Jul 19

MUDAHNYA MEMULAI BISNIS DROPSHIPPING DALAM SATU MINGGU

Revolusi teknologi di awal tahun 2000-an telah secara drastis mengubah cara kita hidup, berpikir, merencanakan, dan bahkan mengembangkan hubungan. Ini terutama mengubah cara kita bekerja.
Sekarang informasi dan barang tersedia dari hampir semua sudut dunia, dan sering kali dalam hitungan detik, orang mengubah cara mereka berbisnis dan menghasilkan uang. Lama pergi adalah kebutuhan untuk pergi ke kantor fisik dan dengan itu datang godaan membuang kebutuhan untuk menjawab bos, juga.
Hampir 33 persen bisnis e-commerce menggunakan model bisnis dropshipping untuk melepaskan tanggung jawab tradisional yang menyertai menjalankan bisnis, berkat keadaan teknologi saat ini.
Tetapi hanya karena lebih mudah dari sebelumnya untuk membuka toko pengiriman drop, itu tidak berarti bahwa toko online Anda akan segera menjadi menguntungkan.
Dengan riset pasar yang cermat, pemilihan produk, dan pemasaran e-niaga, Anda dapat membuka bisnis pengiriman barang yang sukses hanya dalam waktu satu minggu.
Saya akan menguraikannya untuk Anda, mulai dari riset kata kunci yang komprehensif sebelum memilih produk hingga membuat strategi pemasaran yang efektif dan segala sesuatu di antaranya.
Pada akhir artikel ini, Anda akan dilengkapi dengan semua yang perlu Anda ketahui untuk memulai bisnis dropshipping.

Cara Memulai Bisnis Dropshipping dalam 5 Langkah Mudah
Kata-kata seperti ‘sederhana’ dan ‘mudah’ terlalu sering dilontarkan di industri ini dan saya menolak untuk melakukannya di sini. Tidak ada yang sederhana atau mudah dalam melakukan riset pasar dan menyiapkan strategi pemasaran yang sangat efektif.
Tetapi itu tidak berarti bahwa Anda tidak dapat melakukannya atau itu rumit. Itu hanya membutuhkan waktu dan usaha, yang keduanya diperlukan untuk setiap usaha yang berharga dalam hidup. Jadi, inilah lima langkah super mudah saya untuk memulai bisnis dropshipping dalam waktu seminggu.

1. Pilih Produk Niche
Meskipun tergoda untuk terjun ke tren global terbesar, yang terbaik adalah mundur dan fokus pada tren yang lebih kecil. Mengapa? Karena merek besar dengan anggaran pemasaran besar kemungkinan akan menjual produk yang sedang tren secara global, sehingga hampir mustahil bagi Anda untuk bersaing. Daripada bersaing dengan perusahaan multi-juta dolar ini, fokuslah pada produk yang memiliki sedikit persaingan dan kelompok pembeli yang berkomitmen. Itulah tepatnya ceruk pasar. Jadi bagaimana Anda menemukan ceruk pasar atau produk ceruk? Dengan melakukan sedikit riset pasar online.

Bagaimana melakukan Riset Kata Kunci
Tempat pertama untuk memulai riset pasar Anda adalah dengan riset kata kunci. Kata kunci adalah istilah dan frasa pencarian yang dimasukkan orang di seluruh dunia ke dalam mesin pencari, baik untuk menemukan informasi acak atau untuk berbelanja suatu produk. Semakin tinggi volume untuk kata kunci tertentu, maka (mungkin) semakin tinggi permintaan untuk kata kunci tersebut.
Alat penelitian kata kunci favorit saya adalah Ahrefs, yang tidak hanya menampilkan kata kunci tetapi juga semua kata kunci terkait dan persaingan relatif untuk setiap kata kunci. Ini jauh lebih komprehensif daripada Google Keyword Planner dan juga lebih mudah digunakan. Plus, itu akan berguna ketika Anda melakukan riset pesaing Anda.
Anda dapat mendaftar untuk uji coba 7 hari hanya dengan $7, yang merupakan banyak waktu untuk melakukan semua penelitian yang Anda perlukan untuk memulai bisnis pengiriman-drop Anda.

Penelitian Sosial
Setelah Anda mendapatkan ide tentang istilah pencarian mentah, ada baiknya untuk mengenal basis pelanggan potensial Anda.
Jika Anda tidak memahami pelanggan potensial Anda dan apa yang memotivasi mereka untuk membeli produk Anda, maka toko Anda mungkin juga ada dalam ruang hampa.
Penting untuk meluangkan waktu untuk memahami
• Masalah apa yang mereka coba selesaikan dengan membeli barang anda.
• Poin rasa sakit apa yang mereka alami dengan pesaing anda?
• Fitur apa yang mereka cari dalam produk.
• Tempat mereka mengumpulkan informasi tentang produk mana yang akan dibeli.

Saat Anda mengetahui dengan tepat apa yang memotivasi orang untuk membeli barang dalam ceruk pasar Anda, Anda dapat membuat seluruh toko e-commerce yang memenuhi kebutuhan mereka.
Semakin Anda dapat memenuhi kebutuhan pelanggan Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan datang ke toko Anda untuk membelanjakan uang hasil jerih payah mereka.
Proses memahami motivasi di balik perilaku pembelian mereka disebut ‘mendengarkan secara sosial’. Intip platform media sosial yang berbeda untuk mengetahui apa yang orang-orang katakan saat ini tentang item dalam niche Anda dan pengalaman mereka membeli item tersebut.
Reddit dan Quora memiliki daftar forum komunitas yang tampaknya tak terbatas di hampir semua topik dan dapat memberikan wawasan berharga tentang pengalaman pelanggan.
Grup dan halaman Facebook juga sangat membantu dalam mencoba memahami apa yang dicari orang di produk dan toko e-commerce tertentu.

Riset Pasar Pesaing
Bahkan jika Anda telah menemukan produk yang sempurna untuk dijual secara online, situs web e-niaga Anda mungkin tidak memiliki peluang melawan situs web lain yang saat ini menjual produk serupa. Karena itu, Anda benar-benar harus meluangkan waktu untuk memahami pesaing Anda.
Karena seluruh basis pelanggan Anda akan datang kepada Anda melalui internet, Anda pasti ingin tahu cara membuat situs web Anda lebih mudah ditemukan secara online, baik melalui mesin pencari atau melalui iklan berbayar. Untuk memahami hal ini, Anda harus memahami dengan tepat apa yang akan Anda lawan secara online.
Pada dasarnya, Anda perlu melihat situs peringkat teratas untuk kata kunci target Anda dan melihat kekuatan apa yang dimiliki situs-situs tersebut di belakang mereka. Dan kemudian Anda harus mencocokkan kekuatan itu atau melampauinya untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Jadi, apa kekuatan ini? Yah, itu terdiri dari beberapa hal. Mesin pencari cenderung memberi peringkat situs web yang memiliki beberapa karakteristik utama, termasuk:
• Usia relatif, atau berapa lama situs web telah ada.
• Jumlah backlink.
• Seberapa relevan konten di situs web dengan istilah pencarian.

Kami tidak bisa berbuat banyak tentang berapa umur situs web Anda dan kami akan membahas konten di situs web Anda sedikit lebih jauh di artikel ini. Jumlah backlink inilah yang perlu Anda fokuskan sekarang. Tautan balik pada dasarnya adalah bentuk pemasaran dari mulut ke mulut setiap mesin pencari. Semakin banyak situs web yang mengarah ke situs web Anda, semakin Google melihatnya sebagai situs yang dapat dipercaya. Lebih backlink berkualitas yang Anda miliki, semakin tinggi peringkat situs web e-niaga Anda. Untuk mengalahkan pesaing Anda, Anda harus memiliki backlink sebanyak atau lebih dari yang mereka miliki. Anda dapat dengan cepat memeriksa profil tautan balik situs menggunakan Ahrefs.

2. Cari Pemasok Dropshipping
Anda akhirnya mempersempit produk khusus untuk dijual di toko e-commerce Anda. Sekarang saatnya mencari supplier dropshipping yang bisa mewujudkannya. Saat Anda memilih dropshipper, cari yang menyediakan beberapa layanan berikut:
• Produk berkualitas tinggi.
• Inventaris yang beragam.
• Foto produk berkualitas.
• Layanan pelanggan yang dapat diakses.
• Menyediakan pengiriman cepat.

Ini tidak hanya akan membuat hidup Anda lebih mudah saat Anda menjalankan bisnis Anda, tetapi juga akan membantu membuat penjualan produk Anda lebih mudah. Ada banyak sekali pemasok dropshipping di luar sana, dari pemasok grosir hingga penyedia layanan dropshipping lengkap. Meskipun Anda pasti dapat terhubung langsung dengan pemasok grosir, bekerja dengan layanan dropshipping akan menghemat banyak waktu dan sakit kepala.

3. Teliti Platform Dropshipping Terbaik
Ada banyak pilihan di luar sana untuk membangun bisnis e-commerce. Pilih situs yang paling kompatibel dengan pemasok dropship pilihan Anda dan memungkinkan Anda paling fleksibel untuk optimasi mesin pencari (lebih lanjut tentang itu, nanti). Saya telah membahas opsi terbaik saat ini di pasar dan yang harus Anda lakukan adalah memilih platform e-commerce yang tepat untuk Anda. Di bawah ini adalah pilihan utama saya untuk memulai bisnis dropshipping.

Shopify
Shopify adalah salah satu platform e-niaga terbesar di dunia dan memiliki daftar aplikasi yang kuat yang membuat dropshipping menjadi mudah bahkan bagi pengusaha pemula sekalipun. Integrasi mereka yang mudah dengan aplikasi Oberlo menjadikannya pilihan yang lebih disukai bagi banyak perusahaan dropshipping.
Ini untuk Anda jika: Anda tidak mengerti secara teknis dan menginginkan dukungan layanan pelanggan penuh.

WooCommerce
Sebagai pemasar digital, WooCommerce mungkin pilihan pertama saya untuk bisnis e-commerce, dropshipping atau lainnya. Mengapa?
Karena ini adalah plugin yang mudah dipasang yang dapat digunakan dengan situs WordPress mana pun, memberi Anda kendali penuh atas konten dan struktur situs toko online Anda. Ini sangat penting dalam hal membuat situs web Anda dapat ditemukan di mesin pencari dan bahkan lebih penting lagi dalam hal desain.
Tidak hanya itu, tetapi WooCommerce akan secara otomatis mengirim pemberitahuan email ke dropshippers grosir Anda ketika pesanan dilakukan di toko WooCommerce Anda.
Mengingat WooCommerce merupakan 28 persen dari semua situs web e-niaga, Anda dapat yakin bahwa itu adalah platform berkualitas yang mudah digunakan.
Ini untukmu jika: Anda menginginkan kebebasan untuk menyesuaikan konten di situs web Anda dan memasang plugin dan aplikasi yang lebih tangguh.

BigCommerce
BigCommerce adalah alternatif platform sederhana untuk Shopify yang menawarkan beberapa fasilitas tambahan, seperti email staf tanpa batas dan tanpa biaya transaksi per pesanan. Sangat mudah untuk diintegrasikan dengan sebagian besar situs web e-commerce, menjadikannya bagus untuk pengusaha pemula.
Bergantung pada layanan dropship mana yang Anda pilih dan keterampilan teknis Anda sendiri, BigCommerce mungkin merupakan pilihan yang bagus untuk Anda.
Ini untukmu jika: Anda menginginkan antarmuka pengguna yang lebih menarik dengan opsi fitur yang lebih beragam daripada yang ditawarkan Shopify.

4. Bangun Situs yang Dioptimalkan untuk Mesin Pencari
Bahkan jika Anda telah memilih produk niche yang sempurna dan menemukan pemasok terbaik di dunia untuk mengirimkan produk Anda, semuanya akan sia-sia jika Anda tidak memiliki pelanggan untuk membelinya. Jadi langkah selanjutnya adalah membangun situs yang mudah ditemukan oleh pelanggan Anda.
Di dunia virtual dengan lebih dari 1,94 miliar situs web di internet, ini bisa menjadi tugas yang berat untuk diselesaikan sebagai pengusaha pemula. Dengan beberapa dasar Optimisasi Mesin Pencari, Anda dapat membuat toko e-commerce Anda lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan Anda. Anda mungkin pernah melihat semua buzz tentang optimasi mesin pencari, alias SEO, untuk situs peringkat teratas dan untuk alasan yang bagus.
Ini adalah satu-satunya cara untuk membuat situs web Anda dilihat oleh mata (dan dompet) yang ingin Anda jual produk Anda. Meskipun ada daftar alat dan taktik SEO yang tak terbatas untuk menentukan peringkat situs web Anda, Anda tidak benar-benar perlu menggunakan semuanya. Plus, mereka sangat memakan waktu dan seringkali mahal.
Yang Anda butuhkan hanyalah pemahaman dasar dan beberapa bagian konten yang dioptimalkan untuk membuat bola bergulir.

Memahami Pengoptimalan Mesin Pencari
Orang-orang menggunakan mesin pencari untuk memulai pada dasarnya apa pun yang mereka lakukan secara online. Dan jika Anda ingin memastikan bahwa orang-orang menemukan toko online Anda dalam prosesnya, maka Anda perlu mengoptimalkan situs web Anda dengan cara yang memungkinkan hal itu terjadi. Ini pada dasarnya adalah apa itu optimasi mesin pencari.
Mesin pencari merekomendasikan halaman berdasarkan permintaan pencarian pengguna dan algoritme yang semakin kompleks yang menganalisis kueri sedikit seperti terapis berpengalaman.
Yang saya maksud adalah, algoritma mesin pencarinya bagus. Sangat bagus. Itu tidak hanya tahu apa arti kueri penelusuran umum, tetapi juga proses pemikiran di balik orang yang memasukkan kueri penelusuran.
Kemudian, perayap mesin telusur mengikis seluruh internet untuk mencari situs web yang dapat menjawab pertanyaan itu dengan paling baik. Di sinilah toko online Anda yang dioptimalkan sepenuhnya akan menunggu.
Secara umum, mesin pencari akan menganggap situs web berguna untuk kueri penelusuran berdasarkan kata kunci spesifik yang terkait dengan kueri tersebut serta berapa banyak situs lain yang menautkannya, seperti rekomendasi virtual.
Adapun kata kunci, Anda sudah melakukan cukup banyak penelitian kata kunci ketika Anda memilih produk niche Anda, jadi Anda seharusnya sudah memiliki gagasan tentang apa yang harus disertakan di situs web Anda.
Ada tiga tempat utama di mana Anda bisa mengoptimalkan konten di situs Anda dan itulah yang harus Anda fokuskan saat menyiapkan toko e-niaga Anda.

Konten Beranda
Setiap dan semua teks di beranda Anda adalah kesempatan untuk memberi tahu Google (dan mesin telusur lainnya) tentang situs web Anda. Jadi gunakan dengan bijak. Tapi, sejujurnya, internet terlalu besar dan terlalu berantakan bagi perayap mesin pencari untuk membaca setiap kata di setiap situs web. Sebaliknya, mereka fokus pada judul halaman, deskripsi meta, dan subjudul dalam konten. Meskipun mungkin tergoda untuk memasukkan sesuatu yang kurang ajar di tag judul atau tajuk Anda, yang terbaik adalah memasukkan salah satu kata kunci teratas yang Anda targetkan untuk toko Anda. Ketika perayap melihat kata kunci target Anda di tag judul, maka perayap akan tahu persis tentang halaman Anda dalam hitungan detik. Dan itu adalah hal yang sangat bagus.
Tidak hanya itu, tag judul juga yang akan muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP). Saat pembeli potensial menelusuri SERP, mereka kemungkinan besar akan mengklik judul yang paling cocok dengan apa yang mereka cari, bukan frasa lucu namun samar yang Anda habiskan berjam-jam untuk memikirkannya.

Halaman Kategori
Setiap halaman yang menyimpan kategori produk, dengan tepat dinamai, halaman kategori. Banyak pemilik toko menyatukan produk mereka ke halaman dan kemudian membiarkan pembeli menggulirnya sendiri. Tetapi ada peluang konten yang luar biasa di setiap halaman ini yang pasti harus Anda manfaatkan. Mengapa?
Perayap mesin pencari sangat teliti dan akan memeriksa halaman kategori Anda untuk mencari petunjuk tentang halaman tersebut juga. Dan kemudian mereka akan merekomendasikan halaman ini kepada pengguna yang mencari kata kunci target Anda.

Deskripsi Produk
Deskripsi produk Anda adalah upaya terakhir Anda untuk meyakinkan Google untuk memberi peringkat pada produk dan pelanggan Anda agar membeli produk Anda. Di sinilah Anda mencantumkan fitur dan manfaat produk, dua poin utama yang dicari orang saat mereka memulai proses pembelian dan dua poin penting yang mengubah mereka dari pembeli menjadi pembeli.

5. Buat Strategi Pemasaran E-Commerce
Setelah situs e-niaga Anda aktif dan berjalan, inilah saatnya untuk secara aktif mencari pelanggan Anda dengan solid strategi pemasaran e-commerce. Karena meskipun kami ingin percaya bahwa semua pengoptimalan yang baru saja Anda lakukan akan berhasil, dibutuhkan sedikit waktu untuk membangun momentum. Ada ribuan cara untuk melakukan ini, dengan beberapa cara ini menghabiskan biaya ribuan dolar, tetapi hanya ada tiga cara yang pasti untuk menumbuhkan lalu lintas dan meningkatkan penjualan dengan anggaran rendah. Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran Anda nanti, saat Anda menghasilkan keuntungan besar dan siap untuk ekspansi. Untuk saat ini, ketiga taktik ini akan dilakukan.

Pemasaran Konten
Pemasaran konten pada dasarnya adalah gagasan untuk menggunakan semua konten di situs web dan situs web Anda dalam niche Anda untuk mendatangkan lalu lintas organik segar. Ini berada di bawah keluarga yang sama dengan optimasi mesin pencari, membuat semua dasar yang Anda lakukan dalam membangun situs web Anda sangat membantu.
Pemasaran konten umumnya dipecah menjadi dua area
• Konten di halaman– semua konten di situs web Anda, di mana Anda akan memasukkan kata kunci untuk membantu berkomunikasi dengan mesin pencari tentang situs web Anda
• Konten di luar halaman– semua konten yang tidak ada di situs web Anda yang menautkan kembali ke situs web Anda, menunjukkan kepada mesin pencari bahwa situs Anda dapat dipercaya dan dapat diandalkan

Jika Anda sudah mengoptimalkan situs web Anda seperti yang saya sarankan sebelumnya, maka pemasaran konten di halaman Anda diurutkan untuk saat ini.
Untuk konten di luar halaman, akan sangat membantu jika Anda membuat strategi backlink berkelanjutan yang dapat membantu Anda mendapatkan tautan ke toko Anda secara terus-menerus. Semakin banyak tautan yang relevan dari dalam niche Anda yang Anda dapatkan, semakin besar kemungkinan toko Anda akan mendapat peringkat untuk kata kunci target Anda.
Anda dapat melihat tautan balik ke halaman kategori mereka melalui Ahrefs dengan mengklik tombol ‘Tautan Balik’ di menu sebelah kiri. Dari sana, Anda dapat melihat situs web yang saat ini tertaut ke halaman kategorinya.

Baca juga artikel tentang : Bagaimana Ketentuan Pajak Reseller dan Dropshipper

Pemasaran media sosial
Ketika saya mengatakan pemasaran media sosial, saya tidak bermaksud bahwa Anda harus memiliki ribuan pengikut dan konten yang trendi. Hal-hal itu tentu saja membantu, tetapi tidak diperlukan untuk pemasaran. Alih-alih, fokuslah untuk memahami audiens target Anda dan mengumpulkan data tentang audiens Anda yang ada sehingga Anda dapat menempatkan iklan yang sangat efektif.
Pertama, instal piksel Facebook di situs Anda untuk mulai mengumpulkan data tentang pengguna yang mengunjungi situs Anda. Meski terdengar menyeramkan, Anda harus melakukan ini. Ini akan menunjukkan kepada Anda di mana audiens Anda berada, apa perilaku online mereka, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan situs Anda. Ini juga akan membantu Facebook menempatkan iklan Anda di halaman yang mereka kunjungi yang terkait dengan halaman Anda.
Pada dasarnya, itu melakukan semua pekerjaan kotor untuk Anda. Yang harus Anda lakukan adalah membuat konten untuk iklan. Daripada hanya meledakkan tautan ke halaman produk Anda dan satu kalimat tentang produk, luangkan waktu untuk melihat jenis iklan apa yang berfungsi dengan baik. Cari ide konten iklan dengan konversi tinggi, khususnya.
Kemudian mengujinya. Jalankan beberapa pengujian tentang iklan mana yang berkinerja lebih baik, lalu setelah Anda menemukan iklan yang sesuai untuk Anda, gandakan anggaran Anda dan biarkan berjalan.

Email Pemasaran
Pemasaran email adalah pahlawan pemasaran digital tanpa tanda jasa di mana banyak keajaiban terjadi. Tentu, dibutuhkan banyak perencanaan dan bahkan lebih banyak kreativitas, tetapi jika dilakukan dengan benar, itu sepadan dengan bobotnya dalam emas (digital).
Dengan perkiraan perolehan $44 untuk setiap dolar yang dibelanjakan, sejauh ini merupakan taktik pemasaran terbaik dengan laba atas investasi (ROI) tertinggi jika dilakukan dengan baik.
Sebuah ledakan email kepada siapa pun yang pernah memberi Anda email mereka tidak akan memberi Anda ROI sebesar, katakanlah, urutan email yang terstruktur dengan cermat yang disesuaikan dengan audiens Anda. Proses menyesuaikan email Anda dengan audiens Anda disebut segmentasi email dan dapat meningkatkan pendapatan email Anda sebesar 760 persen.
Jadi, ya. Kampanye pemasaran email yang diatur dengan cermat pasti sepadan dengan usaha Anda. Jadi bagaimana Anda menyesuaikan urutan email Anda dengan audiens Anda?
Setiap penyedia layanan email yang bagus, seperti MailChimp atau Kampanye Aktif, akan memiliki opsi segmentasi dalam platform mereka. Mereka akan meminta Anda memasang kode di situs web Anda untuk melacak perilaku pengguna dan kemudian mengatur data itu dengan cara yang berarti.
Kemudian, yang harus Anda lakukan adalah membuat urutan email dan membiarkannya berjalan secara otomatis.

Kesimpulan
Memulai dan menjalankan bisnis dropship bukanlah tugas kecil. Dibutuhkan banyak penelitian, perencanaan, dan tindak lanjut. Namun, dengan perencanaan yang matang, Anda dapat menjalankan perusahaan dropshipping dari mana saja di dunia. Dan pada saat itu, setiap langkah dari proses akan sangat berharga.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, kami membuka layanan konsultasi bisnis untuk Anda. Silahkan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi