Okt 15

PENTINGNYA MEMBANGUN POLA TRANSPORTASI YANG EFEKTIF DALAM BISNIS

Bertemu kembali dengan kami tim GroEdu International Consultant  (Lembaga Konsultan bisnis yang sudah dipercaya oleh berbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar dan kota besar lainnya). Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang “Pentingnya Membangun Pola Transportasi Yang Efektif Dalam Bisnis”.
Transportasi adalah kontributor utama bagi ekonomi dan kekuatan kompetitif dalam bisnis. Ini adalah aktivitas yang secara fisik menghubungkan bisnis ke mitra rantai pasokannya, seperti pemasok dan pelanggan, dan merupakan pengaruh besar pada kepuasan pelanggan dengan perusahaan. Transportasi adalah salah satu kegiatan ekonomi yang paling vital untuk bisnis. Dengan memindahkan barang dari lokasi di mana mereka bersumber ke lokasi di mana mereka diminta, transportasi menyediakan layanan penting untuk menghubungkan perusahaan dengan pemasok dan pelanggannya.


Transportasi terkadang disalahkan atas ketidakmampuan perusahaan untuk melayani pelanggan dengan baik. Pengiriman yang terlambat dapat menjadi sumber masalah dan keluhan layanan. Produk mungkin juga mengalami kerusakan saat dalam perjalanan, atau pekerja gudang mungkin memuat barang yang salah di lokasi pengiriman. Hal-hal seperti itu yang menyebabkan ketidakpuasan pelanggan dan akan berpikir dua kali untuk kembali membeli produk.
Namun, ketika sebuah perusahaan melakukan pengiriman tepat waktu dengan pengiriman lengkap dan tidak rusak secara konsisten, ini dapat menanamkan kepercayaan pelanggan dan mendapatkan bisnis untuk perusahaan. Ketika perusahaan menanamkan kepercayaan pada kinerja layanan, tentu akan memberikan rasa puas dan akan menjadi pelanggan yang loyal.
Selain konsekuensi layanannya, transportasi juga dapat mewakili biaya besar untuk bisnis. Biaya transportasi terkadang dapat menentukan apakah transaksi pelanggan menghasilkan untung atau rugi untuk bisnis, tergantung pada biaya yang dikeluarkan dalam menyediakan transportasi untuk pesanan pelanggan. Moda transportasi yang lebih cepat umumnya lebih mahal daripada moda yang lebih lambat. Jadi, meskipun pengiriman pesanan ke luar negeri dengan pesawat jauh lebih cepat daripada mengangkut dengan kapal, biayanya sebanyak 20 kali lebih banyak. Perbedaan biaya semacam itu mungkin tidak membenarkan penggunaan cara transportasi barang yang lebih cepat.
Oleh karena itu, manajer rantai pasokan harus dengan cermat mempertimbangkan biaya pengiriman barang ketika menentukan apakah akan memindahkan produk dan bagaimana cara memindahkan produk dengan cara yang paling ekonomis. Sehingga penting bagi anda sebagai pelaku bisnis untuk mengetahui dasar-dasar untuk operasi transportasi, termasuk survei moda transportasi, ekonomi transportasi, dan berbagai penyedia layanan transportasi.
Penerapan strategi transportasi sangat perlu dilakukan oleh anda sebagai pelaku bisnis. Karena jika tidak, kelangsungan bisnis anda bisa terancam. Beberapa aspek bisnis pun bisa terpengaruhi oleh aktivitas transportasi, misal lama waktu pengiriman, pembiayaan selama proses pengiriman, serta dan kualitas produk.
Demikian artikel kami tentang transportasi dalam dunia bisnis. Terimakasih atas kunjungan anda dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Jika ingin mengetahui lebih detil tentang artikel ini, konsultasi strategi transportasi atau supply chain management pada bisnis anda atau distributorship management dan pelatihan distributorship management. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung hubungi kami dengan nomor Whatsapp 081-252-982900. Kami siap membantu.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi