Jul 28

STRATEGI BERTAHAN HIDUP UNTUK BISNIS SELAMA ADANYA LOCKDOWN AKIBAT COVID-19

Dipukul oleh kemerosotan Covid-19 lalu diikuti oleh kebijakan social distancing dan lockdown secara nasional, tentu saja membuat bisnis mengalami dampak besar tidak peduli seberapa mapan mereka dan harus melihat kembali bagaimana mereka mengelola dan mengoperasikan bisnis mereka termasuk membaca kembali rencana bisnis mereka.
Menjadi tantangan bagi sebagian besar bisnis untuk menjaga roda keuangan mereka tetap berputar selama periode penguncian karena berkurangnya pendapatan dan ketidakpastian umum di lingkungan keuangan global.

Sayangnya, dampak pada startup atau usaha kecil bisa jauh lebih brutal karena mereka memiliki cadangan kas yang lebih kecil. Semua sektor bisnis terkena dampaknya sehingga menghasilkan pendapatan yang rendah karena menurunnya penjualan produk dan/atau jasa.
Jadi, selama masa pengujian seperti itu, untuk mengurangi risiko dan bertahan dari perlambatan yang disebabkan oleh dampak COVID19 para pengusaha pemula harus beradaptasi dengan seperangkat aturan baru dan memperhatikan aspek-aspek berikut.

Melacak pengeluaran terhadap status pendapatan.
Selama penularan ini, sangat penting bagi bisnis untuk melakukan penilaian yang tepat atas biaya tetap dan variabel mereka serta pendapatan aktual. Penilaian ini akan memberikan gambaran yang jelas tentang posisi keuangan perusahaan dan membantu pengusaha dalam merencanakan ke depan di pasar yang sedang kacau saat ini. Strategi ini dapat diterapkan bahkan ketika efek pandemi mereda.

Memeriksa kelayakan model bisnis.
Mengingat pasar berubah setiap minggu (dan menjadi lebih buruk), sangat penting untuk mempertimbangkan kembali model bisnis dan menilai kembali di mana bisnis Anda berdiri sesuai asumsi Anda mengenai pendapatan dan biaya. Ini juga merupakan waktu yang penting untuk melacak metrik keuangan dan arus kas saat ini. Perhatikan apa landasan pacu Anda. Bisnis perlu mengevaluasi dampaknya terhadap penjualan baru, penagihan, siklus kredit, dan potensi kredit macet.

Baca juga artikel tentang : 8 Cara Jitu agar Bisnis Anda Bisa Berkembang

Rencanakan kebijakan untuk 3 bulan ke depan/9 bulan/ 18 bulan.
Karena sulit untuk mengukur berapa lama epidemi ini akan berlangsung, penting untuk bersiap menghadapi semua skenario. Jika kita menganggapnya sebagai masalah 3 bulan, penghentian instan pada pengeluaran variabel seperti perekrutan, pemasaran, perjalanan, dll. dapat membantu.
Mengurangi biaya variabel, menegosiasikan kembali biaya tetap (sewa, gaji, pembayaran sewa peralatan, dll.), dan fokus hanya pada hal-hal penting untuk kelangsungan hidup. Mungkin ada baiknya untuk meninjau kembali strategi penjualan – menjual secara online versus secara langsung.
Analisis apakah Anda perlu mengurangi atau meningkatkan biaya pemasaran. Beberapa pertimbangan ulang yang serius akan diperlukan jika efek pandemi berlanjut selama 18 bulan atau lebih. Bisnis perlu menyusun strategi, berkomunikasi, dan bertindak dengan belas kasih. Mereka akan membutuhkan revisi tujuan pendapatan penjualan dan jadwal produk bersama dengan rencana operasi baru. Dalam hal ini, pengusaha dan pemimpin harus menjaga komunikasi setransparan mungkin dengan investor dan karyawan mereka.

Bersabarlah dalam mengamankan investasi.
Setiap bisnis membutuhkan modal untuk menjalankan dan pertanyaan yang terlintas di benak setiap pendiri/pengusaha di masa-masa sulit ini adalah dari mana mereka akan mendapatkan modal. Ada banyak dana yang memiliki modal yang cukup untuk digunakan untuk tahun-tahun mendatang dan mereka mungkin tidak menghindarinya.

Di masa-masa sulit ini, penting untuk bersatu dan saling membantu dengan cara apa pun yang kita bisa. Tetap aman dan tetap sehat. Harap diingat bahwa beberapa inisiatif terbaik dibangun di masa-masa sulit. Seperti semua situasi sulit yang pernah terjadi, ini juga pun akan berlalu.
Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silahkan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi