Apr 28

TIPS SUKSES MEMBANGUN BISNIS START UP

Eksploitasi ide-ide baru yang sukses sangat penting untuk bisnis agar mampu meningkatkan prosesnya, membawa produk baru dengan akses yang lebih baik ke pasar, meningkatkan efisiensinya, dan yang paling penting, meningkatkan profitabilitasnya. Seluruh pasar baik lokal, regional, nasional atau global kini menjadi sangat kompetitif. Persaingan telah meningkat sebagai akibat dari akses yang lebih luas ke teknologi baru dan peningkatan peluang perdagangan dan berbagi pengetahuan yang ditawarkan oleh Internet.

Dalam artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana Anda dapat menjadikan inovasi tersebut sebagai suatu proses bisnis utama dan menguraikan berbagai pendekatan yang dapat Anda ambil. Hal ini akan memberikan Anda saran tentang perencanaan dalam inovasi dan menciptakan lingkungan bisnis yang tepat untuk mengembangkan ide-ide Anda.

#1 Memperkenalkan Produk Inovatif

Penting untuk memperjelas perbedaan antara penemuan dan inovasi. Penemuan adalah ide baru. Inovasi adalah aplikasi komersial dan eksploitasi ide yang berhasil. Pada dasarnya, inovasi berarti memperkenalkan sesuatu yang baru ke dalam bisnis Anda. praktik inovasi yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut.

Meningkatkan atau mengganti proses bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, atau memungkinkan bisnis untuk memperluas jangkauan atau kualitas produk dan / atau layanan yang ada.
Mengembangkan produk dan layanan yang sepenuhnya baru dan lebih baik – sering kali untuk memenuhi permintaan atau kebutuhan pelanggan atau pelanggan yang berubah dengan cepat.
Menambah nilai pada produk, layanan, atau pasar yang ada untuk membedakan bisnis dari para pesaingnya dan meningkatkan nilai yang dirasakan bagi pelanggan dan pasar.

#2 Pendekatan Terhadap Inovasi

Inovasi dalam bisnis Anda dapat berarti memperkenalkan produk, layanan, atau proses baru atau lebih baik. Namun tanpa sebuah pendekatan yang tepat, biasanya anda akan mengalami kesulitan tersendiri. Berikut beberapa pendekatan yang bisa anda praktikkan.

Analisis Pasar
Tidak ada gunanya mempertimbangkan inovasi dalam ruang hampa. Untuk memajukan bisnis Anda, pelajari pasar Anda dan pahami bagaimana inovasi dapat menambah nilai bagi pelanggan Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang menganalisis pasar Anda, lihat halaman dalam panduan ini tentang perencanaan inovasi.

Identifikasi Peluang Untuk Inovasi
Anda dapat mengidentifikasi peluang untuk inovasi dengan mengadaptasi produk atau layanan Anda dengan cara pasar Anda berubah. Misalnya, jika Anda adalah produsen hamburger spesialis, Anda dapat mempertimbangkan menurunkan kadar lemak di burger Anda untuk menarik konsumen yang sadar kesehatan. Anda juga dapat mengembangkan bisnis Anda dengan mengidentifikasi produk yang sama sekali baru. Misalnya, Anda dapat mulai memproduksi burger vegetarian dan daging. Anda dapat berinovasi dengan memperkenalkan teknologi, teknik, atau praktik kerja baru – mungkin menggunakan proses yang lebih baik untuk memberikan kualitas produk yang lebih konsisten.

Jika penelitian menunjukkan orang memiliki lebih sedikit waktu untuk pergi ke toko, Anda dapat memeriksa proses distribusi Anda, menawarkan pelanggan layanan pengiriman rumah, mungkin terkait dengan pemesanan online dan telepon. Jika produk pesaing utama Anda memiliki reputasi sebagai barang yang murah dan ceria, daripada mencoba mengurangi harga, Anda bisa berinovasi dengan memperbaiki pemasaran Anda untuk menekankan kualitas barang dagangan Anda – dan pertimbangkan untuk menagih premi untuknya.

#3 Perencanaan Inovasi

Beberapa ide inovatif mungkin muncul begitu saja. Namun, idealnya Anda harus memikirkan bagaimana visi strategis anda. Apa yang bisnis Anda berkembang, jika Anda mendedikasikan waktu Anda untuk memantau tren di sektor bisnis Anda, Anda kemudian dapat memfokuskan upaya inovatif Anda pada bidang yang paling penting. Inovasi tidak hanya akan meningkatkan peluang bisnis Anda bertahan, tetapi juga membantunya berkembang dan mendorong peningkatan laba. Ada banyak cara praktis untuk menilai apakah ide Anda memiliki potensi keuntungan, sedikit contoh yang bisa kami sebutkan adalah sebagai berikut.

Nilai Kompetisi
Cari tahu siapa pesaing Anda dan di mana mereka beroperasi. Gunakan Internet dan sumber iklan seperti Halaman Kuning untuk mencari tahu tentang produk, harga, dan budaya operasi mereka. Ini dapat memberi Anda gambaran tentang nilai jual mereka, serta area mana pun yang mungkin dapat Anda manfaatkan

Pelajari Tren Pasar Atau Industri
Kesadaran akan iklim di mana bisnis Anda beroperasi akan membantu Anda merencanakan. Anda dapat menemukan banyak informasi tentang industri Anda di Internet. Majalah bisnis dan perdagangan juga akan menampilkan artikel yang bermanfaat.

Bangun Hubungan Dengan Pelanggan Anda
Tidak cukup hanya mengetahui siapa basis pelanggan Anda. Anda perlu berkomunikasi secara efektif dengan mereka juga. Komunikasi tidak hanya sekedar mendengarkan kebutuhan mereka tetapi juga secara aktif mengamati perilaku mereka di sekitar produk dan layanan saat ini dan menghasilkan ide-ide tentang bagaimana Anda dapat melakukan perbaikan.

Ketiga proses ini akan sangat membantu anda memulai bisnis dengan berfokus pada produk yang inovatif. Tentu salah satu produk yang bisa menjadi trend pelanggan adalah produk seperti ini. Selain produk baru dengan inovasi baru, ditambah berbagai manfaat lain yang bisa memenuhi solusi yang diinginkan pelanggan.Jika anda berniat untuk lebih tahu bagaimana menciptakan bisnis startup, silahkan anda hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900/081-8521172. Kami siap membantu anda.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi