Apr 11

TIPS AGAR BISA SUKSES DALAM MENJALANKAN PELUANG BISNIS YANG TEPAT SESUAI DENGAN BIDANG PILIHAN ANDA

Kali ini konsultan bisnis dan manajemen mewakili kota Jakarta membahas artikel di bawah ini. Untuk memulai dan keinginan agar bisa menjalankan sebuah bisnis sendiri bisa dibilang memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun bukan berarti tidak mungkin untuk bisa dijalankan, jika sebelumnya Anda sudah berkeinginan sangat kuat, namun masih belum pernah untuk mencobanya sendiri, maka Anda tidak akan pernah bisa mengetahui akan seperti apa dan bagaimana sebuah bisnis tersebut akan bisa dijalankan nantinya?

Jadi, sebisa mungkin upayakan untuk bisa memberanikan diri Anda sendiri dalam memulainya dari awal tentang hal-hal baru dalam menjalankan bisnis dengan berbagai persiapan yang cukup matang dan setidaknya dengan berbekal ilmu yang cukup memadai dari bidang bisnis yang ingin Anda tekuni tersebut.

Ingatlah, bahwa sebenarnya tidak pernah ada hasil yang mengkhianati sebuah kerja keras, entah itu dalam waktu yang singkat atau dengan jangka waktu selama bertahun-tahun lamanya. Agar bisnis Anda bisa berpeluang besar untuk sukses, maka setidaknya Anda perlu untuk memperhatikan beberapa tips sukses berikut ini untuk menjalankan peluang bisnis seperti apa yang selama ini ingin Anda jalankan tersebut:

1. Kuasai terlebih dahulu bidang bisnis seperti apa yang ingin Anda jalankan tersebut.

Sejak dari awal mula Anda berupaya ingin memulai dan menjalankan sebuah bisnis, maka biasanya akan jarang ada investor yang melirik, bahkan cukup berani untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis Anda. Namun untuk kesempatan itu suatu saat juga akan datang sendiri dan bisa datang entah waktunya kapan, jadi setidaknya Anda harus menguasai terlebih dahulu segala sesuatunya tentang bidang bisnis yang ingin Anda mulai jalankan tersebut dan harus selalu siap dalam menjelaskan dengan sejelas-jelasnya.

Hal semacam ini dimaksudkan agar Anda dapat membuat para investor untuk merasa yakin bahwa mereka telah berinvestasi di tangan yang tepat, yaitu kepada bisnis Anda, orang-orang yang merasa paling paham tentang adanya peluang-peluang bisnis yang bisa sukses ini adalah hanya beberapa investor tertentu saja, dan tidak mudah untuk mengenali semuanya. Karena itulah sudah menjadi tugas Anda untuk bisa mencari tahu dan mengenalkan bidang bisnis Anda tersebut kepada siapa saja calon-calon investor diantara sekian banyak investor-investor lain yang berpandangan cukup jeli untuk mendanai peluang dari bisnis Anda.

2. Melakukan hal-hal yang Anda senangi.

Dalam melakukan hal apapun, jika Anda tidak menyukainya, maka hal itu tidak akan bisa menjadikan Anda untuk melakukannya dengan sepenuh hati. Bukan karena adanya rasa keterpaksaan sehingga tidak akan bisa menjadi lebih maksimal lagi. Begitu juga dengan menjalankan sebuah peluang bisnis, segala macam bidang jenis pekerjaan jika tidak dilakukan dengan sepenuh hati, maka hanya akan membuahkan hasil yang tidak bisa maksimal, karena itulah banyak sekali berbagai macam pekerjaan-pekerjaan yang sangat tidak umum dilakukan orang-orang pada saat ini.

Namun, bagi Anda yang memang bercita-cita ingin menjadi seorang pebisnis yang sukses, maka jangan memulai bidang bisnis yang hanya sekedar memandang dan ingin bisa mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya saja dari bisnis tersebut. Apakah karena ingin terlihat lebih keren dari yang lain? Karena terdorong oleh kebutuhan yang mendesak? Atau karena disuruh untuk melanjutkan seperti apa yang diingkan oleh kedua orang tua? Namun sebenarnya, semua itu bukanlah passion alami Anda?

Biasanya, hal yang terbaik untuk dilakukan ketika Anda ingin memulai sebuah bisnis adalah dari berdasarkan hobi dan bakat yang selama ini Anda miliki. Jika hobi Anda adalah dunia fotografi, maka Anda bisa mulai mengasahnya dengan menjadi seorang juru foto terlebih dahulu. Apabila bakat Anda adalah senang bermain sepak bola, maka Anda bisa memulainya dari awal dengan mengikuti tes seleksi tim inti pada kesebelasan sepak bola sekolah, dan jika bakat Anda adalah dalam hal berdagang, maka Anda bisa memulainya dengan menjadi seorang pedagang/reseller maupun pengecer yang selanjutnya bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti Anda bisa menjadi seorang pedagang besar sekelas distributor grosir. Dengan begitu, maka hobi dan bakat Anda akan semakin terasah dengan baik dan mimpi Anda akan menjadi semakin terbuka lebar agar bisa menjadi seorang pebisnis yang sukses.

3. Tunjukan bagaimana konsep dari bidang bisnis Anda yang terbaik.

Percaya diri dan merasa yakinlah pada bidang bisnis Anda, sebenarnya tidak ada investor yang bersedia untuk berinvestasi pada bisnis Anda adalah karena mereka sendiri juga masih belum merasa yakin dan mengetahui tentang bagaimana standar umum dari konsep bidang bisnis yang ingin Anda tawarkan kepada mereka. Dan karena itulah, maka tunjukkan terhadap mereka bahwa konsep dari bidang bisnis Anda ini adalah konsep yang bagus dan akan berpeluang besar untuk menguntungkan mereka.

Jika mereka bersedia untuk berinvestasi dalam mendanai proses bisnis Anda tersebut. Maka jalankan sebagaimana konsep dari bidang bisnis yang ingin Anda tawarkan tersebut dengan lebih tepat. Dengan bermodalkan seadanya untuk memberikan fakta-fakta dan bukti yang nyata terhadap para investor. Ketika Anda sudah menunjukkan bahwa konsep dari bidang bisnis Anda adalah yang terbaik, maka selanjutnya percayalah bahwa para investor tersebut yang selanjutnya akan mencari Anda.

4. Tetaplah fokus dengan tujuan awal mengapa Anda ingin membangun dan menjalankan bisnis tersebut.

Tips yang terakhir agar bisa sukses dalam menjalankan peluang bisnis yang menjadi pilihan Anda sendiri adalah harus tetap fokus pada tujuan awal mengapa Anda ingin membangun dan menjalankan bisnis tersebut. Dengan cara tetap fokus ini, maka Anda akan bisa lebih memaksimalkan segala daya dan energi Anda untuk kesuksesan dari menjalankan bisnis tersebut.

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia teknologi saat ini, seakan-akan semua hal tersebut dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang tepat. Dengan semakin begitu banyaknya peluang-peluang yang harus bisa diambil, maka mungkin saja Anda akan merasa semakin kebingungan dalam memilih salah satu peluang seperti apa saja yang nantinya ingin lebih dikembangkan lagi. Sehingga banyak diantara orang-orang yang malah ingin mencoba untuk mengembangkan sekaligus dari sekain banyak peluang dalam waktu yang bersamaan.

Namun, yang menjadi pertanyaannya adalah apakah apa hal itu benar? Sebenarnya, tidak ada jawaban yang pasti benar atau salah, karena semua itu juga masih tergantung pada tingkat kemampuan dari masing-masing individu yang ingin menekuni bisnisnya, namun akan jauh lebih baik lagi jika Anda masih tetap fokus pada satu peluang bisnis saja dan bagaimana cara Anda dalam mewujudkannya.

Nah sekarang, apakah Anda sudah memantapkan diri dengan pilihan peluang bisnis seperti apa yang ingin Anda jalankan tersebut? Anda sendirilah yang mengetahui jawabannya. Semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan bagi Anda sekalian, terimakasih dan salam sukses pebisnis Indonesia.

Apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan membutuhkan pendampingan dalam start up bisnis, mulai dari rekrutment, pembuatan SOP finance & accounting, SOP produksi, SOP Gudang dan Logistik, SOP marketing, KPI, sampai dengan perusahaan beroperasi, silahkan hubungi Frans M. Royan, SE,MM atau kontak ke 081-252-982900, atau kontak ke 081-8521172. Tim kami siap membantu.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi