Jul 28

PERKEMBANGAN ONLINE SHOP DI INDONESIA

Pada Kesempatan kali ini Konsultan Manajemen Groedu International Consultan akan kembali berbagi Informasi mengenai beberapa online shop di Indonesia. Berikut dibawah ini penjelasannya.

OLX
OLX yang sebelumnya bernama Toko Bagus.com dan berniaga.com. merger tersebut dilakukan pada 14 November 2014.
OLX merupakan sebuah program iklan baris terbesar di dunia yang menyediakan sebuah sarana jual beli dimana tingkat pertumbuhannya mulai hingga saat ini menunjukan kinerja tinggi serta dinamis. OLX berperan mempertemukan masyarakat penjual dengan pembeli. OLX juga menyediakan sarana untuk tukar menukar barang bekas atau jasa. Dengan kemudahan yang ditawarkan yakni hanya dengan mengunggah iklan melalui telepon atau dekstop.
Pengunjung marketplace ini cukup banyak dan bertumbuh seiring dengan bertambahnya kebutuhan. Hampir lebih dari ratusan juta masyarakat lokal memanfaatkan OLX untuk membeli atau menjual barang, misal seperti komputer, ponsel, perabot rumah tangga, kendaraan bermotor, properti, perlengkapan olahraga, jasa, dsb.
OLX memiliki misi utama yakni OLX meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan meningkatkan koneksi antara penjual dengan pembeli melalui pertukaran yang saling menguntungkan. Keuntungan bagi penjual misalnya penjual dapat dengan mudah mengunggah iklan barang dagang yang pada akhirnya dapat menghasilkan uang tambahan. Barang yang diunggah dapat barang baru maupun barang yang tidak digunakan lagi. Sementara bagi pembeli, mereka mendapatkan barang yang lebih berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

Jualo
Jualo merupakan salah satu platform jual beli online lainnya seperti lazada, tokopedia, olx, atau bukalapak. Fokus utama dari pada toko ini yakni menyediakan sarana dan prasarana untuk penjual dan pembeli barang bekas. Pada tag situsnya pembaca akan menemui profil singkat situs ini, namun situs online ini juga menyediakan trasaksi jual beli barang baru. Jika anda menginginkan barang baru anda juga bisa mengunjungi onlin shop satu ini.
Alamat Jualo di Jl. S. Parman kav 62-63 Slipi tepatnya tepatnya Wisma Barito Pacific Lantai 6A. Kota Jakarta. Situs Jualo.com merupakan situs yang didirikan oleh PT. Jualo.
Pendiri jualo juga merupakan pemilik yayasan Peduli Anak (YPA) di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pendirian yayasan itu bermula dari cita-citanya untuk mendirikan yayasan bagi anak-anak jalanan. Kemudian ia mendapatkan donasi setelah tampil pada acara TV. Dari situlah ia membeli tanah seluas 1,5 h di Lombok yang akhirnya didirikan untuk Yayasan yang terdiri dari dua sekolah dasar, sekolah keterampilan, asrama (panti), mushola, klinik, kantor, dan kolam renang.
Situs Jualo sama seperti halnya situs olx, bukalapak dan tokopedia yang mengusung e-commerce dengan jenis C2C yaitu Customer to Customer. Untuk mempermudah para pengguna Jualo bertransaksi, Jualo melakukan kerja sama dengan Kredivo. Memudahkan pembeli memiliki barang namun dana belum tercukupi.
Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Jualo yakni Fitur Jualo Dompet. Fitur memudahkan anda melakukan transaksi di Jualo. Jualo Dompet merupakan salah satu dompet virtual (e-wallet) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan uang hasil transaksi penjualan (remit) dan hasil pengembalian (refund).

Berikut dibawah ini manfaat Jualo Dompet:
• Mempersingkat waktu proses pengembalian dana (refund).
• Mempersingkat waktu transfer dana ke penjual (remit).
• Menyediakan alternatif pembayaran agar lebih mudah & cepat.

Mekanisme dari fitur ini adalah ketika Toko Online anda mendapatkan omset maka hasil uang tersebut tidak langsung masuk ke nomor rekening Anda tetapi uang tersebut akan di simpan untuk sementara di akun Jualo Dompet miliki anda. Ketika anda menginginkan uang dari rekening anda, anda bisa dengan mudah mencairkan dana dari akun Jualo Dompet ke akun rekening Bank anda dengan syarat bahwa jumlah minimal yang tersedia di akun jualo tidak kurang dari serta penarikan dibatasi karena hanya bisa diperbolehkan satu kali sehari.
Catatan : saat ini disruption terjadi dimana-mana, beberapa merek Internasional ada 10 perusahaan yang tahun ini di Amerika yang menutup gerai-gerainya dan di Indonesia group Hero menutup beberapa gerainya. Bukan karena didesak oleh penjualan Online, tetapi rata-rata membuat format baru dalam berbisnis. Mereka umumnya mulai menggabungkan penjualan On line dan off line yang disebut dengan Omni Channel. Pelajari Omni Channel di sini. Oleh sebab itu tuai konsep baru ini untuk menyambut perubahan yang tidak menentu.

Terima kasih telah berkunjung ke website kami, itulah sedikit penjelasan mengenai online shop di indonesia. Apabila pembaca membutuhkan konsultasi manajemen, membutuhkan pembenahan Standar Operational Procedure (SOP) perusahaan dan butuh Accounting Software, serta strategi Omni Channel, silahkan pembaca dapat menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 / 081-8521172. Kami siap membantu anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi