenaga ahli untuk melakukan perawatan secara rutin terhadap seluruh data-data yang dimiliki oleh bisnis Anda.

  1. Semakin memudahkan dalam pengarsipan data-data penting perusahaan.

Cloud storage memiliki kemampuan sebagai media untuk penyimpanan atau pengarsipan data-data penting milik perusahaan dengan lebih mudah. Yang mana hal seperti ini sudah menjadi suatu cara untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kehilangan data-data penting milik perusahaan ketika tersimpan pada media penyimpanan lokal seperti halnya hardisk internal, flash disk dan lain sebagainya. Tentunya ketika data-data penting milik perusahaan dalam bisnis telah rusak atau bahkan sampai hilang, maka akan menjadi sebuah masalah yang lebih besar karena data-data tersebut juga sebagai salah satu faktor penentu utama dari sukses atau tidaknya sebuah bisnis.

  1. Menghemat banyak waktu Anda.

Salah satu manfaat lain dari penggunaan cloud storage yang berdampak sangat besar terhadap dunia bisnis adalah mampu menghemat banyak sekali waktu untuk bisa lebih fokus terhadap hal-hal lain yang lebih penting terhadap perkembangan perusahaan. Sama sekali tidak akan menyita banyak waktu Anda ketika ingin mengaksesnya, sebuah bisnis yang telah menggunakan media penyimpanan berupa cloud storage dapat mengambil dan mengirimkan data-data penting milik perusahaan dengan lebih cepat selama terkoneksi dengan internet. Sehingga Anda sebagai seorang pebisnis dengan jadwal yang sangat padat dapat semakin lebih fokus terhadap hal-hal lain yang berhubungan dengan pertumbuhan bisnis yang sedang  Anda jalankan.

  1. Semakin meningkatkan kinerja bisnis.

Ketika Anda telah menyimpan data-data penting milik perusahaan pada cloud storage, maka tidak perlu lagi untuk melakukan penyimpanan data-data menggunakan media penyimpanan lokal (hardisk eksternal/internal) dan membawanya pergi kemanapun disetiap kegiatan bisnis Anda. Karena hal seperti itu hanya akan semakin membebani Anda saja. Bandingkan dengan data-data yang sudah tersimpan dengan aman pada cloud storage yang dapat dengan mudah diakses kapan dan dimana saja selama terkoneksi dengan jaringan internet. Sehingga secara tidak langsung akan semakin mendorong pada semakin meningkatnya kinerja Anda dalam berbisnis dengan lebih efisien.

  1. Semakin memudahkan dalam hal bekerja sama.

Selain mampu untuk lebih meningkatkan kinerja dalam berbisnis, cloud storage juga dapat semakin memudahkan Anda untuk melakukan kerjasama yang lebih baik dengan rekan bisnis. Mengingat dengan menggunakan media penyimpanan tersebut dapat semakin memudahkan Anda dalam berbagi data-data penting dengan para rekan bisnis yang sedang membutuhkan data tersebut dalam setiap kegiatan bisnisnya. Hal ini menjadi suatu manfaat yang cukup mampu untuk membuat bisnis Anda agar dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien, terlebih lagi jika kegiatan dari bisnis tersebut dilakukan diluar jam kantor yang pada saat itu masih membutuhkan adanya suatu data-data penting milik perusahaan.

Dari beberapa poin-poin terkait dengan mempertimbangkan berbagai manfaat dari penggunaan cloud storage di atas, maka dapat dikatakan bahwa untuk saat ini media penyimpanan juga memiliki peranan atau fungsi yang jauh lebih luas. Hal itu sebenarnya juga berlaku dalam hal urusan bisnis, karena penggunaan data-data bisnis perusahaan merupakan hal yang sangat penting untuk dijadikan sebagai salah satu bahan evaluasi bisnis maupun untuk menunjang berbagai kemudahan dalam menjalankan sebuah bisnis.

Akan tetapi yang perlu untuk Anda ketahui bahwa dengan menggunakannya juga harus dilakukan dengan maintenance secara berkala, karena layanan tersebut telah menggunakan beberapa ratus server dalam penyimpanan data-data penting perusahaan. Selain itu, yang harus diingat adalah bahwa ketika Anda menggunakan cloud storage, maka perhatikanlah sisi keamanannya dan lebih berhati-hatilah untuk menggunakannya. Karena jika sedikit saja Anda merasa lengah, maka akun Anda akan dapat diketahui oleh orang lain, dan untuk beberapa sistem cloud storage ada yang menyediakan fitur-fitur yang dapat menjadikan orang lain mampu untuk mengakses data-data penting yang Anda miliki.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang mempertimbangkan penggunaan cloud storage sebagai media penyimpanan data-data penting milik perusahaan dan manfaatnya dalam dunia bisnis saat ini. Semoga bisa bermanfaat, anda membutuhkan informasi di atas lebih lanjut dan membutuhkan pembuatan dokumen penting bisnis anda seperti : dokumen untuk bisnis Franchice ( perjanjian kerja sama, SOP, Intruksi kerja, format-format), dokumen perusahaan (peraturan perusahaan, SOP, Flow Chart, Intruksi kerja, Bundel Formula) dan dokumen lainnya serta dialihkan ke bahasa Inggris, silahkan hubungi kami di groedu@gmail.com atau kontak kami di 081-8521172 atau 081-252-982900. Tim kami siap membantu!

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi