Jul 31

PELUANG USAHA DI IBU KOTA BARU KALIMANTAN TENGAH

Pulau Kalimantan secara luasan lebih besar dari Jawa, dengan tanah gambut dan tidak ada gunung kecuali bukit-bukit. Gunung Mas adalah wilayah Kalimantan Tengah yang pernah disurvey oleh presiden Jokowi untuk rencana ibu kota. Beberapa hari yang lalu pindahnya ibu kota semakin mantap ke Kalimantan Tengah diberitakan, dengan begitu akan muncul peluang bisnis baru seperti produk-produk bahan bangunan, jasa kontraktor dan kontruksi beserta jasa konsultan lingkungan. Peluang ini mestinya merembet ke perdagangan lainnya termasuk jasa-jasa yang terkait dengan pembangunan dan transportasi pindahan, pemindahan dokumen, serta banyak lainnya peluang bisnis yang tentunya bergulir seperti bola salju.

Dampak lain tentunya perpindahan penduduk, gaya hidup, mobilisasi lainnya, pendapatan daerah dan lainnya turut bergulir dan menambah peluang-peluang bisnis yang ada. Termasuk tanah sekitar Ibu kota baru menjadi terungkit secara harga sejak perpindahan bahkan sebelum perpindahan karena spekulan-spekulan. Ini adalah urutan dari dampak begitu tersebut. Bagi yang memiliki kapital cukup baik maka peluang bisnis di tempat ini akan menjanjikan, oleh sebab itu apa yang mesti kita lakukan?

Wait & see? Tentu saja tidak bagi investor yang gesit.  Sebab banyak peluang yang bisa menjadi mesin uang seperti pembukaan ritel modern bahan bangunan, consumer good, bahkan manufacturing serta Food & beverage, jadi serulah jika ibu kota benar-benar pindah.  Jadi apa yang mesti kita lakukan untuk menyongsong hal ini? Bagi yang memiliki dana segera lakukan start up berbagai bidang usaha yang mendukung infrastruktur di ibu kota yang baru. Mulailah start up bisnis dengan pendampingan sang konsultan manajemen usaha, silahkan hubungi groedu@gmail.com jika membutuhkan bantuan. @

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi