Apr 16

TEKNIK MANAJEMEN BISNIS TERBAIK YANG TERBUKTI BERHASIL

Anda pasti sudah paham jika manajemen yang baik merupakan faktor penentu bagi setiap perusahaan untuk mencapai kesuksesan, tapi itu tidak selalu mudah bukan?
Ada banyak teknik manajemen bisnis yang membanjiri dunia korporat dan berjanji untuk membantu kehidupan manajer sehari-hari dan meningkatkan produktivitas proses manajemen dalam perusahaan. Dengan banyaknya pilihan, sulit untuk menentukan mana yang akan diterapkan untuk bisnis Anda.
Dalam jangka panjang, pilihan yang buruk dapat merusak perusahaan Anda. Itulah mengapa dalam artikel kali ini akan kami bagikan beberapa teknik manajemen bisnis yang perlu Anda perhatikan dan itu nyata benar-benar berhasil.

MANAJEMEN VISUAL
Manajemen Visual adalah salah satu teknik manajemen bisnis terpenting dalam hal meningkatkan keterlibatan karyawan dalam suatu organisasi. Seperti namanya, ini adalah metodologi yang didasarkan pada transparansi informasi tentang suatu proyek atau sektor perusahaan. Artinya, alih-alih sebuah tim yang hanya mengikuti perintah dari seorang manajer, semua karyawan dapat memiliki akses ke data terkait aktivitas dan hasil mereka.
Dengan akses ke semua informasi yang diperlukan, karyawan akan memiliki pengetahuan luas tentang tugas mereka. Mereka akan dapat mengikuti perkembangan semua aktivitas dan memahami proyek secara menyeluruh. Ini akan memudahkan mereka untuk merencanakan, beradaptasi dengan perubahan, dan memastikan integrasi yang lebih besar.
Dengan gagasan yang lebih baik tentang apa yang terjadi dalam proyek mereka, karyawan dapat memiliki rasa tanggung jawab yang lebih besar atas aktivitas yang dilakukan. Mereka merasa seperti menjadi bagian penting dari proyek yang dibangun bersama. Ini menghasilkan bukan hanya tim yang lebih bersatu, tetapi juga tenaga kerja yang lebih terlibat dengan melihat dampak sebenarnya dari upaya mereka.

Bagaimana cara mempraktikkannya?
Untuk mempraktikkan manajemen visual, ada yang memilih alat yang sangat mendasar seperti penggunaan papan tulis atau tabel yang berisi informasi yang akan dibagikan.
Tetapi dengan menggunakan teknik yang lebih berani, seperti otomatisasi bisnis dan perangkat lunak manajemen, opsi yang lebih efisien disajikan.
Ada banyak metode yang dapat digunakan untuk mempraktikkan teknik ini, seperti Kanban atau penggunaan dashboard.
Namun, terlepas dari pilihan yang dipilih, ada beberapa poin yang diperlukan untuk penerapan praktis manajemen visual:
• Tetapkan indikator: Pilih indikator mana yang dianggap paling penting dan akan dipantau oleh seluruh tim.
• Bagikan kalender: Bagikan tugas dengan seluruh tim dan susun menjadi: tertunda, berjalan, dan selesai. Setiap orang akan mengetahui tugas paling mendesak yang mendorong kinerja yang lebih efisien.
• Latih karyawan: Tim harus menerima panduan yang diperlukan untuk penerapan metode baru.
• Memberdayakan pemimpin: Mengakui dan memberdayakan para pemimpin akan menjadi langkah penting bagi tim untuk beroperasi paling efisien.
• Tunjuk seorang karyawan untuk memperbarui data: Untuk transparansi data, Anda perlu mengumpulkan informasi terbaru dan akurat. Sebutkan seseorang untuk bertanggung jawab atas peran ini.

MANAJEMEN HASIL
Didirikan pada tahun 1950 oleh Peter Drucker, “bapak manajemen modern”, sebuah teknik bisnis yang patut mendapat perhatian. Model tersebut mengajarkan bahwa semua karyawan suatu organisasi harus memiliki hasil sebagai fokus utama dari upaya mereka. Ini menciptakan lingkungan bisnis di mana setiap orang diarahkan untuk mengejar tujuan yang ditetapkan dan tidak hanya fokus pada proses.
Apa kelebihannya?
• Tujuan yang jelas: menghasilkan bersama dengan cara yang terdefinisi dengan baik menghasilkan fokus yang jauh lebih besar. Dengan demikian, mencapai tujuan seperti itu menjadi jauh lebih mudah.
• Tim terintegrasi yang lebih baik: Dengan setiap orang bertindak pada tujuan yang sama, integrasi dan komunikasi antar karyawan meningkat.
• Keterikatan: Saat orang merasa bertanggung jawab atas kemajuan proyek, mereka merasa “memiliki bisnis sendiri”. Hasil? Komitmen, motivasi, dan keterlibatan yang lebih besar dalam aktivitas.
• Peningkatan Produktivitas: Profesional yang terlibat dan bekerja dalam tim dengan tujuan bersama yang terdefinisi dengan baik hanya dapat menghasilkan peningkatan produktivitas dan bisnis.

MANAJEMEN KPI
Indikator Kinerja Utama atau KPI, membantu mendukung salah satu teknik manajemen bisnis yang paling terkenal dan paling banyak digunakan.
Dengan bergabung dalam manajemen KPI, Anda akan memilih metrik yang memantau dan mewakili tingkat kinerja bisnis Anda.
Melalui penggunaan KPI, hasil perusahaan dievaluasi. Dengan mengamati apakah mereka sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, kebutuhan untuk mengambil tindakan korektif harus dievaluasi.

Indikator KPI yang Baik
Sebelum Anda dapat menetapkan metrik yang akan digunakan untuk mengukur kinerja bisnis Anda, perlu diingat bahwa indikator yang baik harus:
• Mencerminkan tujuan perusahaan;
• Digunakan oleh manajer sebagai sumber untuk membantu pengambilan keputusan dan administrasi bisnis;
• Berdasarkan data yang terukur dan andal;
• Mudah dihitung dan dipahami;
• Didefinisikan dengan aturan yang sangat jelas.

Dari sini, Anda dapat memilih dari berbagai KPI.
Beberapa indikator paling umum di perusahaan adalah:
• Produktivitas (misalnya, produktivitas per jam / karyawan);
• Kualitas (misalnya, kuantitas cacat);
• Kapasitas (misalnya, jumlah produk yang dikemas mesin per hari);
• Strategis (misalnya, bagaimana perusahaan dalam hal tujuannya).

Bagaimana cara menerapkan teknik manajemen bisnis ini?
Untuk menerapkan manajemen KPI, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Perencanaan strategis:KPI perlu diselaraskan dengan perencanaan strategis Anda;
2. Tujuan:Tentukan tujuan mana yang akan ditetapkan. Tanyakan pada diri Anda: apa yang ingin Anda capai?
3. Tetapkan indikator:Hanya setelah mengevaluasi item sebelumnya, tentukan indikator mana yang akan dipertimbangkan;
4. Mengikuti:Penting untuk terus memantau KPI ini dan memantau apakah hasil yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan;
5. Perubahan yang diperlukan:Menurut data yang diperoleh dari pemantauan, akan memungkinkan untuk menentukan apakah ada kebutuhan untuk koreksi penyimpangan;
6. Selalu mungkin untuk meningkatkan:apakah hasilnya bagus? Bagus! Namun perlu dicatat bahwa, meskipun indikator menunjukkan data positif, proses selalu dapat ditingkatkan. Oleh karena itu, perhatian konstan dalam pengelolaan KPI mencari peluang perbaikan.
Perlu dicatat bahwa gagasan “semakin banyak semakin meriah” tidak cocok di sini. Saat menentukan KPI yang akan Anda lacak di perusahaan Anda, batasi diri Anda tidak terlalu banyak.

MANAJEMEN KINERJA PERUSAHAAN
Seperti namanya, manajemen kinerja perusahaan akan membantu aktivitas fundamental dalam perusahaan: memantau dan membandingkan hasil kasus. Tetapi definisi CPM memiliki tujuan yang lebih dari itu. Ini adalah seperangkat alat, metodologi, dan praktik yang memungkinkan untuk mengelola kinerja bisnis Anda dengan cara yang lebih terintegrasi dan sistematis.
Apa kelebihannya?
• Data Dalam: Dengan menyediakan data yang mendalam, perusahaan akan memiliki perspektif yang lebih realistis tentang kemajuan prosedurnya. Manajer dapat menyampaikan kepada karyawan semua pedoman yang paling sesuai.
• Peningkatan efisiensi: Dengan pedoman yang jelas dan konsisten dengan strategi perusahaan, karyawan menjadi lebih efisien dan lebih sadar akan tanggung jawab mereka.
• Perencanaan Anggaran: Dengan juga mengumpulkan informasi penting tentang faktor keuangan perusahaan, CPM membantu perencanaan anggaran, memfasilitasi pengurangan biaya dan risiko.
• Evaluasi kinerja: Dengan menyoroti data kinerja perusahaan, dimungkinkan untuk mengidentifikasi masalah dan perlunya tindakan korektif, dengan ini mengupayakan perbaikan berkelanjutan.
Selain itu, dengan mengintegrasikan perangkat lunak CPM dengan alat manajemen lain seperti ERP, misalnya, Anda dapat memperoleh lebih banyak wawasan tentang kinerja Anda dan mengintegrasikan serta menginformasikan tim Anda dengan lebih baik.

Keempat teknik manajemen bisnis ini penting bagi perusahaan dari semua ukuran dan sektor.
Dan untuk lebih mempermudah dan merampingkan operasinya, Anda harus memiliki perangkat lunak yang mengotomatiskan prosesnya masing-masing, membawa hasil dan produktivitas yang lebih baik. Dan jika Anda menginginkan informasi perihal perangkat lunak atau software ini. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi