Nov 24

PENGERTIAN DAN PANDUAN MELAKUKAN PEMASARAN MODERN

Apa arti “pemasaran modern” bagi Anda? Kita semua mungkin bisa memikirkan kampanye digital yang cerdas, aplikasi inovatif, atau beberapa karya kreatif yang terinspirasi yang dibagikan di berbagai saluran.
Pemasaran modern adalah kemampuan memanfaatkan kemampuan penuh bisnis untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dan dengan demikian mendorong pertumbuhan. Di sebuah survei McKinsey baru-baru ini, 83 persen CEO global mengatakan bahwa mereka memandang pemasaran sebagai pendorong utama untuk sebagian besar atau semua agenda pertumbuhan perusahaan.
Memenuhi janji ini membutuhkan cara operasi yang sama sekali baru. Departemen pemasaran perlu diatur ulang untuk kecepatan, kolaborasi, dan fokus pelanggan. Ini bukan tentang mengubah apa yang dilakukan pemasaran dan lebih banyak tentang mengubah cara pekerjaan dilakukan. Berdasarkan kasus-kasus sukses yang telah kami lihat, kami memperkirakan bahwa membuat perubahan ini dapat membuka 5 hingga 15 persen pertumbuhan tambahan dan memangkas 10 hingga 30 persen dari biaya pemasaran. Lalu bagaimana tahapan untuk memulainya?

1. BERPIKIR SEPERTI PEMASAR MODERN
Sebelum memulai transformasi pemasaran modern, ada tiga perubahan pola pikir yang diperlukan untuk memungkinkan perubahan.
• Pola pikir pemersatu. Untuk mendorong pertumbuhan, para pemimpin pemasaran harus bekerja secara kolaboratif dengan berbagai bidang perusahaan, mulai dari penjualan dan inovasi produk hingga keuangan, teknologi, dan SDM.
• Pola pikir yang berpusat pada pelanggan. Mendahulukan pelanggan bukanlah ide baru, tentu saja. Yang berbeda saat ini adalah bahwa para pemasar memiliki bukti tegas bahwa memenuhi kebutuhan pelanggan menciptakan nilai dan memberikan keunggulan kompetitif. Pemasar modern juga harus menyadari tantangan kompleksitas dan skala yang harus mereka hadapi untuk mencapai customer-centricity.
• Pola pikir pengembalian investasi (ROI). Saluran digital dan peningkatan dalam analitik dan ilmu data sekarang memungkinkan dan perlu bagi pemasar untuk bertanggung jawab dalam memberikan nilai di semua saluran. Untuk beroperasi dengan pola pikir ROI, setiap orang perlu beroperasi seolah-olah uang yang mereka keluarkan adalah milik mereka sendiri. Ini berarti memantau investasi dengan cermat, menetapkan standar untuk mengidentifikasi investasi yang tidak menghasilkan nilai, dan menciptakan budaya akuntabilitas di mana investasi yang berkinerja buruk dihapuskan. Kekakuan keuangan seperti itu tidak hanya akan membantu pemasaran memenuhi mandatnya sebagai pendorong pertumbuhan; itu juga akan membangun kredibilitas dengan CFO, membuka investasi tambahan, dan menunjukkan nilai pemasaran ke seluruh perusahaan.

Baca juga artikel tentang : 15 Taktik Pemasaran Online Efektif untuk Bisnis Kecil dengan Anggaran Rendah

2. BEROPERASI SEPERTI PEMASAR MODERN
Untuk memodernisasi kemampuan pemasaran, organisasi pemasaran perlu meningkatkan kunci pendukung operasional yang mendasarinya.
Untuk mendukung perilaku pemasaran modern, perusahaan dapat melakukan beberapa tindakan praktis, antara lain sebagai berikut:
• Mendorong keberhasilan kelompok. Karena memberikan nilai kepada perusahaan adalah olahraga tim lintas fungsi, organisasi pemasaran memerlukan budaya yang berfokus tidak hanya pada pencapaian individu tetapi pada tujuan bersama, kinerja tim, dan akuntabilitas. Ini berarti mengubah cara organisasi pemasaran menghargai, mengakui, dan mengevaluasi bakat, seperti penyertaan indikator kinerja utama tim lintas fungsi (KPI) yang terkait dengan kompensasi individu. Bakat terbaik juga harus merasakan tujuan dan motivasi, yang berasal dari lingkungan yang memberikan energi dan antusiasme. Semua ini tidak terjadi secara kebetulan.
• Tingkatkan wawasan dan analitik konsumen. Karena pola pikir yang berpusat pada pelanggan dan ROI sangat penting bagi pemasar modern, wawasan dan analitik pelanggan tidak dapat menjadi fungsi pendukung dalam pemasaran. Dalam organisasi pemasaran modern, mereka akan memiliki peran yang menonjol dan terlihat dan pemimpin yang melapor langsung ke CMO. Ini berfungsi sebagai pengingat bahwa suara dan perilaku pelanggan harus menjadi pusat dari segalanya dan bahwa tidak ada kegiatan pemasaran yang harus dilakukan tanpa dukungan wawasan yang relevan dan kemampuan untuk mengukur kinerja.
• Mempercepat operasi pemasaran. Operasi pemasaran adalah fungsi tulang punggung, penting bagi organisasi pemasaran modern untuk bergerak dengan kecepatan dan fleksibilitas. Untuk memastikan bahwa pengeluaran pemasaran, teknologi, dan proses semuanya dikelola untuk memberikan dampak dan efisiensi maksimum, perusahaan terbaik telah memasang pemimpin operasi pemasaran, juga melapor ke CMO.

Karena laju perubahan di pasar terus meningkat, menjadi organisasi pemasaran modern harus menjadi prioritas “sekarang”. Para pemimpin yang tidak yakin tentang perlunya bergerak secara agresif menuju model baru ini mungkin akan mengalami dua peristiwa yaitu bangkrut secara perlahan atau bangkrut secara tiba-tiba.
Anda menginginkan informasi lebih detil perihal pemasaran modern? Atau Anda membutuhkan profesional untuk melakukan pemasaran modern pada bisnis Anda? Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi