Mei 11

PROMOSI PRODUK KERAJINAN LOKAL

Dalam usaha kerajinan lokal, promosi merupakan sebuah strategi yang perlu dilakukan karena promosi bermanfaat untuk menginformasikan serta memengaruhi target konsumen untuk membeli produk kerajinan local Anda. Promosi penting untuk dilakukan agar calon konsumen tertarik untuk melakukan pembelian produk barang atau jasa yang ditawarkan.
Promosi sendiri merupakan pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu. promosi juga dapat disebut dengan segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga.

Tujuan dan Manfaat Promosi Berikut adalah
• Memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan maupun calon pelanggan
• Meningkatkan angka penjualan
• Membangun loyalitas konsumen

Promosi bisnis memang sangat penting karena memengaruhi hasil penjualan suatu produk atau barang, dan tentunya hal tersebut sangat berdampak besar terhadap berlangsungnya aktivitas suatu perusahaan. Berikut ini merupakan beberapa manfaat lain dari adanya kegiatan promosi :
• Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen
• Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk
• Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai ke konsumen
• Mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen
• Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya

Seorang pengusaha kerajinan local juga harus mengetahui beberapa strategi penjualan untuk meningkatkan popularitas produk yang dihasilkan. Beberapa teknik promosi yang dapat dilakukan untuk usaha kerajinan di antaranya yaitu:
1. Memberikan kupon diskon atau gift yang dapat disertakan atau dilampirkan pada produk, atau diselipkan dalam iklan di majalah dan koran. Kupon agar efektif sebaiknya memberikan potongan harga 10% sampai 50%.
2. Memberikan Potongan harga, Teknik ini dilakukan dengan memberikan potongan harga langsung di tempat pembelian, biasanya potongan harga berkisar dari 15%-45%.
3. Promosi special, Teknik ini dilakukan dengan memberikan barang dengan biaya yang relatif rendah atau gratis sebagai insentif untuk membeli produk-produk tertentu.
4. Kontes dan Undian Teknik promosi yang dilakukan dengan memberikan hadiah berupa tawaran kesempatan untuk memenangkan uang tunai, perjalanan atau barang-barang karena telah membeli sesuatu, sehingga dapat kesempatan untuk memenangkan undian tersebut.
5. Pemberian contoh produk Merupakan teknik promosi dengan memberikan penawaran gratis untuk sejumlah produk atau jasa. Hal tersebut dapat dikirim dari rumah ke rumah, dikirim lewat pos, diambil di toko, disertakan pada produk lain atau diterlibatkan dalam suatu penawaran iklan. Pemberian contoh produk merupakan cara yang paling efektif dan paling mahal untuk memperkenalkan suatu produk baru.

Selain itu, pengusaha kerajinan juga dapat memulai strategi promosi yang sesuai dengan era digital seperti sekarang ini. Berikut ini merupakan cara yang dapat Anda lakukan sebagai strategi promosi usaha kerajinan local Anda, yaitu:

1. Membuat Website atau Toko Online
Memiliki website ibarat memiliki sebuah toko atau tempat bisnis tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa dan memikirkan lokasi yang strategis.

2. Menggunakan Media Sosial
Dengan berkembangnya teknologi komunikasi secara global, sosial media merupakan salah satu alat komunikasi dan strategi promosi produk yang perlu dimiliki para pengusaha maupun calon pengusaha. Hal ini diperlukan untuk menjembatani antara pelaku bisnis dan pembeli atau calon pembeli agar terjalin komunikasi dengan mudah, cepat, dan efisien.

3. Membuat Channel Youtube
Youtube menjadi media yang sangat mungkin untuk dijadikan bahan promosi, hal ini pula yang menginspirasi strategi promosi masa kini menggunakan gambar bergerak berupa animasi, motion graphic hingga vlog. Membuat tampilan promosi dengan menggunakan media video dirasa sangat efektif dan memiliki dampak yang signifikan dan tentunya dalam platform youtube ini kalian tidak memerlukan biaya dalam membuat akun. Melalui video usaha dapat lebih detail ditampilkan, mulai dari keterangan produk yang biasa disampaikan melalui brosur maupun bentuk dan review produk tersebut.

Baca juga : Perencanaan Strategis untuk Mempromosikan Kesuksesan Apotek

4. Menggunakan Sarana Iklan Gratis
Media internet yang begitu luas dan tanpa batas menawarkan berbagai kemudahan bagi kalian dalam menemukan sarana beriklan gratis. Sudah banyak situs-situs yang menawarkan iklan gratis tentunya dengan timbal balik yang jelas dan pantas. Biasanya anggota situs tersebut diminta untuk mendaftarkan produknya dan menulis penawaran produk atau jasa tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi