Nov 22

TIPS JITU MENULIS BISNIS PLAN UNTUK PEMULA

Menulis rencana bisnis terkadang terasa berat jika sebelumnya anda belum pernah membuatnya. Namun, hal itu adalah sesuatu yang tidak bisa untuk anda tunda dan anda abaikan jika anda berniat untuk menjadi seorang pebisnis. Memiliki rencana bisnis yang baik akan sangat penting dalam keberlangsungan hidup dan pengembangan bisnis anda. Sehingga pada kesempatan kali ini Kami Tim GroEdu International Consultant (Lembaga Konsultan Bisnis yang sudah dipercaya oleh berbagai kota besar diantaranya Surabaya, Malang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar dan kota besar lainnya) akan menulis artikel tentang tips yang bermanfaat untuk memperkuat rencana bisnis anda saat menjalin kerjasama dengan investor. Berikut adalah beberapa tips jitu yang dapat anda terapkan

Lakukan Penelitian Terus Menerus
Terus teliti dan analisis produk anda, pasar anda dan keahlian objektif anda. Pertimbangkan menghabiskan dua kali lebih banyak waktu untuk meneliti, mengevaluasi, dan berpikir mengenai rencana anda. Untuk menulis rencana yang sempurna, anda harus mengenal perusahaan anda, produk anda, pesaing anda dan pasar anda. Dengan kata lain, anda bertanggung jawab untuk mengetahui segala hal tentang bisnis dan industri yang telah anda buat. Kemudian berikan wawasan anda pada banyak audiens.

Tentukan Tujuan Rencana Anda
Rencana bisnis adalah dokumen tertulis yang menggambarkan sifat bisnis, strategi penjualan dan pemasaran, latar belakang keuangan, serta berisi proyeksi laporan laba rugi. Dan jika anda ingin menarik investor, buat rencana yang memiliki tujuan untuk menargetkan mereka dan anda harus membuat rencana yang jelas dan mudah dipahami oleh mereka. Sehingga mereka bisa tertarik untuk bekerja sama dengan anda.

Dokumentasikan Semua Aspek Bisnis Anda
Investor ingin memastikan bahwa bisnis anda akan menghasilkan uang bagi mereka. Karena harapan ini, investor ingin tahu segalanya tentang bisnis anda. Oleh karena itu anda perlu untuk mendokumentasikan semua aspek bisnis anda dari pengeluaran, arus kas, dan proyeksi industri. Selain itu, jangan lupakan detail tentang strategi lokasi anda dan perjanjian lisensi.

Buat Itu Mudah Beradaptasi Berdasarkan Audiens Anda
Para calon investor potensial memiliki minat rencana bisnis yang sangat beragam, tergantung posisi mereka sekarang. Ketahui minat mereka dan buat model rencana yang sesuai dengan minat mereka, maka cara ini akan menjadi nilai plus tersendiri bagi anda.

Jelaskan Mengapa Anda Peduli
Pembuatan rencana yang baik harus menunjukkan bahwa anda seorang yang bersemangat dan berdedikasi, serta anda benar-benar peduli dengan bisnis dan rencana tersebut. Anda dapat mendiskusikan kesalahan yang telah anda pelajari, membuat daftar masalah yang ingin anda selesaikan, menggambarkan nilai-nilai anda, dan menetapkan apa yang membuat anda menonjol dari kompetisi. Dengan menjelaskan mengapa anda peduli dengan bisnis anda, anda telah membuat hubungan emosional yang baik dengan orang lain sehingga mereka akan mendukung bisnis anda.

Demikian artikel ini dari kami. Terimakasih karena sudah berkunjung ke website kami dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua para pembaca. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan membutuhkan bimbingan dalam membuat bisnis plan, atau bimbingan membangun sebuah bisnis startup, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau kontak langsung kami 081-8521172 & 081-252-982900. Kami siap membantu.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi