Nov 28

STRATEGI OMNI CHANNEL UNTUK DISTRIBUTOR YANG INGIN USAHANYA LANGGENG

Pada kesempatan ini kami konsultan bisnis Surabaya untuk perusahaan diberbagai kota Jakarta, Semarang, Jogjakarta, Bandung, Malang, Denpasar, Palembang, Medan, Banjarmasin, Palangkaraya, Balik papan, Samarinda, Makassar dan kota-kota besar lainnya. Akan mengulas mengenai Strategi omni channel yang dibutuhkan para Distribiutor dan toko ritel atau grosir pada umumnya. Seperti yang dibahas di bawah ini.

Bagi principal, membangun dan me-maintain system untuk mendapatkan Data Secondary Sales tidaklah mudah, selain membutuhkan waktu yang cukup lama, juga harus disiapkan investasi yang cukup besar. Untuk itu dengan memanfaatkan teknologi, saat ini principal dapat bekerjasama dengan Distributor dan Outlet untuk mendapatkan data secondary sales dengan lebih mudah dan lebih murah. Melalui Yuk Kulak, outlet dapat langsung melakukan order pembelian ke distributor yang telah ditunjuk. Setelah outlet mengirimkan order pembelian, maka Distributor akan mendapatkan notifikasi pembelian dari outlet dan segera mengirimkan barangnya ke outlet. Bagi distributor, dengan adanya online order ini akan mempercepat proses pengiriman dan memangkas biaya penjualan, sehingga dapat memberikan harga yang lebih kompetitif ke outlet.

Principal dapat membidik outlet-outlet yang menjadi target pasarnya dengan memberikan informasi tentang program-program promosi yang sedang berlangsung, informasi tentang produk2 unggulan atau produk2 baru yang baru di-launch.

Bagi Distributor, saat ini sudah menjadi suatu kewajiban untuk dapat me-maintain para pelanggannya, yaitu Grosir / Toko / Warung / Institusi / Chain Store dengan lebih baik, dengan cara menaikkan service level, memberikan harga yang lebih kompetitif, mempercepat pengiriman barang, yang semuanya ujung-ujungnya adalah meningkatkan kepuasan pelanggan.

Di era distruktif ini, jaringan distribusi milik Distributor benar-benar sudah harus dipelihara dengan seksama, tidak dapat dibiarkan lepas bebas dipasar, hal ini dikarenakan outlet2 tersebut banyak dikunjungi / mendapat tawaran secara online oleh para pemain baru dengan menawarkan produk yang sama dengan harga yang kompetitif.

Untuk itu jaringan Close Loop distributor perlu segera dibangun, diperkuat bila sudah ada, yang pada akhirnya dapat menjadi suatu komunitas bagi Distributor. Bila komunitas Distributor ini sudah terbentuk, maka akan memudahkan Distributor untuk melangkah lebih lanjut, apakah akan melakukan penetrasi pasar ataukah pengembangan pasar, pengembangan produk atau bahkan diversifikasi.

Yuk Kulak akan membantu Distributor dalam membangun dan me-maintain komunitas Distributor, sehingga operasional distributor akan menjadi lebih efisien, speed to market ditingkatkan, meningkatkan loyalitas outlet dan pada akhirnya memperbaiki biaya operasional Distributor.

Semoga artikel di atas memberikan manfaat bagi pemilik distributor untuk mengembangkan Distributor lebih lanjut, silahkan hubungi kami di 081-252982900, jika membutuhkan aplikasi software Yuk kulak agar perusahaan memiliki keunggulan bersaing.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi