Jun 16

ORANG-ORANG YANG HARUS DIPEKERJAKAN DALAM START UP ANDA

Anda menciptakan produk atau layanan, memulai bisnis, dan akhirnya mulai menghasilkan sedikit uang – sekarang saatnya merekrut karyawan.
Orang yang Anda pekerjakan akan bergantung pada kebutuhan spesifik bisnis Anda, tetapi setiap karyawan yang Anda pekerjakan harus memiliki beberapa kualitas utama: fleksibilitas, semangat, dan kepercayaan. Berikut adalah beberapa orang yang penting untuk Anda pertimbangkan.

1. Chief executive officer (CEO) dan chief operating officer (COO)
Dua pemain paling penting dalam bisnis Anda adalah CEO dan COO. CEO biasanya adalah orang besar yang mengendalikan arah, visi, dan budaya perusahaan, sedangkan COO terutama berfokus pada operasi sehari-hari yang membuat bisnis Anda tetap berjalan.
Anda dapat merekrut secara eksternal untuk posisi ini, tetapi pendiri perusahaan biasanya memikul tanggung jawab ini.

2. Manajer produk
Manajer produk akan menjadi tujuan Anda untuk semua hal yang terkait dengan produk Anda. Anggota tim ini mengelola strategi produk, visi dan pengembangan. Mereka biasanya bekerja sama dengan tim teknik dan pemasaran untuk membuat dan memasarkan produk Anda.

3. Chief technology officer (CTO) dan VP of engineering hybrid
Anggota tim yang berspesialisasi dalam teknologi dan pengembangan sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda, terutama untuk startup teknologi. Meskipun Anda dapat mempekerjakan teknisi front-end dan back-end freelance, akan sangat berguna jika seseorang di tim internal Anda bertanggung jawab atas sektor ini. Saat tim Anda berkembang, Anda dapat membagi peran ini menjadi dua posisi terpisah.
Memiliki seseorang dengan keterampilan untuk memutuskan apa yang terbaik untuk bisnis Anda, serta mengawasi integrasi dan manajemen berbagai sistem, adalah kuncinya. Anggota tim ini juga dapat memimpin dalam membangun kehadiran online Anda. Mereka dapat membagi tanggung jawab itu dengan manajer pemasaran Anda juga.

4. Chief marketing officer (CMO) dan manajer komunitas hybrid
Anggota tim ini akan fokus pada pelanggan Anda dan bagaimana mereka melihat produk atau layanan Anda. Mempekerjakan seorang ahli dengan keterampilan pemasaran dan promosi yang sangat baik sangat penting untuk memastikan visi Anda menjangkau khalayak luas.
Mereka juga harus berinteraksi dengan pelanggan Anda dan bertindak sebagai manajer komunitas sementara untuk menjaga hubungan positif antara bisnis Anda dan konsumen. Anggota tim ini dapat bekerja dengan manajer produk untuk memasukkan umpan balik pelanggan ke dalam pengembangan produk.

5. Manajer penjualan
Anggota tim ini akan fokus untuk menghasilkan prospek baru dan menghasilkan uang untuk perusahaan Anda. Wilson mengatakan startup dan pemilik usaha kecil yang menguasai penjualan lebih dulu bertahan lebih lama.
Manajer penjualan yang terampil dengan pengalaman di industri Anda biasanya tidak memerlukan banyak pelatihan untuk menghasilkan prospek dan kesepakatan.

6. Chief Financial Officer (CFO)
Para ahli merekomendasikan agar perusahaan startup mengalihdayakan peran akuntansi dan keuangan mereka, tetapi jika Anda memiliki kemampuan untuk menyewa CFO, itu bisa sangat membantu bisnis Anda.
Sangat penting bahwa Anda memiliki seseorang di tim yang bertanggung jawab atas uang dan memiliki perhatian terhadap detail untuk mengelola semua aspek keuangan perusahaan.

Baca juga : 9 Tips Rekrutmen Bisnis Startup

7. Manajer pengembangan bisnis
Meskipun mirip dengan manajer penjualan, manajer pengembangan bisnis menemukan cara untuk mengembangkan bisnis Anda dari sudut pandang pemasaran dan penjualan. Misalnya, profesional ini mungkin berfokus pada pengembangan hubungan dengan bisnis lain untuk meningkatkan pendapatan dan potensi pertumbuhan.
Manajer pengembangan bisnis yang baik mengidentifikasi peluang bisnis baru, baik di dalam organisasi Anda maupun dengan perusahaan lain. Dalam melakukannya, mereka akan mempertimbangkan pasar baru, area di mana Anda dapat memperluas, kemitraan baru, cara untuk menjangkau pasar lain yang sudah ada, dan cara untuk menarik pelanggan target Anda.
Misalnya, mungkin pesaing menawarkan produk atau layanan yang belum Anda pertimbangkan. Manajer pengembangan bisnis Anda akan mencari cara untuk tidak hanya mengikuti penawaran mereka tetapi juga membedakan Anda dari mereka untuk menarik lebih banyak perhatian ke merek Anda.

8. Perwakilan layanan pelanggan
Layanan pelanggan adalah tugas penting yang harus dikuasai setiap bisnis. Membangun hubungan positif dengan pelanggan dan klien Anda adalah landasan merek Anda.
Tidak masalah seberapa hebat produk atau layanan Anda jika bisnis Anda tidak berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan dan kliennya. Tanpa seorang profesional yang menangani pertanyaan, panggilan, atau masalah pelanggan, reputasi Anda pasti akan terganggu. Anda akan ingin mengisi peran ini sesegera mungkin.

Akhir Kata
Fokus utama dalam peran startup adalah memperkuat hubungan internal Anda (antar karyawan) serta hubungan eksternal (antara perusahaan lain dan pelanggan atau klien).
Tanpa mengisi peran ini, perusahaan Anda tidak akan memiliki arah dan tidak memiliki kepemimpinan yang kuat. Faktanya, 65% kegagalan bisnis disebabkan oleh masalah manajemen. Itulah mengapa sangat penting untuk memulai dari atas, kemudian memperluas tim Anda saat sumber daya Anda memungkinkan.
Saat mengisi peran ini, pertimbangkan tujuan dan nilai bisnis Anda. Mendefinisikan ini memungkinkan Anda untuk menemukan kecocokan yang lebih baik dan mempersempit keterampilan dan kualitas yang Anda cari dalam pekerja. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis. Silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.
.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi