Agu 30

STRATEGI PEMASARAN WARALABA


Pemasaran adalah aspek penting dari bisnis apa pun. Penciptaan prospek, penjangkauan pelanggan, media sosial, konten, dan banyak lagi digunakan untuk menciptakan strategi pemasaran yang koheren.
Semua ini menjadi jauh lebih sulit jika Anda memasarkan waralaba. Ini lebih rumit daripada bisnis multi-lokasi karena setiap cabang dijalankan oleh entitas yang terpisah. Dan masing-masing entitas ini memiliki otonomi tertentu atas lokasi masing-masing. Plus, pemilik waralaba harus menjual produk dan layanan mereka kepada pelanggan dan penerima waralaba mereka.
Strategi pemasaran waralaba lebih sulit diterapkan dan tidak menjamin kesuksesan universal di semua lokasi. Namun, perencanaan untuk menggunakan praktik terbaik pemasaran waralaba sangat penting untuk bisnis apa pun yang berlaku. Ini termasuk strategi digital yang luas, SEO, media sosial, pemasaran offline, dan iklan berbayar.

APA ITU PEMASARAN WARALABA?
Pemasaran waralaba harus mempertimbangkan pemasaran di tingkat perusahaan yang luas serta lokasi individu. Apa yang membuat waralaba unik adalah kenyataan bahwa, meskipun memiliki merek yang koheren, lokasi dimiliki oleh entitas semi-otonom.
Karena itu, mungkin ada variasi tentang cara mendekati strategi pemasaran Anda. Ini sering didasarkan pada geografi, demografi, persaingan di area tersebut, preferensi franchisee, dan banyak lagi.
Fakta bahwa waralaba beroperasi dengan cara yang mereka lakukan adalah bagian dari apa yang membuatnya menjadi bisnis yang menarik. Tapi itu memang menambah kerumitan dan nuansa pada departemen pemasaran.

Baca juga artikel tentang : 8 Cara Jitu agar Bisnis Anda Bisa Berkembang

APA YANG MEMBUAT PEMASARAN LEBIH SULIT UNTUK WARALABA?
Ada sejumlah faktor yang membuat pemasaran waralaba jauh lebih sulit daripada pemasaran untuk jenis bisnis lain.
Sulit untuk menyeimbangkan seluruh strategi waralaba dengan strategi masing-masing penerima waralaba. Waralaba yang diwariskan dapat meninggalkan masalah yang sulit untuk diperbaiki. Biaya pemasaran bersama sering menyebabkan perselisihan tentang apa yang dilakukan dan tidak disediakan oleh pemilik waralaba untuk setiap penerima waralaba. Dan ada begitu banyak tingkat pemasaran yang berbeda, termasuk luas dan lokal, sehingga sulit untuk mengalokasikan dana pemasaran ke tempat yang tepat.

1. Hubungan pemberi waralaba/penerima waralaba.
Premis dasar dari setiap waralaba adalah bahwa pemilik waralaba menjual hak atas mereknya kepada penerima waralaba. Penerima waralaba dapat memanfaatkan pengakuan dan kepercayaan merek yang sudah mapan untuk membantu mendatangkan lebih banyak pelanggan dengan cepat. Sebagai imbalannya, franchisee harus membayar biaya tetap atau royalti berbasis komisi setiap tahun. Meskipun ada beberapa tingkat otonomi untuk setiap franchisee, mereka tetap harus mematuhi aturan dan peraturan franchisor. Ini bisa menjadi perdebatan ketika pemilik waralaba dan penerima waralaba tidak setuju pada strategi pemasaran tertentu atau masalah identitas merek.

2. Waralaba warisan.
Beberapa pemilik waralaba berjalan ke dalam situasi mimpi buruk. Pemilik waralaba sebelumnya menjalankan bisnisnya dan mereka dibiarkan mengambil bagian-bagiannya. Skenario-skenario inilah yang sering mengarah pada pertentangan yang disebutkan di atas. Pewaralaba yang putus asa tidak mungkin mengindahkan saran dari perusahaan dan dapat melanggar aturan pemasaran dan merek.

3. Biaya pemasaran bersama.
Kebanyakan waralaba mengalokasikan sejumlah anggaran pemasaran mereka untuk campuran identitas merek secara keseluruhan dan pemasaran franchisee individu. Ketentuan dari setiap perjanjian pemasaran bersama ditetapkan dari awal hubungan. Meskipun kontrak awal yang baik akan membantu, hal itu membuat perencanaan pemasaran menjadi sedikit lebih rumit.

PEMASARAN DIGITAL UNTUK WARALABA
Namun, apa pun yang Anda potong, masa depan pemasaran waralaba adalah digital. Sekarang, itu tidak berarti bahwa beberapa bentuk pemasaran yang lebih tradisional tidak ada lagi. Masih ada waktu dan tempat untuk media cetak, iklan surat, radio dan televisi, dan lain-lain.
Namun, pergeseran ke iklan digital lebih signifikan. Bisnis menghasilkan lebih banyak penjualan dan menghasilkan lebih banyak prospek melalui saluran online daripada sebelumnya. Dan kecepatan perubahannya semakin cepat.

PERTAHANKAN IKLAN WARALABA ANDA TETAP LOKAL
Tetapi sebelum kita benar-benar terjun ke sisi digital, satu hal yang sangat penting untuk diingat oleh pemilik waralaba. Pemasaran waralaba harus mengambil pendekatan lokal.
Untungnya, dengan kemajuan pemasaran digital, sekarang lebih mudah untuk menggabungkan strategi pemasaran lokal dengan strategi pemasaran digital Anda.

PEMASARAN SEO WARALABA
Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO) adalah aspek integral dari setiap usaha pemasaran digital yang sukses.
Tujuan dari strategi ini adalah untuk meningkatkan kehadiran Anda di berbagai mesin pencari untuk kata kunci yang Anda perkirakan akan dicari oleh basis pelanggan potensial Anda.
Misalnya, toko perlengkapan olahraga ingin menjadi hasil penelusuran teratas untuk istilah, “peralatan tenis baru”. Oleh karena itu, mereka akan membuat konten di situs web mereka untuk mencoba tampil tinggi di halaman hasil pencarian untuk istilah ini. Ini membantu memastikan bahwa merek mereka mencapai mata yang tepat.
Ada BANYAK yang masuk ke pemasaran SEO yang hebat, jadi dibutuhkan pendekatan yang luas:
• Anda perlu memberikan nilai kepada pembaca Anda dengan konten yang kuat dan unik.
• Situs web harus cepat dan berfungsi dengan baik.
• Semua toko eCommerce harus memiliki login dan portal pembayaran yang aman.
• Pertahankan kehadiran web yang konsisten di semua platform pihak ketiga.
• Tambahkan strategi SEO lokal bila berlaku.

1. Blog dan halaman arahan.
Mulailah dengan meningkatkan halaman arahan dan blog Anda. Halaman arahan harus ditargetkan ke kata kunci dengan maksud tertentu. Blog Anda bisa lebih luas dan menargetkan berbagai kata kunci sekunder yang terkait dengan kata kunci halaman arahan Anda yang bertujuan lebih tinggi.
Dengan waralaba, penting bagi pemilik waralaba untuk membantu pemilik waralaba dengan konten untuk mendapatkan peringkat yang baik. Anda tidak ingin semua pemegang waralaba sepenuhnya bergantung pada pemilik waralaba untuk semua materi pemasaran, tetapi beberapa dukungan sangat penting.

2. Jalankan situs web yang efisien.
Lebih penting dari sebelumnya bahwa situs web cepat, bagus di seluler, dan aman. Sebagian besar platform sederhana untuk membangun situs web baru menyediakan infrastruktur dasar yang diperlukan untuk mencakup dasar-dasar ini. Setelah situs web Anda mulai melihat lebih banyak lalu lintas, itu mungkin memerlukan keamanan tambahan karena meningkatnya ancaman dunia maya. Untuk franchisor dan franchisee, kendala terbesar dalam hal ini kemungkinan akan menggabungkan sistem CRM. Pelanggan harus dapat masuk ke akun mereka melalui situs web perusahaan atau lokal.

3. Pantau terus SEO lokal franchisee.
Sekali lagi, untuk franchisee, ini semua tentang pemasaran lokal. Dan mungkin perlu beberapa pengasuhan.
• Pastikan Google Bisnisku disiapkan untuk masing-masing.
• Periksa tata letak dan struktur situs web mereka.
• Konfirmasikan itu berfungsi dengan baik di seluler.
• Periksa keamanan gateway pembayaran mereka.
• Tambahkan daftar mereka ke direktori lokal yang relevan.
• Tetapkan standar kedekatan.
Beberapa pemilik waralaba mungkin tidak menyadari betapa pentingnya semua ini. Jadi pastikan untuk berada di sana sebagai sumber daya yang konsisten untuk apa pun yang mereka butuhkan. Jelaskan mengapa Anda memiliki keseluruhan strategi pemasaran yang Anda gunakan dan bersabarlah. Juga, berhati-hatilah untuk terus memberi pewaralaba Anda tingkat otonomi tertentu.

PEMASARAN MEDIA SOSIAL UNTUK WARALABA
Media sosial adalah saluran yang bagus untuk membiarkan franchisee Anda menjadi liar, dengan alasan. Ingatlah satu hal: konsistensi. Pastikan Anda memiliki saluran yang terorganisir untuk penerbitan dan bahwa semua konten dan pencitraan merek sama di setiap saluran sosial Anda.
Untuk waralaba, ini berarti mengelola akun media sosial franchisee Anda juga. Ini TIDAK berarti micromanaging setiap posting. Lagi pula, Anda ingin setiap waralaba lokal mengekspresikan toko mereka sendiri dan menarik demografi pembeli unik mereka. Tetapi Anda harus waspada terhadap akun nakal yang tidak mewakili merek Anda dengan benar.
• Buat buku pegangan atau panduan media sosial yang menjadi bagian dari setiap proses orientasi.
• Miliki satu halaman merek utama yang memiliki halaman afiliasi untuk setiap lokasi.
• Pertahankan akses ke semua akun lokasi dari akun perusahaan utama.
• Gunakan Pengelola Bisnis Facebook untuk Facebook dan Instagram.
• Franchisee harus mengejar pembuatan media dan manajemen konten mereka sendiri.

STRATEGI PEMASARAN WARALABA: PERIKLANAN ONLINE
Ada juga banyak peluang pemasaran online berbayar yang harus dimanfaatkan oleh waralaba.
Iklan bayar per klik (PPC) adalah salah satu yang paling populer. Iklan mesin pencari seperti Google Ads menjadi lebih umum digunakan di antara waralaba.
Tapi ada juga situs review dan perbandingan. QSR dapat beriklan melalui Yelp, misalnya. Atau bisnis berbasis layanan dapat membuat profil di situs ulasan khusus. Either way, sebagian besar memiliki opsi gratis yang akan meningkatkan kehadiran merek Anda terlepas dari berapa banyak yang Anda belanjakan.
Untuk pewaralaba individu, gunakan semua penargetan berbasis lokasi. Fitur ini membantu bisnis mempersempit calon pelanggan mereka dengan mudah, menghemat banyak waktu dan uang.

MENILAI DAN MENGANALISIS
Seperti halnya kampanye pemasaran, penting untuk mengetahui apakah itu layak atau tidak. Anda harus memiliki gagasan yang bagus tentang apa investasi Anda, berapa biaya untuk mendatangkan pembeli baru, dan berapa rata-rata laba atas investasi Anda.
Setelah Anda mengetahui ketiga item ini, mudah untuk mengukur keberhasilan kampanye tertentu dan membidik apa yang berhasil dan yang tidak.

PRAKTIK TERBAIK PEMASARAN WARALABA
Secara keseluruhan, praktik terbaik untuk pemasaran waralaba melibatkan keseimbangan antara kontrol franchisee dan franchisor.
Ingatlah bahwa Anda harus membawa bantuan dan dukungan yang cukup untuk operasi sehingga semua pemilik waralaba merasa nyaman dan dirawat dengan baik. Pada saat yang sama, pemilik waralaba harus tetap lepas tangan di bidang bisnis tertentu. Sekeras mungkin menghindari micromanaging, tingkat kepercayaan itu penting. Bagaimanapun, waralaba Anda adalah mitra bisnis Anda. Pilih mereka dengan bijak dan jangan biarkan sembarang orang menjadi perwakilan merek Anda.
Penting juga untuk menemukan keseimbangan antara strategi pemasaran online dan offline Anda. Ikuti perkembangan zaman dan manfaatkan sumber daya baru, tetapi jangan lupakan bentuk pemasaran yang lebih tradisional.
Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi