Sep 06

PERENCANAAN STRATEGIS UNTUK MEMPROMOSIKAN KESUKSESAN APOTEK


Hampir setiap organisasi bisnis, termasuk organisasi nirlaba, memiliki rencana strategis. Rencana strategis membantu memastikan bahwa organisasi melakukan hal yang benar sekarang dan di masa depan. Perencanaan strategis adalah jenis perencanaan yang menyeluruh, dengan perencanaan operasional, bisnis, sumber daya, organisasi, dan kontinjensi yang dimasukkan di bawahnya.
Perencanaan strategis sering dilakukan dengan mempertimbangkan masa depan, biasanya setidaknya beberapa tahun sebelumnya. Ini termasuk mendirikan atau mengubah misi dan visi organisasi, serta tujuan strategis keseluruhannya. Selanjutnya, perencanaan strategis sebenarnya membantu mendefinisikan bisnis. Misalnya, apotek dapat memutuskan apakah itu dalam bisnis penjualan obat-obatan yang relatif sempit atau dalam bisnis kesehatan dan kebugaran yang lebih luas. Ini akan membantu untuk menentukan kompetisi dan membangun kerangka kerja untuk pengambilan keputusan. Rencana strategis yang terlalu sempit dapat mengakibatkan bisnis menjadi usang atau kehilangan pelanggan, terkadang agak cepat. Perencanaan harus diberikan waktu dan sumber daya yang tepat untuk proses itu sendiri; jika tidak, itu hanya membuang-buang waktu.

Baca juga artikel tentang : Merapikan Manajemen Penjualan Pedagang Besar Farmasi

Pemilik dan manajer apotek, tergantung pada ukuran organisasi mereka serta pangkat dan jabatan mereka, mungkin terlibat dalam beberapa tingkat perencanaan strategis. Bukti dalam literatur di antara perawatan kesehatan dan semua jenis organisasi lainnya sangat menunjukkan keberhasilan yang lebih besar ketika perencanaan strategis formal diimplementasikan. Semua apoteker, terutama yang bercita-cita untuk menaiki tangga perusahaan atau menjadi inovator untuk mengembangkan layanan atau model bisnis baru, sebaiknya mempelajari lebih lanjut tentang prosesnya.
Ketika perusahaan farmasi merencanakan masa depan, mereka harus terlebih dahulu memilih antara cara atau pendekatan untuk melayani segmen pasien yang berbeda secara konsisten. Seperti membangun pusat kesehatan ritel yang berfokus pada individu yang sehat dan berisiko dan yang memberikan berbagai layanan kesehatan dan kebugaran, seperti penilaian risiko kesehatan, konseling, program berhenti merokok, dan pelacakan faktor risiko yang berkelanjutan. Fungsi pemeliharaan kesehatan ini dapat dilaksanakan dalam kemitraan dengan pemberi kerja dan pembayar pemerintah yang berupaya mengelola kesehatan populasi besar. Pendekatan ini juga dapat meluas ke domain nutrisi dan manajemen berat badan yang berdekatan, kesejahteraan, serta produk dan layanan kecantikan. Perusahaan produk konsumen dapat bermitra dengan apotek untuk memberikan proposisi nilai yang menarik di bidang ini.
Setelah setiap perusahaan farmasi menentukan segmen pasien yang ingin difokuskan, perusahaan perlu menentukan sejauh mana ia akan berintegrasi ke dalam sistem perawatan kesehatan. Kami melihat munculnya dua model potensial.
Model pertama adalah menciptakan jaringan bayangan, atau paralel, di mana beberapa perusahaan farmasi akan menyatukan serangkaian situs berbasis pengecer dan pemberi kerja yang kohesif di mana mereka menawarkan berbagai produk dan layanan, memberikan waktu tunggu yang lebih singkat bagi individu. dan biaya perawatan yang lebih rendah bagi pemberi kerja. Jaringan ini akan independen dari sistem pemberian perawatan tradisional, mengandalkan sistem konvensional untuk resep tetapi berusaha menggantikannya untuk sebagian pasien dengan kebutuhan kesehatan yang terbatas.
Model kedua adalah bagi perusahaan farmasi untuk bergerak ke arah yang lebih terintegrasi dengan sistem yang ada, daripada beroperasi secara paralel dengannya. Dengan dukungan dokter yang memadai, jaringan hibrida dapat muncul, dengan apotek berfungsi sebagai pos ritel yang dapat diakses untuk sistem perawatan kesehatan besar. Dalam peran ini, apotek akan melakukan fungsi triase, menawarkan perawatan dasar untuk beberapa dan merujuk sisanya ke dokter atau spesialis perawatan primer mereka. Karena apotek menghasilkan lalu lintas untuk dokter melalui rujukan, sistem kesehatan akan menghasilkan lalu lintas untuk apotek dengan mengarahkan pasien ruang gawat darurat mereka ke sana untuk layanan yang cepat, berkualitas tinggi, dan hemat biaya.

Semoga artikel bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silahkan hubungi kami di nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi