Agu 04

TUJUAN CARA DISTRIBUSI OBAT YANG BAIK (CDOB)

Direktur Pengawasan Distribusi, Pelayanan Obat, Narkotika, Psikotropika, dan Prekursor BPOM, Hardaningsih menjelaskan bahwa Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) merupakan cara distribusi atau penyaluran obat dan/atau bahan obat dengan tujuan untuk memastikan mutu sepanjang jalur distribusi/penyaluran agar sesuai persyaratan dan tujuan penggunaannya.

Inti dari tujuan CDOB ada tiga. Yang pertama yaitu agar terlaksana pengamanan lalu lintas obat dan penggunaan obat untuk melindungi masyarakat dari kesalahan penggunaan dan penyalahgunaan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sekarang ini menjadi sangat memprihatinkan saat apa saja sudah bisa disalahgunakan jika tidak terdapat penanganan yang tepat dan cepat.

Baca juga artikel tentang : Cara Distributor Obat yang Baik Menggunakan Software CRM untuk PBF (Pedagang Besar Farmasi)

Kedua, menjamin keabsahan dan kualitas obat yang akan sampai ke konsumen. Memastikan obat dengan efektif, aman dan dapat digunakan sesuai dengan tujuan penggunaannya. Tidak bisa kita pungkiri lagi jika kini disinyalir banyak beredar beberapa obat palsu, dan tentu saja ini sangat merugikan. Merugikan baik itu pada konsumen maupun produsen itu sendiri.

Ketiga, menjamin penyimpangan obat aman dan sesuai dengan persyaratan termasuk selama transportasi. Semakin canggihnya perkembangan teknologi, bahkan kia bisa dengan mudah mengecek berbagai pesannan secara realtime, bukan berarti membuat kita menjadi lebih ceroboh akan adanya kecurangan atau kecelakaaan. Kita harus berhati-hati karena sekarang telah terbukti bahwa banyak obat yang hilang ratusan box dari jasa pengiriman. Itu yang harus kita pikirkan bagaimana jasa pengiriman ini tidak bermain dan mengelabui kita. CBOD ini berusaha agar segala urusan distribusi obat dari produsen ke konsumen benar-benar terjaga dengan aman.

Era COVID-19 kini membuat industri farmasi mengalami peningkatan kebutuhan, sehingga banyak para pebisnis yang berniat untuk mengembangkan atau memulai bisnis farmasi ini. Apa Anda salah satu dari mereka yang ingin berbisnis di bidang farmasi tapi bingung bagaimana memulainya? Kami siap membantu Anda dengan sangat baik seperti banyak klien kami sebelumnya. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900.

GD Star Rating
loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp
× Selamat datang di Groedu klinik Konsultasi