Sep 23

PERTANYAAN YANG PERLU ANDA JAWAB SEBELUM MEWARALABAKAN BISNIS ANDA

Apakah bisnis kecil Anda menguntungkan dan berkembang? Apakah Anda terus-menerus membuat pelanggan luar kota bertanya-tanya kapan Anda akan membuka lokasi di lingkungan mereka? Apakah Anda diam-diam agak bosan menjalankan hanya satu, lokasi operasi yang lancar dan ingin merasakan kegembiraan hari-hari startup Anda lagi?
Jika jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan ini adalah “Ya”, mungkin Anda siap untuk mewaralabakan bisnis Anda—kata kuncinya adalah “mungkin”. Untuk melihat apakah Anda benar-benar dalam posisi untuk waralaba, tanyakan pada diri sendiri enam pertanyaan ini:

1. Apakah saya memiliki sistem standar yang diperlukan untuk mewaralabakan bisnis saya (atau dapatkah saya membuatnya)?
Untuk mewaralabakan bisnis, Anda memerlukan sistem dan proses operasional yang dapat distandarisasi untuk menyediakan produk atau layanan yang konsisten oleh semua pewaralaba. Standarisasi juga diperlukan untuk melatih franchisee baru dan karyawannya. Misalnya, jika Anda memiliki toko es krim, apakah Anda memiliki sistem tertulis yang merinci semua langkah melayani pelanggan, seperti
• Bagaimana dan kapan mencuci sendok es krim
• Apakah akan memakai sarung tangan terlebih dahulu
• Berapa banyak es krim, saus hot fudge, topping, dan bahan lain yang harus digunakan (seperti “satu sendok penuh” atau “seperempat cangkir”)

Detail kecil inilah yang dapat membuat atau menghancurkan kesuksesan dan profitabilitas waralaba. Jika franchisee yang berbeda menyajikan es krim secara berbeda, Anda dapat mengalami masalah berikut:
• Kerucut es krim dan sundae Anda tidak akan konsisten, yang akan berdampak negatif pada reputasi merek Anda. Satu lokasi mungkin menyajikan banyak sendok es krim, sementara yang lain mungkin berhemat.
• Lokasi mana pun yang tidak konsisten dalam mengukur dan menimbang bahan akan menghasilkan lebih sedikit keuntungan.
• Kecuali ada proses standar untuk melayani, pelanggan mungkin menunggu lebih lama, yang merugikan pengalaman pelanggan.

Bahkan sebelum Anda berpikir tentang waralaba, Anda juga harus memiliki buku pegangan karyawan dan manual operasi dan menggunakannya secara konsisten.

Baca juga artikel tentang : 8 Cara Jitu agar Bisnis Anda Bisa Berkembang

2. Apakah bisnis saya bergantung pada kehadiran pribadi saya?
Ini merupakan tantangan bagi banyak bisnis jasa, terutama yang dimulai sebagai perusahaan satu orang. Misalnya, jika Anda seorang desainer grafis atau penata rambut berbakat, klien mungkin hanya ingin bekerja dengan Anda—bukan karyawan Anda, yang mereka anggap kurang terampil. Tidak mungkin untuk waralaba dengan hanya satu dari Anda.
Jika Anda memiliki masalah ini, Anda dapat membuka jalan untuk waralaba dengan melatih karyawan untuk memberikan layanan yang sama seperti yang Anda lakukan (buat manual operasi untuk mengajari mereka). Selanjutnya, mulailah memudahkan pelanggan Anda untuk bekerja dengan karyawan Anda alih-alih dengan Anda. Beberapa cara untuk melakukannya adalah dengan membebankan biaya lebih untuk layanan pribadi Anda dan lebih sedikit untuk layanan yang diberikan oleh karyawan (seperti yang sering dilakukan oleh pemilik salon rambut) atau dengan meminta karyawan menangani semua pelanggan baru Anda sementara Anda tetap melayani “pelanggan tetap” Anda.

3. Apakah saya siap untuk mengikuti semua aturan dan peraturan untuk mewaralabakan bisnis?
Waralaba sarat dengan birokrasi dan diatur oleh undang-undang negara bagian dan federal untuk melindungi pemegang waralaba. Aturan Waralaba FTC mengharuskan pemilik waralaba untuk memberikan Dokumen Pengungkapan Waralaba kepada calon pewaralaba sebelum membeli waralaba. Dokumen hukum ini sering mencapai ratusan halaman. Ini memberikan informasi rinci tentang 23 aspek dari penawaran waralaba, termasuk:
• Biaya awal dan berkelanjutan
• Setiap litigasi di mana pemilik waralaba telah terlibat
• Latar belakang pemilik waralaba dan karyawan utamanya
• Daftar franchisee dan lokasi saat ini dan sebelumnya
• Laporan keuangan senilai tiga tahun
• Kewajiban Anda sebagai pemilik waralaba (seperti memberikan pelatihan atau dukungan periklanan)
• Bagaimana pembaruan, penghentian, transfer, dan penyelesaian sengketa waralaba akan ditangani

Mengumpulkan semua informasi ini dan menyiapkan dokumen memakan waktu. Ini juga membutuhkan bantuan hukum, yang dapat dengan cepat bertambah. Jika Anda tidak memiliki kesabaran (atau keuangan) untuk memenuhi persyaratan hukum untuk menjual waralaba, ini belum waktunya untuk waralaba.

4. Apakah ada pasar untuk ide bisnis saya di luar lokasi saya?
Bisnis yang bekerja di satu kota atau negara bagian tidak selalu diterjemahkan ke bagian lain negara di mana konsumen tidak terbiasa dengan konsep tersebut. Misalnya, es serut Hawaii mungkin akan sulit dijual di Montana, dan toko bagel membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk pindah dari New York dan mengejar ketinggalan di Midwest. Sebelum Anda mencoba waralaba, lakukan pekerjaan rumah Anda untuk mempelajari:
• Apakah yang saya jual familiar di daerah lain di negara ini, atau apakah saya harus mengedukasi konsumen tentang konsep saya?
• Apakah ada pasokan yang baik dari basis pelanggan target saya di tempat lain di negara ini?
• Apakah ada pasokan franchisee potensial yang baik di area yang saya pertimbangkan? Sebuah konsep yang membutuhkan pengalaman manajemen kerah putih mungkin menemukan lebih banyak pewaralaba di wilayah metropolitan daripada pedesaan.

5. Apakah bisnis saya sukses secara finansial?
Memiliki satu lokasi yang menguntungkan hanyalah permulaan. Secara umum, yang terbaik adalah memiliki setidaknya tiga lokasi yang sukses dan berjalan dengan menguntungkan sebelum Anda mengambil langkah untuk mewaralabakan bisnis. Proses membuka dan menjalankan beberapa lokasi akan memberi Anda ide bagus tentang apa yang terlibat dalam membuka waralaba dan membantu mereka sukses.
Kantong yang dalam juga diperlukan untuk:
• Lengkapi semua dokumen hukum yang diperlukan
• Pasarkan konsep Anda kepada calon pewaralaba
• Pekerjakan tenaga penjual untuk menjual waralaba
• Berikan pelatihan dan dukungan berkelanjutan untuk franchisee Anda

Ini bisa menghabiskan biaya ratusan ribu dolar atau lebih. Jika Anda tidak dapat membiayai ini secara internal, mencari pinjaman bisnis untuk melakukannya akan memberi Anda gambaran yang baik tentang apakah impian waralaba Anda realistis atau tidak.

6. Apakah saya menikmati manajemen?
Jika aspek langsung dari bisnis Anda adalah apa yang membuat Anda terus berjalan, Anda mungkin akan terkejut saat membuat waralaba. Anda tidak akan lagi mengelola operasi sehari-hari di satu lokasi. Sebaliknya, Anda akan lebih seperti manajer perusahaan, menangani tugas-tugas seperti:
• Mencari wilayah baru untuk ekspansi waralaba
• Membuat rencana pemasaran untuk waralaba Anda
• Bertemu dengan calon franchisee
• Melatih franchisee baru
• Memberikan dukungan berkelanjutan untuk pewaralaba baru

Jika gagasan untuk mengambil peran berorientasi manajemen membuat Anda takut, bersiaplah untuk mempromosikan atau mempekerjakan seorang manajer yang dapat bertanggung jawab atas operasi waralaba Anda. Silahkan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi