Mar 20

TIPS MEMUNCULKAN IDE BISNIS JANGKA PANJANG

Ingin berbisnis, tapi bingung bisnis apa yang bisa anda mulai? Ide bisnis ada di sekitar anda. Beberapa berasal dari analisis yang cermat tentang tren pasar dan kebutuhan konsumen, yang lain biasanya datang dari suatu kebetulan. Jika anda tertarik untuk memulai bisnis, tetapi tidak tahu produk atau layanan apa yang mungkin anda jual, mengeksplorasi cara-cara untuk menghasilkan ide bisnis ini akan membantu anda memilih dan memutuskan terkait ide bisnis apa yang akan jalankan.

Pahami Keahlian Anda Sebagai Modal Bisnis
Apakah anda memiliki bakat atau rekam jejak yang terbukti dapat menjadi dasar bisnis yang menguntungkan? Untuk menemukan ide bisnis yang layak, tanyakan pada diri anda sendiri terkait keterampilan dan pengalaman apa yang anda miliki? Dan apakah orang mau membayar semua itu?

Ikuti Perkembangan Terkini
Jika anda menonton berita secara teratur dengan maksud untuk menghasilkan ide bisnis, anda akan kagum pada berapa banyak peluang bisnis yang dihasilkan oleh otak anda. Mengikuti peristiwa terkini akan membantu anda mengidentifikasi tren pasar, mode baru, berita industri dan banyak hal baru yang memiliki potensi sebagai bisnis.

Riset Kebutuhan Pasar Saat Ini
Kunci untuk memunculkan ide bisnis untuk produk atau layanan baru adalah mengidentifikasi kebutuhan pasar yang tidak terpenuhi. Misalnya, pada tahun 2004 seorang mahasiswa psikologi Universitas Harvard bernama Mark Zuckerberg mengakui perlunya situs jejaring sosial kampus yang akan memungkinkan siswa dan staf untuk berbagi profil pribadi dan informasi lainnya. Dia kemudian mengembangkan Facebook dan menjadi salah satu miliarder termuda di dunia. Lihatlah ke sekeliling dan tanyakan pada diri sendiri, “Bagaimana situasi ini bisa diperbaiki?” Tanyakan kepada orang-orang tentang layanan tambahan yang ingin mereka lihat. Berfokuslah pada target pasar tertentu dan sumbang saran untuk layanan yang akan diminati kelompok itu. Menemukan ceruk pasar dan memanfaatkannya adalah salah satu jalan terbaik menuju kesuksesan dalam bisnis.

Tambahkan Nilai Lebih Ke Produk Yang Sudah Ada
Perbedaan antara kayu mentah dan kayu jadi adalah contoh yang baik untuk menempatkan suatu produk melalui proses tambahan yang meningkatkan nilainya, tetapi proses tambahan bukanlah satu-satunya cara nilai ditambahkan. Anda juga dapat menambahkan layanan, atau menggabungkan produk dengan produk lain. Mulailah menghasilkan ide bisnis dengan melihat produk dan layanan yang anda gunakan dan bertukar pikiran tentang bagaimana mereka bisa menjadi lebih baik.

Pandang Jauh Ke Masa Depan
Pengusaha sukses adalah inovator. Mereka tidak bertahan dengan metode atau teknologi lama, tetapi mereka melihat ke masa depan dan membayangkan apa yang akan berhasil, kemudian mewujudkan visi itu. Anda dapat melakukan ini dengan bertanya pada diri sendiri apa langkah logis berikutnya dalam lini produk atau dalam evolusi layanan yang disediakan. Dengan melihat tren saat ini dan akan membuat langkah lebih maju, anda akan sampai pada ide yang berpotensi merevolusi pasar di masa depan.

Demikian informasi cara membangun ide bisnis, apabila dari pembaca memiliki pertanyaan atau menginginkan informasi lebih detil tentang artikel diatas, butuh pendampingan dalam memulai bisnis, hendak berkonsultasi terkait bisnis yang tengah anda jalankan. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami Konsultan Bisnis Surabaya siap membantu.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi