Mei 31

STRATEGI UNTUK MEMILIH BANK YANG PALING TEPAT DAN SESUAI DENGAN KEBUTUHAN PENDANAAN BAGI BISNIS ANDA

Untuk memilih salah satu bank merupakan sebuah keputusan terpenting yang harus dengan cepat Anda lakukan ketika ingin memulai sebuah bisnis. Anda mungkin saja tidak ingin melakukannya, namun dengan cara meminjam uang terhadap pihak bank merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan untuk mempercepat perkembangan dari bisnis itu sendiri. Bahkan kenyataannya kebanyakan dari para pebisnis tersebut lebih cenderung untuk melakukan hal yang sama sebagai salah satu langkah awal yang dilakukan untuk tujuan menambahan modal.

Dengan terlalu banyaknya bank di luaran sana yang telah mengklaim bahwa merekalah yang mampu untuk memberikan bantuan terhadap bisnis Anda, memilih salah satu yang paling tepat di antara bank-bank tersebut untuk bisa menambah modal bisnis merupakan hal yang cukup menyulitkan untuk dilakukan oleh seorang pebisnis pemula. Karena itulah, maka terdapat beberapa hal yang terpenting yang setidaknya harus selalu Anda perhatikan sebelum akan benar-benar memutuskan untuk memilih bank yang paling tepat bagi bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini.

1. Mengidentifikasikan jenis kebutuhan dari bisnis Anda.

Sebelum akhirnya akan memulai riset terhadap berbagai bank, maka pertimbangkanlah terlebih dahulu dengan sangat matang mengapa Anda harus melakukannya. Perhatikan pula berapa banyak jumlah transaksi yang sekiranya akan Anda lakukan untuk setiap bulannya, jumlah saldo minimal yang harus ada dalam rekening bank Anda, budget untuk biaya administrasinya, dan lain sebagainya. Banyak diantara bank-bank tersebut yang menawarkan biaya terendah namun penalti yang diberikan sangat tinggi, jika Anda sudah melampaui batas transaksi atau dana dalam rekening Anda masih berada di bawah jumlah minimalnya. Jika memang Anda benar-benar berniat ingin mencari bank untuk pinjaman pendanaan bisnis, maka sebaiknya batasi pilihan hanya kepada bank-bank yang pernah meminjamkan dananya untuk jenis bisnis kecil, karena peluang Anda akan menjadi lebih besar untuk memperoleh pinjamannya.

2. Membandingkan setiap masing-masing Bank yang akan dijadikan sebagai plihan terakhir.

Setelah mengidentifikasikan tentang apa saja yang Anda butuhkan dari bank-bank tersebut, maka lakukan perbandingan terhadap beberapa bank. Carilah bank yang secara spesifik memiliki hal yang sangat Anda butuhkan dan segera hubungi mereka untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin, termasuk juga dari layanan tambahan, biaya administrasi, suku bunga, dan juga lain sebagainya. Sebelum bertemu dengan pihak bank, lakukan pengecekan kembali seputar informasi yang ingin Anda dapatkan, lalu tentukan beberapa pertanyaan jika memang dibutuhkan. Setelah opsi dari bank Anda sudah menjadi semakin mengerucut, maka lakukan pertimbangan khusus tentang berbagai macam jenis biaya yang akan dipasang. Karena, akan terdapat beberapa bank yang tentunya membebankan biayanya terhadap bisnis kecil untuk jenis layanan-layanan tertentu.

3. Penggunaan teknologi yang digunakan oleh Bank yang bersangkutan.

Bank yang sudah sangat peka terhadap perkembagan teknologi akan sangat membantu bagi jenis bisnis kecil dengan cara lebih “merampingkan” fungsi inti dari operasionalnya. Dalam mengevaluasi faktor-faktor seperti ini, Anda juga harus sedikit memahami tentang bagaimana kemampuan dasar dari suatu bank, misalnya saja apakah mereka memiliki aplikasi mobile yang sangat mudah untuk digunakan. Proses evaluasi sebelum Anda memilih bank akan lebih meminimalisir munculnya berbagai permasalaham. Selain itu, bank untuk jenis bisnis Anda juga seharusnya bisa lebih terintegrasi dengan penggunaan aplikasi dari pihak ketiga seperti software akuntansi milik Anda. Hal ini juga akan semakin menghemat banyak waktu dan energi Anda untuk ke depannya nanti.

4. Pelayanan Customer Service (CS) Bank.

Ketika sedang meng-interview atau dalam keadaan meeting dengan berbagai bank yang berbeda-beda, cari tahulah jenis layanan seperti apa saja yang akan mereka tawarkan dan pahami juga seberapa besar kemampuan mereka dalam memberikan pelayanan terhadap Anda. Sebuah bank besar mungkin saja akan lebih mampu dalam menawarkan layanan contack center selama 24 jam secara online maupun via telepon, namun kebanyakan dari mereka juga tidak memiliki manajer khusus yang tersedia untuk menangani permasalahan hubungan dengan para pelanggannya. Dan akibatnya, mereka malah sama sekali tidak memahami bagaimana gambaran besar dari bisnis Anda untuk saat ini. Carilah bank yang benar-benar mampu dalam membuat Anda merasa seperti seolah-olah Anda adalah satu-satunya pelanggan bagi mereka.

5. Melakukan tindakan evaluasi (review ulang).

Anda jangan langsung merasa lega setelah menemukan bank yang benar-benar cocok untuk kebutuhan dari bisnis Anda. Setelahnya, Anda masih harus melakukan evaluasi ulang terhadap bagaimana kebutuhan finansial dari bisnis Anda setiap kali bank pilihan Anda tersebut akan melakukan perubahan terhadap layanan yang telah diberikan, misalnya saja seperti menaikkan jumlah suku bunga atau bahkan malah menambah biaya administrasi. Sebaiknya, Anda juga harus melakukan proses evaluasi seperti ini setiap beberapa tahun sekali. Terlebih lagi, jika kebutuhan bisnis Andapun pastinya akan terus berubah-ubah seiring dengan semakin berkembangannya zaman. Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda harus memilih bank yang selalu aware (menyadari) terhadap berbagai perubahan seputar kebutuhan sekaligus untuk memastikan agar bank tersebut benar-benar masih mampu untuk membantu Anda dalam setiap fase bisnis Anda.

Bank yang lebih tepat terbukti harus mampu untuk menjadi partner menguntungkan bagi sebuah bisnis. Tidak hanya sanggup untuk membantu Anda dalam hal peminjaman dana saja, namun juga harus mampu untuk bekerja bersama Anda dalam merancang perencanaan untuk beberapa tahun ke depan dan memberikan stabilitas serta kredibilitas terhadap bisnis Anda.

Nah, setelah Anda sudah menentukan bank yang benar-benar cocok sesuai dengan kebutuhan untuk memulai bisnis, maka Anda juga masih perlu untuk menyiapkan business process yang baik dan benar bagi bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini. Platform dari bisnis yang sudah berbasis cloud akan menjadi salah satu pilihan yang paling tepat dan sebagai sebuah solusi termudah bagi Anda dalam menjalankan sebuah bisnis. Software akuntansi online merupakan platform bisnis yang terbaik bagi Anda, agar bisa menjadi semakin efektif dan efisien dengan bantuan dari software akuntansi online. Semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda sekalian, terimakasih dan salam sukses.

Apabila bapak ibu mitra bisnis sedang akan mengembangkan usaha dan membutuhkan pendampingan dalam membuat desain manajemen, mulai konsep bisnis, struktur organisasi, Job des dan job spesifikasi, SOP finance& accounting, SOP gudang dan logistik, SOP Marketing + penyusunan Time marketing, SOP produksi, dan sofware pendukung accounting dan pay roll, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252982900. Kami siap membantu.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi