Jan 30

TIPS CERDAS MEMULAI BISNIS STARTUP

Bisnis startup adalah bisnis yang usianya masih muda dan masih dalam pengembangan. Startup kebanyakan sekarang berciri khas yang berkaitan dengan teknologi seperti aplikasi, web dan sebagainya. Dan sekarang ini, banyak kaum muda di Indonesia berlomba-lomba membuat bisnis startup. Bisnis ini memang lebih menantang daripada bisnis lain. bisnis startup menekankan pada memberikan solusi untuk suatu permasalahan tertentu dengan lebih memanfaatkan teknologi. Oleh sebab itu, memang butuh keseriusan dan pemahaman tersendiri termasuk tips untuk memulai bisnis ini. Maka dari itu, Agar Anda tidak salah jalan dalam memulai bisnis ini ijinkan pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu International Consultant (Lembaga Konsultan Bisnis yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, Mataram dan kota besar lainnya) akan memberikan tips atau kiat mengenai cara cerdas dalam memulai bisnis startup.

Kuatkan Niat anda!
Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu didasari oleh niat. Bagaimana mau menjalankan bisnis jika niatnya tidak full 100%. Oleh sebab itu, ketika Anda akan memulai bisnis startup, mantapkan niat. Dari niat inilah akan lahir keseriusan serta harapan dan mimpi-mimpi di masa yang akan datang.

Baca juga e-books : peluang mendirikan distributor

Tentukan Ide Anda
Setelah mengkuatkan niat, sekarang saatnya untuk menentukan ide anda. Mencari ide itu mudah, anda bisa mencarinya dimana saja dan kapan saja. Namun yang jadi permasalahan utamanya adalah proses eksekusi dari ide yang telah dipikirkan. Untuk itu Anda perlu melakukan beberapa hal yaitu mencari permasalahan, mencari orang-orang yang dirugikan dengan adanya permasalahan tersebut, kemudian mengomunikasikan solusi yang Anda miliki untuk menyelesaikannya.

Buat Rencana Bisnis
Setelah mendapat ide, kini saatnya menjabarkan tujuan dalam sebuah rencana bisnis yang terdiri dari beberapa tahap dan dikerjakan selama beberapa waktu ke depan. Berusahalah mengerjakan daftar rencana sesuai waktu yang telah ditetapkan.
Pastikan Produk Dibutuhkan Banyak Orang
Ini juga langkah yang penting ketika Anda akan memulai bisnis startup. Jangan sampai setelah membuat perencanaan matang tentang marketing dan lain-lain, Anda lupa bahwa produk yang Anda tawarkan ternyata tidak diminati pasar. Memang ide yang unik dan kreatif bisa menghasilkan banyak pasar.

Baca juga e-books : berbisnis untuk menang atau tidak berbisnis sama sekali

Mengembangkan Produk
Selanjutnya adalah mengembangkan produk yang dibuat. Setelah desain produk sudah dibuat, sekarang adalah saatnya mengembangkan produk tersebut. Pengembangan produk meliputi bagaimana produk ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat, atau bagaimana layanan purna-jual diberikan. Tidak cukup disitu saja, tapi juga bagaimana sebuah produk ini mampu bertahan ketika produk serupa dari pesaing hadir.
Menaksir Harga dan Mengenalkan Produk
Sebuah startup tentunya bertujuan untuk menghasilkan profit. Maka tentu akan ada beberapa pot dana yang harus disediakan atau diproyeksikan akan didapatkan dari produk tersebut. Sebagai sumber pendanaan awal startup bisa didapatkan dari hasil penggalangan dana pribadi-pribadi yang terlibat, mendapatkan dari hasil pinjaman modal online misalnya, atau melalui investor.
Jika Anda berfikir, bagaimana dengan modal? Modal memang penting, tapi yang namanya modal tidak melulu harus uang. Ingat, modal berupa uang memang penting tapi modal berupa kemampuan atau skill, jaringan dan lain sebagainya juga penting.
Sebenarnya cara membuat bisnis startup itu mudah. Semua hanya membutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam menjalaninya. Saat ini bisnis startup mulai berkembang di Indonesia. Sayangnya, startup seringkali lahir dalam sebuah ketidakpastian. Banyak orang hanya ikut-ikutan membangun bisnis startup tanpa memahami dasar-dasar yang harus dilakukan.
Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan jika anda membutuhkan bimbingan untuk membuat bisnis startup, atau mendirikan supermarket, distributor ataupun mini manufacturing dan bisnis-bisnis lainnya. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu. Selamat mencoba!. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi