Des 24

STRATEGI MERISET PASAR BAGI PEBISNIS ONLINE

Dalam menjalankan bisnis online, pemilik bisnis harus melalui sebua proses riset pasar. Kegiatan ini dilakukan untuk mengumpulkan hingga menganalisis data yang nantinya berguna bagi keberlangsungan bisnis Anda. Umumnya, riset pasar dilakukan untuk mengetahui perilaku pelanggan yang menjadi target pasar.

Apa Itu Riset Pasar?
Riset pasar merupakan salah satu proses membangun bisnis online yang mengacu pada kegiatan mengumpulkan serta menganilisis data yang berhubungan dengan target pasar yang dituju. Sebelum melakukan riset pasar, Anda harus terlebih dahulu menentukan sebuah kelompok yang menjadi tujuan penjualan produk.
Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan penjualan produk usaha anda dengan lancar. Bahkan Anda juga bisa mengetahui peluang penjualan yang bisa dilakukan. Berikut merupakan cara melakukan riset pasar untuk bisnis online yang tepat dan efektif.

1.Tentukan Tujuan Riset
Langkah pertama dalam melakukan suatu riset pasar untuk bisnis online adalah dengan menentukan tujuan riset terlebih dahulu sehingga prosesnya berjalan dengan efisien. Misalnya Anda memiliki bisnis pakaian, Anda bisa menentukan tujuan seperti apakah jenis pakaian yang ingin Anda tawarkan yang bisa diterima oleh masyarakat.

2.Identifikasi Buyer Persona Pelanggan
Langkah yang kedua yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi target pelanggan atau buyer persona pelanggan. Perlu diketahui, buyer persona merupakan representasi tipe dari seorang pelanggan. Mulai dari data demografis hingga perilaku saat membeli suatu produk. Dengan mengidentifikasi buyer persona pelanggan, riset pasar bisa dilakukan dengan lebih tepat.

3. Susun Pertanyaan Riset
Setelah mengindentifikasi buyer persona pelanggan, Anda harus menyusun pertanyaan-pertanyaan penting yang akan dijawab oleh calon pelanggan yang ditemui. Pastikan pertanyaan yang Anda susun memilik tujuan penting dalam meriset pasar.

Baca juga artikel tentang : 4 CARA MENGHADAPI TANTANGAN DIGITALISASI BISNIS

4. Lakukan Riset Kompetitor
Selain melakukan riset terhadap pelanggan, Anda juga harus mengetahui kondisi pasar dan kompetitor. Dengan begitu, Anda bisa menemukan sebuah tantangan dalam bisnis online yang sedang dijalani. Untuk melakukan riset kompetitor, Anda bisa memanfaatkan pencarian melalui Google untuk mengetahui kata kunci apa yang sering dicari dan berkaitan dengan produk usaha Anda. Setelah itu, Anda bisa membuat strategi dengan mempelajari kelebihan produk kompetitor atau pesaing.

Semoga strategi di atas dapat membantu anda. Jika Anda membutuhkan informasi lebih banyak perihal riset pasar atau Anda membutuhkan profesional untuk membantu proses riset pasar bisnis baru Anda? Kami siap membantu. Silahkan hubungi kami DISINI.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi