Agu 12

PENTINGNYA PENDIRIAN BADAN HUKUM SUATU BISNIS

Memiliki badan hukum merupakan dasar penting saat seorang akan membangun suatu bisnis. Keberadaan sebuah bisnis yang berbadan hukum baik itu dalam skala kecil, menengah atau, besar akan melindungi perusahaan dari segala tuntutan akibat aktivitas yang dijalankan oleh perusahaan tersebut, serta memperluas peluang keuntungan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Meski begitu, dalam pengadaan suatu bisnis tidak semua diwajibkan bagi seorang Pengusaha untuk mendirikan sebuah badan hukum. Ini adalah pilihan bagi mereka. Tapi untuk perusahaan tertentu diwajibkan untuk memiliki, seperti bank, rumah sakit, penyelenggara satuan pendidikan formal.

Memutuskan untuk memiliki perusahaan yang berbadan hukum memang membutuhkan modal dan proses yang cukup ekstra. Inilah penyebab mengapa beberapa bisnis atau usaha di Indonesia yang masih menunda perihal legalitas dan kelengkapan dokumen perusahaan mereka. Namun sesuai dengan prosesnya yang ekstra, mendirikan badan hokum akan memberikan banyak keuntungan oleh pemilik usaha diantaranya adalah sebagai berikut.

Memiliki Perlindungan Hukum
Sebuah perusahaan yang tidak memiliki dasar hukum karena suatu kondisi tertentu dapat dituntut atau dihentikan usahanya kapan saja, hal ini tentu saja sangat mengancam. Memiliki badan usaha berupa Perseroan Terbatas (PT), sebuah perusahaan akan disetujui, diakui, dan tertera pada daftar perusahaan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Hal Ini berarti, nama perusahaan ini tidak akan digunakan oleh perusahaan lain.

Memperjelas Pemisahan antara Harta Pribadi dan Perusahaan
Badan hokum seperti PT (Perseroan Terbatas) memiliki syarat pemisahan harta. Jadi, pengelolaan keuangan perusahaan pun akan lebih baik, teratur, dan memiliki batas yang sangat jelas. Ini pun akan memungkinkan pemilik bisnis untuk memiliki tabungan sendiri di bank atas nama perusahaan. Juga mendapatkan pembagian keuntungan sesuai dengan yang sudah ditetapkan. Hal ini akan mempermudah proses penjualan dan pembagian saham di kemudian hari.

Mendukung Profesionalisme pada Perusahaan
Tanpa landasan hukum yang jelas, bisa saja akan banyak konsumen yang meragukan kualitas layanan atau produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan tersebut. Tentu saja, konsumen akan lebih memilih perusahaan yang profesional dan bonafide. Karena sudah terdaftar di Kemenkumham, ini berarti Anda sudah memenuhi syarat sebagai perusahaan resmi. Dengan begitu, tingkat kepercayaan konsumen pada perusahaan Anda pun akan bertambah.

Memudahkan Perusahaan untuk Mendapatkan Modal Tambahan
Ke depannya seiring berkembangnya suatu bisnis, bisa saja dan sangat memungkinkan bagi pemilik bisnsi untuk membutuhkan tambahan modal guna memperbesar skala bisnis perusahaan. Dalam hal ini, memiliki kelengkapan legalitas usaha akan sangat membantu untuk mengajukan tambahan modal dari bank, atau mengundang investor dari dalam dan luar negeri. Secara otomatis, kreditur seperti bank akan lebih percaya untuk memberikan pinjaman jika debitur memiliki badan usaha yang jelas.

Demikian beberapa manfaat atau keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan dengan memiliki badan hukum. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dan ini tentu akan sangat membantu suatu perusahaan untuk terus mampu mengembangkan skala bisnisnya. Dan jika saat ini anda tengah menginginkan bantuan atau pendampingan untuk mendirikan badan hukum pada bisnis Anda, atau meninginkan informasi lebih terkait info cara mendirikan badan hukum. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor wa 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi