Des 08

TIPS MEMBUAT BUSINESS PLAN YANG BAIK

Tips Membuat Business Plan yang Baik

Kebanyakan orang mungkin masih belum familiar dengan istilah diatas. Business Plan atau dalam Bahasa Indonesia yaitu ide bisnis/usaha dan sebagainya merupakan salah satu poin krusial bagi anda yang ingin memulai wirausaha atau membangun bisnis sendiri. Untuk itu, melalui artikel kali ini kami akan berbagi tips bagaimana cara membuat business plan yang baik dan efektif untuk kedepannya.

Definisi
Seperti pada umunya tentu tak lengkap rasanya apabila tak membahas pendefinisan terkait topik yang tengah dibahas. Business Plan atau ide bisnis merupakan rencana tertulis yang memuat mengenai berbagai hal terkait bagaimana suatu bisnis akan berjalan, hal-hal seperti visi dan misi, latar belakang hingga strategi bisnis yang akan diterapkan akan ditata dalam business plan agar dalam menjalankan bisnis, anda dapat memperoleh hasil yang signifikan dengan pengelolaan teratur yang nantinya akan menunjang bagaimana perkembangan bisnis anda kedepannya.
Perlu diingat bahwa peran Business Plan sangatlah krusial dimana bagian ini akan sangat menentukan bagaimana jalannya bisnis anda. Seperti yang diketahui bahwa cetak biru akan sebuah proyek sangatlah penting, seperti itu pula pentingnya Business Plan sebelum menjalankan bisnis apabila diibaratkan.
Sebelum beralih ke topik utama, perlu anda ketahui beberapa aspek yang harus tertera dalam business plan anda. Antara lain:
1. Produk yang anda tawarkan
2. Deskripsi singkat mengenai bisns anda
3. Struktur manajemen
4. Strategi marketing, hingga
5. Aspek finansial seperti modal dan sebagainya
Tips
Tanpa basa-basi lagi, berikut kami cantumkan beberapa tips dari kami dalam membuat Business Plan yang meliputi:
 Riset
Melakukan riset sangatlah diperlukan sebelum membangun dan menjalankan bisnis yang anda inginkan. Memantau situasi pasar, produk/jasa apa saja yang paling dicari pada waktu itu, dengan begitu anda dapat melihat peluang apa saja yang dapat anda manfaatkan dalam potensi pasar.
 Buat Profil Perusahaan
Setiap bentuk usaha yang akan dikembangkan tentu memerlukan deskripsi tersendiri agar lebih mudah dikenal oleh banyak orang. Selain itu, profil perusahaan dapat mengatur konsistensi anda dalam meraih tujuan perusahaan melalui business plan yang telah dibuat. Dalam profil ini juga harus tertera visi dan misi perusahaan yang nantinya akan berperaan dalam menambah kredibilitas perusahaan.
 Catat Segala Keperluan Finansial
Seperti halnya berapa banyak pengeluaran serta pemasukan yang anda dapat dalam kurun waktu tertentu, hal ini akan berguna kedepannya sebagi acuan pengelolaan finansial bagi perusahaan anda nantinya.
 Atur Strategi Marketing
Marketing menjadi salah satu kegiatan krusial yang dapat menentukan nasib perusahaan anda kedepannya. Dengan prosedur serta strategi marketing yang matang, peluang perkembangan usaha anda pun juga akan bertambah.

Itulah beberapa tips dari kami seputar Business Plan yang baik dan efektif yang juga mengakhiri pembahasan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan pembaca sekalian. Apabila pembaca membutuhkan pendampingan dalam pembuatan bisnis plan, serta pembuatan desain sistem manajemen untuk perusahaan start up, serta software accounting dan pelatihan mengenai Pemasaran silahkan hubungi 081-252982900, di Groedu International Consultant, lembaga pelatihan dan konsultasi bisnis untuk berbagai kota seperti Surabaya, Malang, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Denpasar, Medan, Palembang, Makassar, Mataram dan kota besar lainnya. Tim kami siap membantu anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi