Sep 08

TRANSFORMASI BISNIS KELUARGA KE PROFESIONAL

Bisnis keluarga memang tidak mudah berubah jika pemilik bisnis tidak mau mengubahnya. Transformasi bisnis biasanya terjadi apabila generasi ke dua menghendaki banyak perubahan dibidang manajemen. Umumnya kendala sangat banyak terjadi sebab terkait dengan proses bisnis, pegawai yang lama yang memiliki kebiasaan bekerja baik secara buruk dan baik. Serta masalah teknis terkait dengan modernisasi permesinan. Mesin datang dan akan menghadapi tantangan sebab kehadiran mesin bisa menyebabkan banyak pengangguran di pabrik. Transformasi dari bisnis keluarga ke ke profesional memang suatu issue yang tidak pernah berhenti.
Berbagai kendala yang sering dihadapi oleh bisnis keluarga yang beralih ke profesional antara lain :

  1. Sumber daya manusia
  2. Proses bisnis yang berubah
  3. Mesin modern yang datang
  4. Pasar yang mulai menyusut
  5. Strategi bisnis yang usang
  6. Kesulitan memulai transformasi

Sumber daya manusia merupakan tantangan terbesar dalam transformasi bisnis keluarga ke bisnis profesional. Sumberdaya manusia di perusahaan secara usia sudah kedaluarsa dan mereka tidak mau berubah, serta berada dalam zona nyaman sehingga ketika di perusahaan ada perubahan mereka tidak bisa menyesuaikan. Khususnya mengenai skill mereka yang kurang cukup memadai dan sulit berkembang dalam menghadapi proses bisnis yang baru.

Proses bisnis yang berubah menyebabkan mereka sulit untuk beradaptasi, dan cenderung sumber daya yang ada melakukan penolakan. Proses bisnis berubah karena secara desain sistem manajemen diperbaharui dan diperbaiki menyesuaikan mesin, cara dan metode baru dalam bekerja seperti yang ada saat ini dimana pemasaran secara on line bisa mengubah cara memasarkan produk perusahaan.

Mesin modern yang datang juga menjadi penyebab berubahnya cara bekerja di dalam perusahaan, dengan adanya mesin yang baru masuk mengubah desain sistem manajemen yang lama ke baru. Oleh sebab itu banyak skill dan pengetahuan baru yang harus diajarkan kepada para karyawan yang ada di dalam perusahaan. Apabila hal ini terjadi tidak menutup kemungkinan yang tidak mau belajar segera tersingkirkan secara alami dari perusahaan.

Pasar yang mulai menyusut karena disrupsi, serta penjualan lewat digital juga akan mempengarui metode kerja karyawan dalam pemasaran. Oleh sebab itu ini menjadi tantangan terbesar dalam melakukan pekerjaan dan agar perusahaan bisa bertahan dalam persaingan bisnis yang ketat. Hal ini menjadikan transformasi dari bisnis keluarga ke profesional tidaklah menjadi mudah.

Strategi bisnis yang usang juga menjadi penyebab dan hambatan dalam memajukan bisnis keluarga ke bisnis profesional. Jadi mesti diadaptasi dengan strategi bisnis yang baru, dengan demikian perusahaan akan lebih survive tetapi hal ini sangat sulit bagi sumber daya di perusahaan sehingga menjadi pemicu kegagalan dalam transformasi bisnis.

Pada poin terakhir adalah kesulitan perusahaan dalam melakukan transformasi dari bisnis keluarga ke bisnis profesional yang modern. Kesulitan ini dilatarbelakangi oleh poin-poin sebelumnya, lalu bagaimana solusi yang mesti harus dilakukan? Tentunya perusahaan membutuhkan pendamping dalam melakukan transformasi ini. Konsultan bisnis yang ahli dalam transformasi bisnis tentunya sangat dibutuhkan. Langkah-langkah yang sering dilakukan adalah dengan mendesain ulang sistem manajemen, rekrutment SDM, pelatihan dan melakukan penilaian terhadap tenaga kerja serta membawa perusahaan ke cara-cara baru dalam melakukan pekerjaan.

Untuk kebutuhan transformasi bisnis keluarga ke profesional atau ke generasi berikut, silahkan hubungi konsultan bisnis dengan nama Groedu International consultant, email groedu@gmail.com atau kotak ke 081-252982900, kami siap membantu anda.

 

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi