Agu 30

OMNICHANNEL: MANFAAT LAYANAN BOPIS BAGI PERKEMBANGAN TOKO

Saat ini semakin banyak customer yang lebih memilih untuk berbelanja online, dan prioritas yang mereka pertimbangkan adalah toko mana yang memberikan layanan pengiriman gratis dan cepat.
Pergeseran dinamika ini membawa kita pada pemenuhan strategi omnichannel, lebih spesifiknya buy online pick up in-store (BOPIS). BOPIS menawarkan penjual ritel kesempatan untuk tidak hanya mengembangkan bisnis online mereka tetapi juga untuk mendorong lalu lintas di dalam toko dan pendapatan tambahan pada saat yang sama.

BOPIS adalah singkatan dari buy online, pick up in-store.
Dengan BOPIS, pembeli tidak perlu berurusan dengan biaya pengiriman, jadwal pengiriman yang lama, dan pengiriman kembali barang yang tidak sesuai atau memenuhi harapan mereka.
Pengecer di seluruh dunia mengadopsi model BOPIS untuk memenuhi harapan pelanggan. Strategi ritel populer ini memberi pelanggan yang terbaik dari kedua dunia dengan mengintegrasikan belanja online dan pengambilan langsung.
BOPIS adalah cara sempurna bagi Anda untuk mengarahkan lalu lintas pejalan kaki di dalam toko dan menjembatani kesenjangan antara pengalaman belanja tradisional dan belanja online.

Bagaimana cara kerja BOPIS?
Pengalaman berbelanja BOPIS memberi pelanggan Anda fleksibilitas untuk memilih bagaimana mereka ingin memenuhi pesanan mereka. Kenyamanan adalah kunci untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan BOPIS memungkinkan pembeli melakukan pembelian dan mengambilnya segera jika mereka mau.

Beginilah cara kerja proses belanja dan pemenuhan pesanan BOPIS:
1. Pelanggan membeli secara online, melalui situs web atau aplikasi seluler Anda
Dengan beli online, ambil di toko, sangat penting untuk menciptakan pengalaman yang nyaman dengan membiarkan pelanggan menyelesaikan pembelian mereka secara online. Selama proses checkout, pembeli harus dapat memilih waktu dan lokasi pengambilan untuk produk di keranjang mereka. Oleh karena itu tugas anda sebagai penjual adalah selalu memperbarui jumlah persediaan Anda di web atau app seluler Anda.

2. Pengecer memenuhi pesanan online
Ada dua skenario pemenuhan pesanan dengan pembelian online, pengambilan di toko secara eceran.
• Item ini tersedia di toko. Ketika pesanan tersedia di toko ritel Anda, Anda dapat menemukannya, mengambil dan mengemasnya, dan menyisihkannya untuk diambil oleh pelanggan. Anda kemudian dapat mengirim pemberitahuan melalui email atau teks, memberi tahu pembeli bahwa pesanan mereka siap diambil.
• Item tidak tersedia di toko. Jika pesanan tidak tersedia di toko ritel Anda, Anda dapat memesannya dari lokasi toko lain atau gudang Anda. Setelah tiba di lokasi penjemputan pilihan pelanggan Anda, Anda dapat mengirimi mereka pemberitahuan untuk memberi tahu mereka bahwa itu tersedia.

3. Pelanggan mengambil pesanan
Tergantung pada strategi BOPIS Anda, Anda dapat melakukan pengambilan di toko atau di lokasi pengambilan yang ditentukan. Beberapa pengecer membuat BOPIS lebih nyaman dengan menawarkan penjemputan di tepi jalan. Pelanggan dapat berkendara ke etalase Anda dan diberikan pesanan mereka saat mereka tinggal di mobil mereka.

Kesimpulan
Saat memutuskan untuk memulai BOPIS, pastikan Anda telah menyiapkan tiga persyaratan berikut untuk memberikan pengalaman BOPIS yang luar biasa: 1) situs web atau aplikasi seluler untuk pemesanan online yang dapat dengan mudah disinkronkan dengan sistem titik penjualan di toko Anda, 2) persediaan yang disinkronkan dengan web dan app, 3) dan punya setidaknya satu lokasi toko fisik.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis. Silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi