Agu 28

SUKSES DI USIA MUDA DARI MODAL 0 RUPIAH EMANGNYA BISA?

Hal ini sekilas memang sangat susah atau mustahil diwujudkan.
Tapi nyatanya ada yang sudah sukses mempraktekkannya, seperti Ajik Krisna pemilik Krisna Oleh-Oleh di Bali.

Ajik Krisna atau yang kerap di panggil Anom ini berasal dari keluarga yang kurang mampu. Ayahnya hanya seorang petani dengan penghasilan yang tidak seberapa. Dan bahkan dengan penghasilan ayahnya ini, Ajik Krisna hanya mampu bersekolah sampai lulus SMP saja.

Karena tidak bisa melanjutkan sekolaha ke jenjang SMA, akhirnya Ajik Krisna memutuskan untuk merantau ke Kota Denpasar dengan menumpang truk dan dilanjutkan dengan berjalan kaki hingga berkilo-kilo jauhnya.

Karena lelah dan tidak memiliki banyak bekal, akhirnya Ajik beristirahat di pos satpam Hotel Rani di Sanur. Saat di pos satpam ini pun, Ajik harus ikut bantu bersih-bersih disekitar pos satpam hanya untuk mendapatkan makan. Beruntung, saat itu pemilik Hotel Rani melihat dan menghampirinya. Ia pun diizinkan menetap dan bekerja di Pos tersebut dengan syarat ikut menjaga keamanan dan kebersihan di sekitar Pos Satpam.
Setelah dua tahun bekerja membantu keamanan dan kebersihan sekitar pos satpam hotel, akhirnya Ajik harus berhenti dikarenakan menderita rematik akut. Dan saat itu pun, kehidupan Ajik kembali menjadi tidak jelas alias pengangguran.

Baca juga artikel tentang : Info Coach Manajemen Bisnis dan Konsultan Bisnis

Namun Ajik Krisna tidak patah semangat, lalu dia memutuskan untuk menumpang tinggal di kediaman pamannya, seoarang pengusaha konveksi kecil-kecilan. Dari sinilah Ajik mulai lebih bertekad untuk mengubah hidupnya menjadi lebih baik. Ajik memperlihatkan semangat bekerja di tempat konveksi pamannya tersebut sampai akhirnya Ajik diterima sebagai karyawan disana. Yah, saat ini Ajik sudah tidak lagi menjadi pengangguran.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada awal tahun 1992 saat itu usia Ajik masih 21 tahun, namun Ajik memberanikan diri membuka toko baju kaos dengan nama Cok Konfeksi di Jalan Nusa Indah, Denpasar. Berkat kegigihannya, Cok Konfeksi tak memerlukan waktu lama untuk diperhitungkan sebagai salah satu industri besar di Bali.
Setelah sukses dengan usahanya tersebut, Ajik Krisna kembali memikirkan peluang bisnis yang berpotensi laris manis. Idenya kemudian diwujudkan dalam bentuk bisnis sentral oleh-oleh Bali bernama Krisna Oleh-Oleh Khas Bali yang pertama berdiri pada tanggal 16 Mei 2007.
Mulanya, Ajik Krisna hanya menjual kaos sebagai cenderamata. Ia melibatkan para desainer terkemuka untuk menciptakan desain karikatur pada kaosnya. Selanjutnya, ia terus mengembangkan produknya mengikuti permintaan pasar.
Dalam waktu singkat, Krisna Oleh-Oleh Khas Bali menjadi sangat populer dan gerainya telah dibuka di beberapa tempat lain. Hingga kini, sentral oleh – oleh khas Bali gagasan Ajik Krisna telah menjadi pusat oleh-oleh terbesar di Pulau Dewata.

Dari kisah sukses ini, ada pelajaran penting yang perlu kita semua renungkan dan mengambil intinya untuk menjadi pembelajaran yang luar biasa agar kita bisa sukses di usia muda dengan modal 0 rupiah.
1. Pelajaran pertama yang perlu kita ambil adalah memiliki semangat pantang menyerah, etos kerja yang luar biasa, lalu berani memikirkan dan mengambil peluang bisnis yang ada. Anda pasti sudah banyak mendengar tentang ini bukan, ya karena memang sudah sering kali disebutkan oleh para motivator bisnis diluar sana.
2. Namun ada satu lagi pelajaran yang penting, yang mana sangat jarang dibahas oleh motivator yaitu jaringan atau koneksi. Coba baca kembali kisah dari Ajik Krisna ini, dia sukses bukan hanya karena ulet dan pantang menyerah, tapi juga dikarenakan pertemuannya dengan pemilik Hotel Rani di Sanur dan yang paling berpengaruh adalah pertemuannya dengan paman yang memiliki bisnis konveksi kecil-kecilan. Di rumah pamannya inilah, Ajik banyak belajar dan semakin memperluas wawasan sampai akhirnya mampu mendirikan Cok Konfeksi sampai Krisna Oleh-Oleh.

Semoga bermanfaat, dan bagi Anda yang ingin mendirikan bisnis baru atau startup namun bingung mulai darimana dan apa aja yang perlu Anda lakukan, tenang karena kami membuka konsultasi bisnis gratis untuk Anda. Silahkan langsung hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami akan membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi