Jan 09

TANDA-TANDA BAHWA BISNIS ANDA SUDAH SUKSES DALAM MENERAPKAN SOFTWARE AKUNTANSI ONLINE

Untuk menjaga agar arus keuangan bisnis Anda agar bisa tetap stabil, biasanya para pebisnis akan secara mutlak membutuhkan penggunaan dari program/software akuntansi. Dan untuk saat ini sendiri sangat banyak sekali jenis-jenis dari software akuntansi yang bisa bermanfaat untuk mengatur keuangan dari sebuah bisnis dengan lebih mendetail dan sudah serba terperinci. Sistem keuangan untuk zaman modern seperti sekarang ini yang dengan sangat sangat cepat mampu berkembang sudah terbukti mampu berperan sangat penting dalam berbagai macam aktivitas operasional bisnis.

Namun, bagi Anda para pebisnis yang sudah menerapkan penggunaan software akuntansi, apakah Anda sudah merasa yakin bahwa perusahaan Anda memang sudah memaksimalkannya dengan baik? Sekarang, cobalah untuk membuktikannya sendiri dengan cara melihat-lihat bagaimana tanda-tandanya dari beberapa hal berikut ini.

  1. Proses akuntansi bisnis sudah berjalan dengan lebih mudah daripada sebelumnya.

Sebuah bisnis yang memang sudah sukses dalam menggunakan software akutansi, biasanya akan memiliki kondisi keuangan yang sangat mudah diketahui setiap saat. Manajemen keuangan perusahaanpun menjadi lebih rapi dan dapat berjalan secara terotomatis. Proses dalam hal mencatat, mengidentifikasi, sampai dengan menyajikan data-data keuangan yang berhubungan langsung dengan transaksi juga menjadi semakin lebih mudah. Pembacaan informasi keuangan yang berfungsi untuk memprediksi dan memperkirakan bagaimana potensi perusahan dalam hal pencapaian dan pengambilan keuntunganpun juga menjadi tidak lagi terasa rumit seperti sebelumnya.

Karena software akuntansi sudah banyak menyediakan data-data secara lebih lengkap, mengelola hutang-piutang bisnis juga dapat dilakukan dengan lebih mudah. Pengelolaan persediaan barangpun sudah mulai berjalan secara otomatis jika bisnis sudah menerapkan software akuntansi untuk mengelola keuangannya. Karyawan juga tidak lagi akan bekerja dengan semakin tumpang tindih (overlapping) karena tidak semua karyawan diperbolehkan untuk memiliki hak akses dari software tersebut. Karyawan yang tidak berkepentingan juga tidak mungkin bisa mengaksesnya.

  1. Laporan keuangan bisa menjadi lebih cepat dan valid.

Bisnis yang sudah benar-benar sukses dalam menerapkan penggunaan software akuntansi akan mampu menghasilkan data keuangan dalam waktu yang lebih singkat dan informasi yang dihasilkanpun juga akan diakui kevalidannya. Selain lebih akurat dan dapat dipastikan kebenarannya, maka data-data dari laporan keuangan tersebut juga sama sekali tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk menghasilkannya. Jika suatu saat terjadi perubahan, maka dapat dengan mudah akan langsung dimonitor sewaktu-waktu. Data-data yang sudah didapatkan akan menjadi sangat detail dan dapat digunakan untuk laporan keuangan internal maupun eksternal dari bisnis.

Hanya cukup dengan sekali melakukan input data-data transaksi, maka software akuntansi akan secara otomatis menyajikannya dengan lebih cepat dan akurat. Maka dari itu sangat tidak mengherankan jika software akuntansi untuk saat ini adalah yang paling banyak diminati dan digunakan oleh para pebisnis, terutamanya adalah untuk para akuntan professional, para pemilik bisnis, dan ratusan ribu user lainnya. Para pebisnis tersebut juga sudah mulai menyadari tentang betapa banyak sekali manfaat yang bisa mereka dapatkan dari menggunakan software akuntansi ini.

  1. Pekerjaan yang selama ini dipandang sangat ribet dan terlalu menyulitkan sekarang menjadi lebih efisien dan semakin cepat selesai.

Jika biasanya mengurus permasalahan keuangan perusahaan membutuhkan waktu yang sangat lama, namun bagi sebuah bisnis yang sudah sukses dalam menerapkan penggunaan software akuntansi biasanya malah tidak demikian. Perusahaan akan dapat menentukan berbagai macam keputusan bisnis dengan lebih cepat dan tepat. Bekerja menjadi tidak terlalu merepotkan dalam membaca laporan keuangan secara manual, sehingga pekerjaan akan menjadi lebih efisien. Implementasi software akuntansi juga menjadi lebih cepat dan mudah untuk diterapkan pada setiap bagian-bagian dari bisnis, seperti bagian accounting, bagian pembelian, bagian penjualan, bagian produksi dan pada bagian-bagian yang lainnya.

  1. Akses yang lebih mudah pada berbagai cabang bisnis.

Jika sebuah bisnis sudah memiliki banyak cabang, akan menjadi tidak terlalu sulit dalam mengelola keuangan dari setiap cabangnya, dan itu berarti bahwa perusahaan tersebut memang sudah benar-benar sukses dalam menerapkan penggunaan dari software akutansi. Dengan menggunakan software akutansi ini, maka bisnis tersebut tidak perlu repot-repot lagi untuk mengelola berbagai cabang perusahannya, karena software tersebut sudah memiliki sistem multi gudang yang bisa diakses oleh kantor pusat, dan bahkan hanya dari satu computer saja.

Data-data bisnis bisa akan diakses kapan saja dan dimana saja secara online dan secara real-time, mulai dari proses input data, melihat data customer, data supplier, data-data aktiva, data inventoris, editing, otorisasi dan juga pembacaan laporan pada berbagai anak cabang perusahaan. Alur kinerja dari para karyawan juga akan mampu berjalan sesuai dengan SOP (standar operational procedure) yang masih berlaku. Para karyawan juga tidak akan lagi merasa kesusahan untuk melakukan input pada software tersebut untuk mengoperasikannya.

  1. Setelah menggunakan software akuntansi cost yang seharusnya dikeluarkan menjadi semakin kecil.

Salah satu tanda bahwa sebuah bisnis memang sudah sukses dalam menerapkan penggunaan software akuntansi selanjutnya adalah dari cost yang seharusnya dikeluarkan oleh perusahaan lebih cenderung menjadi semakin minim atau kecil. Untuk dapat mengelola keuangan perusahaan dengan baik, maka biasanya dibutuhkan lebih dari tiga orang akuntan untuk mengatur arus kas dan membuat laporan-laporan, termasuk juga laporan keuangan.

Namun, hal semacam itu masih dapat diefisiensikan dengan cara menggunakan software akuntansi, sehingga akan menjadi lebih efektif tanpa harus menyediakan banyak tenaga ahli akuntansi untuk melakukannya. Perusahaan tidak terlalu membutuhkan banyak karyawan untuk membuat pembukuan keuangannya, sehingga akan dapat sedikit memangkas biaya untuk menggaji karyawan professional. Efisiensi SDM seperti ini menjadi benar benar efektif untuk memangkas anggaran pengeluaran perusahaaan. Dengan cara seperti ini pula, maka kerugian-kerugian yang lebih berpotensi untuk terjadi selama ini akan bisa lebih diminimalisir dengan baik. Dan jika resiko untuk kehilangan anggaran yang sangat minim, maka profitpun akan secara otomatis dapat menjadi semakin meningkat.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang beberapa tanda bahwa sebuah bisnis memang sudah benar-benar sukses dalam menggunakan software akuntansi untuk operasional bisnisnya. Beralih dari pencatatan akuntansi yang manual kepada software akuntansi merupakan sebuah pilihan yang paling tepat, karena menjadi lebih praktis, cepat, dan data-data yang masih dapat tersaji secara real-time. Menggunakan software akuntansi, terutamanya adalah yang sudah berbasis online telah banyak menyediakan berbagai macam jenis fitur-fitur pembukuan yang lebih lengkap dan serba terperinci. Rasakan sendiri bagaimana manfaatnya menggunakan software akuntansi online untuk semakin meningkatkan pertumbuhan dari bisnis Anda, semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda sekalian. Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan membutuhkan software akutansi yang off line maupun on line, serta pembuatan SOP akutansi dan service akutansi lainnya, silahkan hubungi kami di groedu@gmail.com atau kontak kami di 081-8521172 atau 081-252982900. Kami siap membantu anda. Terima kasih.

 

GD Star Rating
a WordPress rating system

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi