Okt 12

TIPS MEMBUAT MARKETING PLAN YANG COCOK UNTUK BISNIS RUMAHAN (HOME INDUSTRI)

Bertemu kembali dengan kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan bisnis yang sudah dipercaya oleh berbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar dan kota besar lainnya). Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang “Tips Membuat Marketing Plan Yang Cocok Untuk Bisnis Rumahan”.
Sebagai pelaku bisnis pernahkah anda berpikir tentang bagaimana membuat Marketing Plan? Dan sesungguhnya apa itu Marketing Plan? Serta manfaat apa yang didapatkan dengan membuat Marketing Plan? Dalam artikel yang kami buat ini, akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan diatas.
Pemasaran merupakan bagian penting dari tercapainya sebuah sukses berbisnis terlepas itu bisnis apapun, termasuk bisnis rumahan. Tanpa pemasaran, orang sebagai konsumen tidak dapat mengerti tentang bisnis Anda, tentang produk anda, dan cara mereka membeli dari Anda. Pasti jika tanpa adanya pelanggan bisnis anda tidak akan berhasil.
Markting Plan atau Rencana Pemasaran adalah sebuah dokumen bisnis yang menguraikan strategi dan taktik pemasaran dalam bisnis anda. Ini sering berfokus pada periode waktu tertentu, misal rencana untuk satu tahun kedepan dan mencakup berbagai detail terkait pemasaran, seperti biaya, sasaran, dan langkah yang akan anda buat. Marketing Plan bukan dokumen statis, melainkan terus diperbarui berdasarkan kondisi bisnis anda. Terutama di dunia yang sedang berubah saat ini, Anda harus tetap up to date tentang cara terbaik untuk menjangkau pasar anda.

Berikut ini adalah manfaat Marketing Plan bagi bisnis anda.
• Memberikan kejelasan tentang siapa pasar Anda. Lebih mudah menemukan klien dan pelanggan jika Anda tahu siapa mereka.
• Membantu Anda menyusun strategi pemasaran yang dapat menciptakan proses pembelian produk anda oleh konsumen. Pemasaran adalah tentang mengetahui apa yang dapat dilakukan produk atau layanan Anda untuk menarik minat target pasar anda.
• Memberikan fokus dan arah. Anda memiliki banyak pilihan untuk melakukan pemasaran seperti melalui email, media sosial, iklan, blog atau website, media cetak, dan sebagainya. Dengan begitu banyak pilihan pemasaran ini, anda memerlukan rencana untuk menentukan tindakan terbaik untuk bisnis anda.
Karena bisnis anda merupakan bisnis rumahan bukan berarti pemasaran yang anda lakukan hanya sebatas pemasaran biasa tanpa adanya rencana dan strategi yang efektif. Rencana dan Strategi yang efektif akan membantu bisnis anda agar cepat berkembang dan maju. Marketing Plan adalah alat yang perlu anda gunakan setiap hari guna membantu mencapai pasar dan sasaran laba anda. Ketika Anda membuat Marketing Plan, anda harus fokuskan pada apa yang perlu anda mengerti sehingga dapat menjangkau pasar anda. Berikut adalah fokus yang harus anda perhatikan dalam pembuatan Marketing Plan.

1. Detail tentang situasi bisnis Anda saat ini. Apa produk bisnis anda? Apa peluang dan tantangan yang anda dalam mendapatkan klien dan pelanggan baru? Masalah apa yang mungkin akan anda temui pada tahun berikutnya, atau undang-undang baru yang dapat memengaruhi cara Anda melakukan bisnis?
2. Siapa target pasar Anda? Siapa kemungkinan pembeli terbesar dari produk anda? Untuk membantu mendefinisikan pasar anda, tentukan bagaimana produk atau layanan Anda dalam membantu orang dan kemudian cari tahu orang-orang yang membutuhkan solusi itu. Misalnya, jika bisnis Anda membantu orang-orang yang mengalami obesitas, maka target pasar anda bukanlah orang-orang yang memiliki badan ideal melainkan orang yang memiliki berat badan lebih.
3. Taktik pemasaran apa yang akan anda gunakan untuk mencapai pasar anda? Biarkan target pasar anda menjadi panduan dalam membuat strategi pemasaran yang akan anda gunakan. Di mana lokasi strategis target pasar anda? Bagaimana anda bisa menemukan dan meyakinkan mereka untuk menerima bisnis anda? Misalnya, jika pasar anda menghabiskan banyak waktu di Facebook, maka yang perlu anda lakukan adalah membuat halaman di Facebook, atau mungkin berinvestasi dalam iklan Facebook.
4. Berapa biaya yang anda perlukan? Di sinilah Anda membuat anggaran untuk rencana pemasaran anda. Ada banyak strategi pemasaran gratis, walaupun mereka membutuhkan waktu. Apakah Anda akan membayar untuk iklan atau layanan milis? Gunakan semua area pemasaran yang dapat anda lakukan, namun anda harus tetap bijak dalam mengeluarkan biaya anda.
5. Bagaimana anda akan menjalankan rencana pemasaran anda? Perencanaan itu cukup mudah. Menjalankan rencana lebih merupakan tantangan. Bagaimana anda memasukkan strategi pemasaran anda ke dalam kegiatan bisnis reguler anda?

Demikian artikel marketing plan yang dapat saya sampaikan. Terimakasih sudah berkunjung ke website kami dan semoga bermanfaat. Jika ingin lebih dalam mengetahui informasi tentang artikel ini, cara membuat marketing plan, atau pelatihan marketing plan, cara memilah target pasar yang sesuai dengan bisnis anda, aplikasi akuntansi penunjang untuk anda, atau konsultasi tentang bisnis anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp 081-252-982900 / 081-8521172. Kami siap membantu anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi