Apr 29

STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN BISNIS GROSIR DITENGAH SEMAKIN PESATNYA PERKEMBANGAN JENIS BISNIS RITEL MODERN SAAT INI

Perkembangan dunia bisnis ritel yang semakin lama semakin bertambah pesat telah banyak mempengaruhi penurunan tingkat keuntungan dari penjualan jenis bisnis grosir. Perkembangan dari toko-toko online saat ini telah banyak merebut pangsa pasar dari para pebisnis grosir, karena sebagian besar dari mereka telah diisi oleh para peritel-peritel modern, meskipun dari jenis barang yang sudah dijual oleh para peritel sebagian besar juga merupakan barang-barang yang sudah diambil dari para penjual grosiran itu sendiri.

Dan agar dapat bertahan dalam semakin tingginya tingkat persaingan dunia bisnis perdagangan saat ini. Maka para pemain bisnis grosir masih dapat melakukan beberapa cara-cara berikut, agar mereka masih mampu dalam meningkatkan penjualan mereka, yaitu:

1. Mencoba untuk ikut bermain di ranah toko online.

Keuntungan yang sebenarnya akan bisa di dapatkan oleh para pemain-pemain grosir adalah ketika mereka telah mampu menjual barang-barang mereka kepada perusahaan yang juga akan menjual kembali produk tersebut kepada para konsumen dengan merek tertentu. Para pebisnis grosir akan dapat membuat merek mereka sendiri dari produk yang sebelumnya telah mereka jual. Hal yang tersulit untuk bisa dilakukan oleh para pebisnis ritel modern karena tidak memproduksi sendiri barang-barang penjualan mereka.

Pekembangan toko-toko online atau yang lebih dikenal dengan sebutan e-commerce semakin lebih memudahkan bagi para pelanggannya dalam hal melakukan pembelian. Toko-toko online yang sudah serba terintegrasi dengan internet dan dapat dengan lebih mudah untuk diakses melalui gadget dan dapat diakses di manapun dan kapanpun Anda inginkan. Sehingga sangat memudahkan dalam proses jual beli atau transaksi dari para penjual kepada para pembeli, dan sebaliknya.

Dengan turut mendaftarkan bisnis grosir Anda ke wilayah e-commerce ini maka akan lebih memungkinkan bagi si penjual grosir untuk dapat memperluas pangsa pasar mereka masing-masing. Mesin pencarian lebih memungkinkan bagi orang-orang untuk membandingkan harga-harga dari setiap toko-toko online. Lagi pula bagi para penjual grosir juga masih dapat menjual barang-barang mereka dengan harga yang jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan para peritel modern, karena biasanya para peritel tersebut akan menjual kembali barang-barang yang telah mereka ecer dari grosir dengan margin keuntungan yang jauh lebih besar lagi.

2. Melakukan promosi secara online.

Agar dapat semakin meningkatkan penjualan dalam bidang bisnis grosir, selain melakukan tindakan promosi secara offline, maka Anda juga dapat melakukan promosi secara online. Penetrasi awal dari pengguna media internet di dunia yang semakin lama semakin besar dan jumlah populasi pengguna dari sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram yang semakin bertambah besar tentu saja akan dapat semakin meluaskan pangsa pasar Anda, dan juga itu berarti adanya indikasi untuk peningkatan penjualan.

3. Selalu berupaya untuk menjaga hubungan yang baik dengan para peritel modern.

Para pengecer atau peritel merupakan salah satu bagian dari rantai pasok distibusi barang-barang yang sudah lama berlangsung antara para penjual grosir sebelum akhirnya akan sampai kepada para pelanggan akhir. Para peritel biasanya akan membeli barang-barang yang akan mereka jual kembali dari para penjual grosir dengan cara mengecer barang-barang tersebut kepada para pelanggan. Sebagai salah satu rantai terakhir dari proses distribusi barang-barang penjualan kepada para pelanggan, membangun hubungan yang lebih baik dengan para peritel tentu saja akan semakin lebih memudahkan dalam hal menjalankan bisnis Anda. Selain itu kerjasama yang lebih baik juga akan semakin meningkatkan penjualan dari bisnis Anda. Memastikan para peritel akan bisa mendapatkan pelayanan yang lebih baik dari Anda juga akan semakin menciptakan rekomendasi dari para peritel tersebut kepada para pelanggan, atau kepada para peritel lainnya.

4. Memberikan potongan harga.

Memberikan penawaran khusus juga akan semakin mampu dalam upaya untuk meningkatkan penjualan Anda. Hal ini tentu saja akan dapat membangun kesetiaan dari para pelanggan dengan cara memberikan potongan harga ketika mereka sedang berbelanja. Melakukan penawaran harian, mingguan, bulanan, atau bahkan pada saat menjelang hari-hari besar Nasional, seperti idul fitri, natal, dan juga tahun baru. Menawarkan paket-paket diskon juga bertujuan untuk menarik minat dari para pelanggan-pelanggan baru. Atau dapat juga dengan mencantumkan adanya sebuah testimoni dari para pelanggan atau para relasi untuk kategori barang-barang yang paling laris perminggunya atau perbulan untuk menarik lebih banyak minat dari para pelanggan.

5. Sistem pembelian, pembayaran, dan pengiriman yang serba terintegrasi dengan baik.

Memasukan sistem pembelian, pembayaran, dan pengiriman dalam satu aplikasi untuk proses transaksi yang lebih jelas tentu saja akan lebih memudahkan bagi para pelanggan untuk melakukan pembelian, dan juga akan lebih memudahkan bagi Anda sendiri sebagai seorang pebisnis grosir dalam melakukan manajemen transaksi yang lebih baik. Berbagai macam kemudahan seperti ini hanya akan dapat Anda lakukan dengan cara memasukan satu software/program yang dapat mengintegrasikan semua hal-hal tersebut dalam satu sistem yang dapat lebih memudahkan Anda untuk memantau dalam menaikan nilai penjualan pada bisnis grosir Anda.

6. Menciptakan sistem pengiriman yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Memastikan bahwa pengiriman barang-barang sudah terlaksana dengan sangat baik dan begitu cepat tentu saja akan semakin meningkatkan citra perusahaan di mata para pelanggannya, dan lebih mampu dalam membuktikan bahwa perusahaan Anda memang memiliki proses distribusi barang-barang yang lebih baik. Dengan cara menggunakan satu sistem yang dapat mengatur seluruh proses pengiriman barang-barang secara lebih baik, dan serba terotomatisasi sehingga akan dapat melacak setiap posisi barang-barang Anda secara real time, dan akan mampu memberikan peringatan ketika sudah terjadi penundaan, mencatat data-data perjalanan dari setiap armada yang masih dimiliki dan memastikan bahwa tidak ada jadwal yang bentrok dari seluruh proses distribusi barang-barang ini. Sehingga secara otomatis akan semakin meningkatkan jumlah penjualan dari bisnis grosir milik Anda.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang bagaimana strategi peningkatan penjualan dari bisnis grosir ditengah semakin pesatnya perkembangan jenis bisnis ritel modern saat ini. Semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda sekalian, terimakasih dan salam sukses pebisnis Indonesia.
Apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas atau membutuhkan pembimbingan star up ritel modern, mulai dari persiapan data base barang-barang yang dijual, software accounting +POS yang dipilih, SOP finance & accounting, SOP penjualan atau operasional, SOP Gudang dan Logistik, SOP Marketing dan Delivery service, rekrut karyawan sampai dengan perusahaan anda operasional,. Silahkan hubungi 081-252-982900, atau kontak ke 081-8521172. Kami siap membantu!

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi